5 Materi untuk Penulis Pemula yang Mesti Dipelajari

Materi untuk Penulis Pemula

Sebagai orang yang pernah mengisi seminar penulisan, lalu audience-nya adalah orang-orang yang baru tertarik sama dunia menulis, saya pasti menyiapkan materi untuk penulis pemula.

Materi yang tentu saja tidak akan berat-berat amat untuk dipelajari. Sebab, utamanya, penulis pemula itu hanya butuh materi semacam motivasi menulis, dasar menulis, manfaat menulis, materi-materi seperti itulah.

Nah, bagi kalian yang diundang untuk mengisi seminar atau webinar, lalu bingung untuk menentukan materi mana yang perlu dibahas di depan para penulis pemula, maka lewat artikel ini, saya akan menjelaskan tentang apa saja materi yang cocok disampaikan untuk penulis pemula.

Pun bagi penulis pemula, artikel ini penting kalian pelajari. Sebab dengan mempelajari lima materi di bawah ini, kalian akan nambah wawasan terkait dunia menulis.

Baik, langsung saja, inilah materi-materi yang perlu disampaikan atau dipelajari oleh penulis pemula.

Materi untuk penulis pemula

1. Membahas atau mempelajari materi tentang bagaimana menjadi penulis

Untuk awalan, sampaikan atau pelajari tentang gimana sih menjadi penulis itu. Kiat-kiatnya apa saja. Mulai nulisnya lewat platform mana. Nulis itu harus bagaimana. Dan lain-lain.

Untuk mendapatkan materi ini, seorang pengisi seminar, ambil saja berdasar pengalaman atau pendapat sendiri. Dulu pengalaman kalian menjadi penulis itu bagaimana. Ceritakan kepada para penulis pemula tentang proses kalian menjadi seorang penulis.

Bagi penulis pemula sendiri, kalian bisa mendapatkan ilmu ini dari membaca. Baik itu membaca buku, atau membaca blog ini tiap hari. Saya sudah menulis ratusan artikel tentang cara menjadi penulis. Kalian dapat membacanya di postingan-postingan saya sebelumnya.

Salah satu artikel yang sudah dibaca ribuan orang adalah cara menulis novel bagi pemula. Silakan dibaca dengan baik dan teliti.

Jadi, materi pertama, bahas atau pelajari saja soal tata cara menjadi penulis.

2. Materi menulis naskah buku

Ini dia materi yang perlu disampaikan atau diketahui oleh para penulis pemula. Sebab, menulis itu pasti berkaitan dengan buku. Maksudnya, orang yang suka menulis pasti ingin menulis buku sendiri. Para penulis pemula pun pasti ada keinginan untuk membuat buku sendiri di kemudian hari.

Nah, cara menyusun naskahnya itu yang suka dianggap bingung oleh penulis pemula. Maka dari itu, seorang pemateri, mesti menyampaikan panduan menulis naskah buku. Mulai dari pengambilan judul, menentukan genre buku, bikin cover, bahkan daftar ISBN pun harus disampaikan prosesnya supaya isi materi edukatif.

Untuk poin kedua, silakan baca tulisan saya yang juga sudah dibaca oleh para penulis: cara menulis naskah buku.

3. Materi pengenalan penerbit

Menulis buku, erat kaitannya dengan penerbit. Penerbitlah yang akan menerbitkan naskah para penulis. Oleh sebab itu, seorang penulis pemula, perlu dijejali materi pengenalan penerbit. Bahwa, jenis penerbitan buku itu beragam. Ada penerbit indie, mayor, dan self publish.

Jelaskan satu-satu penerbit tersebut secara singkat saja. Misalnya, penerbit indie itu ada yang sistemnya seleksi, ada juga yang berbayar. Penerbit mayor, kayak Gramedia, jelaskan cara kirim dan proses penerimaan/penolakan naskah. Kemudian informasikan juga self publish itu apa, dan lain-lain.

Memang materi penerbitan sudah ada di Google, tapi tidak semua penulis pemula memahaminya. Mereka bisa paham melalui penjelasan orang lain secara lisan.

Jadi, kenalkan dunia penerbitan buku kepada mereka.

4. Materi gambaran macam-macam platform menulis novel atau buku online

Berhubung saat ini sedang rame-ramenya platform menulis online atau aplikasi menulis, maka bahas sedikit saja mengenai aplikasi-aplikasi menulis. Bahwa, menulis cerita atau novel itu tak melulu diterbitkan dalam buku fisik, tapi lewat digital pun bisa.

Kasih tahu gambarannya. Platform mana yang pas dipilih sama para penulis pemula.

Untuk memahami gambaran poin keempat ini, kalian dapat mengambil materi dari artikel saya tentang aplikasi untuk penulis pemula.

5. Materi manfaat dan motivasi menulis

Bilang saja bahwa, dan saya merasakan sendiri kalau menulis itu, salah satu manfaatnya adalah bisa menghasilkan uang. Baik itu dengan cara menulis buku sendiri, menulis di aplikasi menulis, menjadi kontributor di media online, dan masih banyak lagi celah untuk mendulang uang dari menulis. Sampaikan dengan detail.

Selebihnya, kasih motivasi menulis. Beri semangat menulis. Bahwa, dengan menulis, kalau kita sudah tiada di dunia ini, kita akan tetap abadi karena ada karya, ada bekas tulisan kita di buku, di blog, dan lain-lain.

Bagaimana?

Pahamkah lima materi untuk penulis pemula di atas?

Kalau paham, tinggal perdalam saja.

Sekian.
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url