7 Bisnis Menulis yang Menghasilkan Uang

Bisnis Menulis yang Menghasilkan Uang

Bisnis Menulis yang Menghasilkan Uang – Untuk teman-teman yang hobi menulis, sekarang sudah saatnya menulis bukan hanya dijadikan sekadar hobi saja. Namun, mulailah berbisnis di bidang penulisan.

Saya sendiri sudah cukup lama berbisnis di dunia menulis. Bahkan, profesi saya saat ini sebagai full time writer. Dan itu artinya, menulis sudah bukan hobi saya lagi. Namun lebih kepada pekerjaan utama.

Nah, melalui postingan ini, saya akan berbagai informasi terkait bisnis menulis yang menghasilkan uang. Hampir semua bisnis di bidang penulisan sudah pernah saya coba. Dan beberapa di antara bisnis tersebut benar-benar mendulang cuan yang katakanlah lumayan untuk menghidupi kehidupan saya sehari-hari.

Top Bisnis Menulis yang Menghasilkan Uang

1. Membuat dan Menjual Kursus Menulis Online

Bisnis menulis pertama yang dapat menghasilkan uang adalah dengan membuat dan menjual kursus. Dengan membuat kursus, teman-teman dapat berbagi wawasan kepenulisan kepada banyak orang.

Untuk memulai bisnis kursus online, yang teman-teman butuhkan hanya platform kursus-nya. Teman-teman dapat mengunggah video kursus melalui situs Udemy atau website sendiri.

Teman-teman dapat mengajarkan apa pun yang teman-teman sukai melalui kursus online tersebut. Misalnya, mengajarkan cara menulis buku atau novel.

2. Publikasikan E-book Sendiri

Menerbitkan e-book sendiri adalah cara ampuh bagi penulis untuk berbagi karya kepada banyak orang dan menghasilkan pendapatan secara mandiri

Penulis mempunyai kebebasan untuk mengontrol konten, mendesain sampul, dan menentukan harga e-book sendiri.

Mempublikasikan e-book, maka penulis dapat memperoleh royalti dari setiap penjualan. Dan itu berpotensi membangun aliran pendapatan secara berkala, lalu menumbuhkan pembaca setia juga.

3. Buat YouTube, Bahas Penulisan dan Uangkan

Bisnis menulis yang menghasilkan uang berikutnya adalah membuat channel YouTube.

Teman-teman dapat berbagi video tentang proses menulis, membuat tutorial, berbagi wawasan, atau bahkan berbagi pengalaman menulis. Bisa juga dengan cara membahas aplikasi-aplikasi menulis novel online.

Setelah channel YouTube teman-teman berkembang, maka nanti dapat dimonetisasi. Untuk bisa dimonet, sering-seringlah berinteraksi dengan subscriber dan memposting konten baru secara teratur.

4. Menjadi Konsultan Penulis Pemula

Ide bisnis menulis lainnya adalah menjadi konsultan penulis pemula.

Menawarkan konsultasi penulisan kepada penulis pemula merupakan cara terbaik untuk berbagi keahlian dan membimbing mereka dalam dunia penulisan.

Teman-teman nantinya dapat memberikan wawasan tentang berbagai aspek proses penulisan, misalnya pengembangan ide, teknik bercerita, pengembangan karakter, dan penyempurnaan naskah. Pembinaan bisa dilakukan secara online.

5. Menawarkan Layanan Content Writer

Bisnis menulis yang menghasilkan uang selanjutnya adalah menawarkan layanan content writer.

Berdasarkan riset yang saya lakukan, banyak banget owner perusahaan yang mencari penulis untuk postingan blog, artikel, konten website, dan masih banyak lagi.

Teman-teman dapat menawarkan jasa content writer kepada mereka melalui email atau WhatsApp. Atau membuat akun saja di platform seperti Upwork, Fiverr, dan Freelancer untuk menemukan berbagai macam project penulisan.

6. Menjadi Ghost Writer

Ini dia jenis bisnis menulis yang menghasilkan uang-nya lumayan banyak. Bahkan jika saya bandingkan dengan bisnis penawaran layanan content writer, menjadi ghost writer keuntungannya lebih banyak.

Berdasar pengalaman saya selama membuka bisnis ini, saya mendapatkan keuntungan dari berbagai sumber. Mulai dari biaya ngobrol/curhat, biaya menulis, biaya penerbitan buku, biaya cetak, hingga biaya promosi. Berarti dari satu bisnis ini saja, sumber penghasilannya beragam.

Nah, teman-teman dapat menjadi ghost writer untuk kebutuhan menulis novel misal, atau untuk menulis buku pengalaman hidup orang lain.

7. Bisnis Penulisan Artikel SEO

Perlu diketahui bahwa, para Blogger yang memahami penulisan artikel SEO, rata-rata mereka membuka bisnis jasa penulis artikel untuk kepentingan website orang lain.

Saya pribadi sudah membuka bisnis ini di Media Penulis Garut, hampir tiap Minggu saya mendapatkan klien. Hanya saja, langkah utama untuk membuka bisnis ini adalah teman-teman harus paham dulu penulisan artikel SEO itu seperti apa. Dengan kata lain, harus belajar dulu.

Kebetulan, Media Penulis Garut yang saya kelola membuka kelas menulis untuk penulisan artikel SEO bagi teman-teman yang ingin menjadi content writer.

Hubungi saja melalui WhatsApp 0895635986914 untuk mengikuti kelas menulis artikel SEO berbayar bersama saya selaku pemilik media ini.

Kesimpulan

Jadi, ada tujuh jenis bisnis menulis yang menghasilkan uang. Mulai dari membuat kursus lalu menjualnya, mempublikasikan e-book, membuat channel Youtube, menjadi konsultan penulis pemula, menawarkan layanan content writer, menjadi ghost writer, dan berbisnis di bidang penulisan artikel SEO.

Nah, untuk teman-teman yang memiliki modal atau tertarik membuka bisnis di bidang penulisan, lalu butuh jasa konsultasi kepada saya, silakan hubungi saya melalui nomor WhatsApp 0895635986914.

Sekian.

BACA JUGA: 5 Jenis Bisnis di Bidang Penulisan yang Cukup Menjanjikan
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url