Mengenal Kwikku, Aplikasi Menarik untuk Penulis

Mengenal Kwikku, Aplikasi Menarik untuk Penulis

Sebelum mereview Kwikku, saya ingin ngasih catatan dulu kepada kalian bahwa, untuk membuat akun di aplikasi ini, kalian sebaiknya daftar melalui ponsel. Jadi download dulu aplikasinya di Play Store, lalu daftar.

Jangan daftar lewat websitenya dan jangan menggunakan komputer. Sebab, berdasar pengalaman yang sudah saya lakukan, rasanya susah banget sign up ke Kwikku kalau lewat web dan PC. Untuk log in pun (setelah berhasil daftar di hp) sulit, entah kenapa…

Itu saja sebagai catatan awal.

Baik, begini..

Jadi, beberapa hari yang lalu, saya disuruh sama salah satu pembaca blog ini untuk mengulas aplikasi Kwikku.

Jujur, saya baru tahu ada aplikasi bernama Kwikku. Padahal aplikasi ini sudah berdiri sangat lama.

Saya pengin tahu betul aplikasi ini tentang apa, untuk berkarya di Kwikku harus gimana, dan masih banyak lagi keingintahuan saya mengenai Kwikku.

Saya kemudian melakukan riset di Google untuk menulis artikel ini. Dan hasilnya, aplikasi sekeren Kwikku ini, kok nggak banyak penulis blog yang mengulasnya.

Padahal saya pengin membaca tulisan pengalaman penulis-penulis yang sudah berkarir di Kwikku. Tapi malah kekurangan referensi.

Baca juga tulisan saya mengenai: Menulis di Bakisah.

Mengenal apa itu Kwikku?

Berdasar pemahaman saya, Kwikku merupakan platform social storytelling. Kita akan menemukan banyak tulisan dalam bentuk novel, webtoon, dan artikel-artikel bagus dari penulis dan konten kreator Kwikku.

Kwikku ini sudah menjadi PT. Lengkapnya adalah PT Kwikku Media Nusantara.

Intinya, aplikasi ini adalah tempat berkaryanya konten kreator dengan gaya tulisan yang beragam dan asyik.

Mengapa saya menyebut aplikasi Kwikku keren?

Hasil riset yang saya lakukan, Kwikku saya anggap keren karena mereka suka mengadakan lomba menulis dengan hadiah yang sangat besar. Mereka juga pernah mengadakan event yang amat mencuri perhatian para konten kreator,

Lebih dari itu, juri lomba menulis misalnya, adalah juri-juri yang sudah profesional. Seperti Dee Lestari, Luluk HF (penulis Mariposa) juga pernah menjadi juri.

Dari sini saja membuktikan bahwa, pihak Kwikku sungguh-sungguh mewadahi penulis dan konten kreator. Mereka percaya bahwa, penulis dan konten kreator Indonesia bagus-bagus.

Sayangnya, eksposur mereka di mata penulis masih kurang kalau dibandingkan dengan platfom kayak Wattpad, Storial, dan lain-lain, yang tentunya namanya sudah besar.

Saya pribadi tertarik mengunggah karya di Kwikku. Tapi masih dalam proses pemantauan dan siap-siap. Saya masih menunggu gebarakan-gebrakan baru dari aplikasi ini.

Karya apa saja yang bisa kita buat di Kwikku?

Nulis novel

Untuk kalian yang suka menulis novel, saya rekomendasikan, unggahlah karya kalian di aplikasi ini.

Selain nggak ribet, juga bagus aja tampilannya. Fontnya enak dipandang. Kalian hanya perlu menyiapkan judul novel, blurb, detail naskah, dan bentuk monetisainya mau seperti apa; gratis atau pay for no delay (nentuin harga sendiri).

Begitupun dengan Webtoon dan Skrip Film. Tinggal isi aja judul, blurb, dan lain-lain.

Baca tulisan saya tentang cara membuat blurb.

Flash fiction dan cerpen

Kemudian, selain nulis novel yang notabennya halamannya panjang, juga kalian dapat mengunggah karya berupa flash fiction dan cerpen. Yang, sebaliknya, bentuk tulisan flash fiction dan cerpen, adalah pendek-pendek.

Flash fiction sendiri artinya karya fiksi yang sangat-sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerpen.

Book cover

Bisa berkarya dalam bentuk novel, webtoon, skrip film, flash fiction, cerpen, dan satu lagi; yaitu book cover.

Kalau kalian ahli dalam membuat cover buku, jangan canggung mengunggah cover buku yang kalian buat di Kwikku. Ya, bikin book cover juga bisa dimonet.

Review singkat Kwikku

Sebagai kesimpulan, ada baiknya kalian download aja dulu aplikasi Kwikku, lalu cari tahu sendiri tentang aplikasi ini.

Misal tentang, nulisnya harus pakai gaya tulisan seperti apa, ngasih harganya berapa, dll, dan itu dapat kalian temukan sendiri setelah membaca karya-karya yang tersedia di Kwikku.

Paling review dari saya adalah, aplikasi ini kan buatan orang lokal. Udah cukup okelah sejauh ini perkembangannya. Jujur, enak aja melihat tampilan atau fitur-fitur Kwikku. Ngaksesnya mudah. Nggak ribet.

Dan ternyata sudah ada penerbit besar yang menaruh karya penulisnya di Kwikku. Seperti penerbit Mizan, beberapa naskah penulisnya, ia unggah di Kwikku. Ini sudah keren relasi Kwikku dengan para penerbit. Terus mereka kerjasama juga dengan kreator film.

Baguslah.

Saran saya, nyobain aja dulu karya kalian unggah di Kwikku, buat nyoba-nyoba. Siapa tahu kedepannya nyaman dan pengin berkarya terus di aplikasi ini.

Sekian.

BACA JUGA: Ide Menulis di Karyakarsa
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url