Jasa Pembuatan Novel, Perlukah?

Jasa Pembuatan Novel


Saya yakin bahwa salah satu alasan mengapa ada banyak orang yang mencari jasa pembuatan novel, itu disebabkan karena mereka memiliki cerita atau kisah hidup yang menarik.

Sayangnya, kisah mereka itu sulit untuk dituangkan ke dalam bentuk tulisan karena dirinya tidak memiliki bakat menulis. Atau tidak tahu, bagaimana cara menerbitkan kisahnya itu ke dalam bentuk buku cetak.

Berdasar pengalaman saya sebagai orang yang membuka jasa pembuatan buku di bidang novel ini, jadi ada dua alasan mengapa mereka menghubungi saya.

Pertama, mereka ingin kisah hidupnya dibukukan. Tapi, untuk menulis, tidak ada waktu dan memang tidak bisa menulis. Sehingga, mereka memakai jasa saya. Dan saya di sini nantinya sebagai ghostwriter. 

Kedua, mereka ingin membukukan naskahnya. Sehingga, menggunakan jasa saya juga. Tapi, untuk ini, arahnya nanti ke menerbitkan naskah lewat agensi saya. Yakni agen penulis Garut. 

Untuk alasan kedua, silakan baca artikel berikut ini terkait: cara menerbitkan novel lewat agensi penerbitan.

Nah, pada artikel ini, yang bakal saya bahas, adalah alasan pertama. Yakni soal memakai jasa penulisan novel. Atau pembuatan novel.

Nanti, soal teknisnya gimana. Konsepnya juga gimana. Akan saya bahas sebagai berikut.

Jasa pembuatan novel ala penulis Garut

Begini.

Katakan lah kalian bukan sosok yang ahli di dunia menulis. Tapi, ingin bikin buku sendiri. Sebab, kisah hidup kalian unik. Atau, ingin bikin buku aja buat kenangan.

Nah, kalau masalahnya tidak bisa menulis, yaaa salah satunya menggunakan jasa penulisan novel. Kalian tidak perlu capek-capek menulis. Kalian tinggal bercerita saja. Tinggal arahkan saja naskahnya kemana. Si penulis lah yang siap mendengarkan cerita hidup kalian, dan kemudian menuliskannya.

Saya sudah dua tahun menjalani profesi sebagai ghostwriter. Dan ada empat buku yang saya tulis. Tapi, nama saya, tentu saja tidak dicantumkan dalam buku tersebut. Nama pena di buku tersebut, tetap saja nama orang yang menggunakan jasa saya. Seolah mereka lah yang menulis.

Itulah gambaran ghoswriter yang berkaitan dengan jasa penulisan novel.

Pun sama istilahnya dengan jasa pembuatan buku atau novel ini. Tidak melulu istilah ini dihubungkan dengan jasa penerbitan novel atau buku. Tapi, ada sebagian orang yang memang mengarakannya ke jasa penulisan novel.

Bagaimana teknis bekerjasama dengan jasa penulisan atau pembuatan novel?

Hal pertama yang mesti disiapkan adalah dana/modal. Dana yang perlu dikeluarkan yakni untuk jasa penulisan dan jasa penerbitan. Selebihnya jika buku ingin dicetak dalam jumlah besar, siapkan juga dananya sendiri.

Hal kedua adalah keseriusan. Keseriusan dalam arti meluangkan waktu ketika diajak interaksi sama si ghoswriter ini. Sebab, berdasar pengalaman, ada beberapa orang yang memakai jasa saya, dan dia sangat kaya raya, tapi tampak tidak serius.

Uang sih sudah ngasih, tapi pas saya wawancara, eh malah lama. Sehingga, pengerjaannya pun lama. Dan naskahnya terbengkalai.

Orang yang serius ingin menerbitkan atau membuat buku, usahakan punya waktu luang agar karyanya cepat selesai dan sesuai dengan jadwal pengerjaan si ghoswriter. Kadang, orang yang berprofesi sebagai ghostwriter pun, ada banyak tawaran jasa dari konsumen lainnya.

Hal kedua, persiapan kerangka novelnya. Mengapa mesti dipersiapkan?

Tentu saja, dengan adanya kerangka, naskah jadi terarah. Si ghostwriter mana mungkin berinisiatif bikin kerangka novel sendiri karena bukan menulis cerita atau kisah hidupnya. Atau bukan novel hasil imajinasinya.

Tetap saja yang bertanggung jawab dalam membuat kerangka novel, adalah konsumen yang menggunakan jasa.

Hal keempat mempersiapkan teknik ngobrol yang baik agar mudah dipahami sama seorang ghostwriter.

Ada baiknya juga teknik ngobrol ini ketemu langsung supaya lebih intens. Tapi, memang, yang menggunakan jasa penulisan atau pembuatan novel ke saya suka orang jauh, artinya kadang beda kota. Sehingga, mengharuskan interaksi via telepon.

Tapi, meski via telepon, asal cara menjelaskan atau teknik ngobrolnya bagus, pasti bisa ketangkep sama para ghoswriter.

Dan pada intinya, menyiapkan kerangka dan punya waktu buat ngobrol, adalah kunci dari kelangsungan naskah.

Apa kelebihan dan kekurangan jasa pembuatan novel?

Jasa Penulisan Novel

Salah satu keunggulan bagi pencari jasa, adalah tidak melelahkan. Tidak butuh effort yang banyak. Sebab, tugas utama kalian adalah bercerita semua keluh-kesah atau rasa senang yang telah menimpa kalian selama hidup. Ini jika novelnya bergenre pengalaman hidup.

Dan memang, genre novel pengalaman hidup lah yang biasanya kerap mengandalkan para ghoswrtiter. Coba baca ini: cara membuat novel kisah sendiri.

Selain genre buku pengalaman hidup, ada juga genre buku autobiografi. Genre ini pun kerap memaksimalkan potensi seorang ghoswriter.

Keunggulan berikutnya adalah tulisan akan sangat rapi. Sebab, ditugaskan langsung ke yang ahlinya. Dengan demikian, pembaca buku atau novel kalian akan terkejut. Padahal, sebelumnya, kalian tidak dikenal sebagai sosok yang suka menulis.

Dengan tulisan atau isi novel yang bagus kualitas tulisannya, tentu saja ini akan memanjakan mata pembeli. Inilah pentingnya menggunakan jasa penulisan dan pembuatan novel.

Sementara itu, kekurangan menggunakan jasa ini adalah apabila mereka belum ahli, lalu sudah membuka jasa, saya yakin hasilnya bakal kurang memuaskan.

Ingat bahwa semakin kesini semakin banyak yang membuka jasa penulisan novel, tapi kualitasnya buruk. Hanya bisa menulis saja. Namun, tidak paham PUEBI dan tidak paham juga dunia penerbitan.

Kalian sebagai pencari jasa, mesti pintar memilih jasa.

Solusi agar tidak cuma-cuma dalam mengeluarkan uang untuk bekerjasama dengan jasa penulisan atau pembuatan novel, adalah gunakan saja jasa saya di agensi penerbitan atau penulisan novel ini.

Harga yang saya tawarkan tidak dengan jumlah besar.

Cara untuk bekerjasama dengan saya, silakan hubungi saya melalui kontak kerjasama yang sudah tertera di navigasi bawah blog ini.

Sekian. Itulah penjelasan jasa pembuatan novel. Jadi, jawabannya adalah: perlu. Perlu sekali menggunakan jasa ini apabila kalian tidak mempunyai bakat menulis, namun ingin bikin buku atau novel sendiri.

BACA JUGA: Jasa Review Buku
Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url