Macam-Macam Bentuk Produk Digital Penulis

Macam-Macam Bentuk Produk Digital Penulis

Dalam sebuah diskusi, saya pernah ditanya begini, "Apa saja macam-macam bentuk produk digital penulis?".

Pertanyaan ini praktis membuat saya berpikir. Bahwa, mengapa saya, dengan pengalaman yang saya miliki di dunia penulisan, tidak membuat produk digital saja? Minimal satu produk.

Pertanyaan di atas, kalau saya tidak salah, itu pertanyaan yang saya dengar sekitar dua tahun lalu. Dan setelah saya mengetahui bentuk produk digital bagi seorang penulis apa saja, saya pun mulai membuatnya.

Ternyata memang efektif kalau sudah membuat produk digital. Satu produk bisa dikembangkan ke berbagai platform.

Lebih dari itu, jelas akan mendapatkan penghasilan pasif. Ditambah lagi, tidak butuh fasilitas lengkap. Hanya bermodalkan laptop/PC dan juga kuota internet, sudah siap untuk membikin produk digital.

Nah, bagi kalian yang berprofesi sebagai seorang penulis, saya sudah mengumpulkan macam-macam produk digital, khusus bagi penulis buku.

Baca Juga: Cara Menjual Buku ke Toko Buku

Untuk mengetahui informasi ini, silakan simak penjelasan saya berikut ini:

Apa itu produk digital?

Produk digital merupakan produk yang berbentuk digital, alias elektronik. Produk-produk tersebut seperti software, tiket, video tutorial, hingga membuat e-book.

Jika seorang penulis buku membuat produk digital, target pembelinya adalah penulis pemula yang ingin membuat buku/penulis lain. Dan bentuk produknya yakni sesuatu yang berkaitan dengan buku.

Macam-macam bentuk produk digital penulis

1. E-book

Materi e-book bisa dibagi dua. Satu, isi materinya tentang panduan membuat buku. Kedua, jadikan buku kalian yang dicetak dalam bentuk fisik menjadi e-book.

Untuk materi panduan, sebaiknya dibuat oleh penulis yang sudah berpengalaman. Bahkan, lebih intens lagi kalau dibuat oleh penerbit. Lalu, untuk penulis baru yang sudah membuat buku, jadikan saja buku kalian dalam format e-book.

Promosi e-book bisa dilakukan melalui website pribadi atau sosial media. Saya yakin bahwa, kalau kalian sudah punya nama, maka, mudah untuk menjual e-book.

2. Audiobook

Kalau e-book itu identik dengan text. Sedangkan untuk audiobook, jelas materi disampaikan lewat suara kita sendiri.

Mengapa perlu menyampaikan materi dalam audiobook?

Sebab, berdasar pengalaman yang saya peroleh, ternyata banyak pembaca blog saya yang kurang pandai membaca. Sehingga mereka menanyakan sesuatu yang sebenarnya sudah saya jelaskan lewat artikel.

Ditambah juga, ada banyak orang yang ternyata nangkep materi hanya bisa lewat penjelasan mulut. Pas baca, pusing katanya.

Baca Juga: Cara Menjual Buku ke Sekolah

Nah, audiobook ini bisa kalian jual juga di sosmed maupun di blog. Sayangnya, effort bikin audiobook bakal lebih besar. Tidak bisa menyalin text e-book ke audiobook. Karena suara tulisan dan penjelasan di mulut bakal berbeda.

3. Template buku

Saya melihat bahwa, ide penulis pemula itu liar sekali. Tapi, ide yang mereka dapat itu sulit dituangkan dan juga dikembangkan.

Dan, berdasar pengamatan saya, ini biasanya disebabkan karena mereka menulis dalam lembaran kosong. Tidak ada template untuk membuat buku atau novel.

Maka dari itu, produk digital dalam bentuk template bisa kalian buat.

4. Private group

Produk digital ini bisa kalian buat dengan mudah di Telegram. Mula-mula, kasih informasi kepada calon anggota bahwa kalian bakal membuat grup private dengan catatan anggota yang ingin bergabung harus bayar. Bayar sekali seumur hidup.

Isi grup dengan materi yang istimewa. Lalu, jawab pertanyaan-pertanyaan dari anggota. Dengan gaya seperti ini, maka bakal banyak orang yang bergabung.

5. Buat kelas menulis buku dan perhatikan perkembangan anggota

Banyak kelas menulis buku yang bermunculan di sosial media. Pengikut mereka pun banyak.

Sayangnya, saking banyaknya anggota yang bergabung dengan bayaran yang luar biasa, lalu anggota jadi tidak diperhatikan. Ujungnya, anggota menyesal dan kapok.

Dan kabar buruknya, sebagian anggota menstigma bahwa kelas menulis adalah omong kosong. Dan imbas lah ke semua media yang membuat kelas menulis.

Nah, kalian, kalau punya kasih sayang terhadap penulis-penulis baru, bimbinglah mereka sampai bener-bener bisa menerbitkan buku dan mendapatkan uang dari karyanya. Ada feedback dari uang yang sudah keluarkan lewat ilmu yang kalian bagikan.

Kesimpulan

Cukup lima produk digital saja dulu yang bisa saya bagikan melalui postingan ini. Artikel ini bakal saya update setiap bulannya dengan macam-macam bentuk produk digital penulis yang unik-unik dan mampu dilakukan oleh semua penulis buku.

Sekian.

BACA JUGA: Strategi Promosi Buku Karya Sendiri

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url