Bisnis Ghost Writer, Seberapa Menguntungkan sih?

Bisnis Ghost Writer

Bisnis Ghost Writer - Bisnis ghost writer dapat menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan uang, terutama bagi kita-kita yang hobi menulis.

Ghost writer adalah penulis yang dipekerjakan oleh seseorang atau perusahaan untuk menulis kisah hidup orang lain atau mengerjakan project-project tertentu.

Berdasar pengalaman saya selama menggeluti bisnis ini, seorang ghost writer akan dibayar dengan fee yang lumayan banyak jika dibandingkan dengan pekerjaan penulis lainnya.

Meskipun nama kita tidak tercantum pada buku, namun nantinya masih bisa dijadikan sebagai portofolio jika ingin melamar pekerjaan atau membangun reputasi untuk menarik klien-klien baru.

Pertanyaannya, apakah teman-teman ingin tahu seberapa menguntungkan sih bisnis ghost writer? Berikut di bawah ini akan saya jelaskan dengan rinci.

Baca Juga: Bisnis Menulis yang Menghasilkan Uang

Apa itu Ghost Writer?

Mengutip dari laman Wikipedia, definisi ghost writer digambarkan sebagai penulis bayangan. Ia adalah jenis penulis profesional yang dibayar untuk mengerjakan project seperti menulis buku, artikel, cerita, jurnal, laporan, dan berbagai tulisan lainnya dengan penghargaan karya tersebut jatuh pada orang lain.

Secara sederhana, pengertian ghost writer adalah penulis yang menulis atas nama orang lain dan si penulis tersebut dibayar saat melakukan atau mengerjakannya.

Kenapa Ada Orang atau Perusahaan yang Membutuhkan Jasa Ghost Writer?

Profesi ghost writer dibutuhkan oleh banyak orang guna mempublikasikan pikiran mereka yang terkendala oleh suatu hal. Misalnya mereka tidak memiliki kemampuan menulis atau sibuk dengan aktivitas sehari-harinya, sehingga mereka membutuhkan jasa ghost writer.

Usut demi usut, penulis sekaliber Tere Liye saja diduga menggunakan jasa ghost writer untuk menulis buku-bukunya yang hingga kini sudah berjumlah lebih dari 50 judul. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa bisnis ghost writer memang terbilang menguntungkan.

Memangnya, Seberapa Menguntungkan sih Bisnis Ghost Writer?

Berbisnis di bidang ghost writer pada umumnya berbeda dengan pekerjaan yang diupah per bulan seperti penulis media online, ghost writer biasanya mendapat bayaran berdasar pada jumlah kata atau lembar tulisan yang mereka buat. Di Indonesia, tarif jasa ghost writer berkisar Rp 250.000 per halaman A4.

Tarif per kata dapat diberlakukan, namun biasanya hanya untuk tulisan pendek saja seperti artikel, resensi, rangkuman, dan sebagainya. Biasanya, nominalnya sekitar di Rp 500 per kata.

Selain itu, apa saja keuntungan berbisnis di bidang jasa ghost writer?

Keuntungan Bisnis Ghost Writer

1. Bayaran yang menggiurkan

Meski tidak mendapatkan kredit untuk tulisan yang kita buat, jenis penulis ini akan mendapatkan bayaran yang lumayan tinggi.

Pendapatan di Indonesia jika ditotalkan akan mencapai angka ratusan juta untuk satu project. Tentu hal ini tergantung pada jam terbang dari setiap ghost writer itu sendiri. Semakin berpengalaman, maka semakin tinggi pula bayaran yang didapatkan.

2. Kaya informasi

Calon klien ghost writer tidak cuma datang dari suatu latar belakang saja, seorang ghost writer harus siap dan memiliki kemauan untuk membaca beragam sumber.

Dengan membaca, tentu sebagai ghost writer akan memperkaya ilmu dan kosa kata. Teman-teman harus siap untuk menulis berbagai macam topik sesuai permintaan klien.

3. Jaringan luas

Mayoritas pengguna jasa ghost writer biasanya datang dari tokoh penting, seperti politisi, pejabat pemerintahan, dosen, figur publik, pengusaha, motivator, dan masih banyak lagi.

Mereka mempunyai keinginan dalam membagikan sebuah gagasan atau bahkan mendongkrak popularitas, tetapi seperti yang saya singgung di atas bahwa mereka tidak memiliki waktu atau kemampuan dalam menulis.

Jadi, jika teman-teman mendapatkan klien seperti itu tentu akan menambah jaringan menjadi lebih luas lagi.

4. Fleksibel

Sebagian besar dari para ghost writer memiliki pola kerja yang amat fleksibel.

Kita tidak harus datang ke kantor guna bekerja atau mematuhi jam kerja kantor. Artinya, kita bisa bekerja dimana saja dan kapan saja sesuai kemauan kita sendiri dengan catatan pekerjaan sesuai dengan waktu yang sudah disepakati dengan klien.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang saya tulis di atas, apakah teman-teman tertarik untuk membuka bisnis ghost writer? Kalau tertarik, silakan ikut kelas pelatihan menjadi ghost writer bersama Media Penulis Garut.

Saya sudah paham betul bagaimana cara memulai membuka bisnis ini, dan bagaimana cara mendapatkan klien. Dalam artian, saya siap menjadi konsultan bisnis teman-teman.

So, segera hubungi saya melalui nomor WhatsApp 0895635986914.

Sekian.

BACA JUGA: 5 Jenis Bisnis di Bidang Penulisan
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url