Membuat Komunitas Literasi: Contoh Sistem, Konsep, Profil, Prosfek, dan Program Kerjanya

Membuat Komunitas Literasi

Berhubung tulisan tentang persiapan membuat komunitas literasi lagi trending dan viral di website penulis Garut, ada baiknya saya mem-follow up tulisan tersebut.

Dan meskipun isi tulisannya lebih kepada panduan membuat komunitas literasi di kampus, tapi gambarannya relate untuk membuat komunitas literasi selain di kampus.

Nah, ada yang ingin saya sampaikan lagi setelah teman-teman mengetahui langkah-langkah membuat komunitas literasi, yaitu tentang konsepnya, sistemnya, profilnya, dan program kerjanya.

Saya yakin, teman-teman mungkin masih mencari-cari mengenai hal ini. Sistem komunitas literasi itu gimana ya? Konsepnya gimana ya? Membuat profil komunitas nantinya gimana ya? Prosfeknya apa saja? Dan juga contoh program kerjanya apa saja?

Maka dari itu, saya akan memberikan contohnya.

Contoh sistem komunitas literasi saat akan membuat kegiatan

Komunitas literasi itu butuh tahapan-tahapan tertentu saat membuat kegiatan. Dengan catatan, semua kegiatan yakinkan dan usahakan bisa berjalan dengan baik.

Nah upaya dalam melancarkan semua kegiatan itu, saya sudah merangkumnya. Di bawah ini silakan teman-teman amalkan, khususnya bagi yang masih awal-awal membentuk komunitas.

1. Mengumpulkan anggota

Tahapan pertama ini sudah saya sampaikan dalam tulisan cara membuat komunitas literasi. Tidak perlu pilih-pilih anggota. Siapa pun, bahkan yang sedikit tertarik ingin berbagung ke komunitas literasi meski jarang membaca dan menulis, acc saja.

Untuk melancarkan semua kegiatan, kumpulkan anggota terlebih dahulu.

2. Diskusi

Setelah mengumpulkan anggota, lakukan diskusi dalam memilih moderator acara literasi dan juga narasumbernya. Serta jangan lupa, notulennya. Hal ini perlu teman-teman lakukan agar kegiatan terarah.

Saya pernah membuat tulisan mengenai cara menjadi moderator acara literasi. Silakan dibaca. Penting sekali dalam memilih moderator acara literasi yang betul-betul literat.

3. Laksanakan kegiatan inti

Silakan jika sudah selesai semuanya, masuk ke tahapan ini. Silakan bertukar pikiran atau saling memberikan informasi mengenai kegiatan yang sedang dibahas.

Konsep komunitas literasi

Ketika teman-teman punya rencana ingin membuat komunitas literasi atau mungkin sudah membuatnya? Maka, teman-teman silakan pilih salah satu di antara konsep komunitas. Offline atau online?

Emang ada komunitas literasi yang konsepnya secara online? Tentu ada.

1. Offline

Sebagaimana komunitas pada umumnya, konsep ini tatap muka secara langsung. Kelebihan memilih konsep ini banyak, salah satunya lebih intens ketika merencanakan kegiatan dan diskusi segala macam.

Sedangkan kekurangannya, mungkin bakalan merasakan yang namanya bosan. Dan beberapa anggota keluar.

2. Online

Biasanya konsep ini di grup WA. Awal-awalnya sih orang yang pengin gabung bakalan semangat. Namun, lama-lama sebagaimana grup WA yang isinya tidak saling kenal, bakalan sepi.

Contoh profil komunitas literasi

Profil komunitas dalam berorganisasi akan selalu ada. Maka, anggota komunitas sebaik mungkin buat lah profilnya agar menarik perhatian. Entah di dalam website atau di basecamp.

Berikut contoh yang harus ada di profil komunitas literasi.

1. Deskripsi komunitas

Komunitas....adalah komunitas yang bergerak di bidang literasi dengan mendirikan taman baca masyarakat...(isi sendiri)

2. Fokus komunitas

Pendidikan | Pengembangan masyarakat

3. Lokasi komunitas, nomor telepon, dan website resmi

-

Sebagai contoh, silakan kunjungi profil komunitas literasi yang satu ini: Rumah Literasi Merdesa.


Contoh prosfek komunitas literasi

Prosfek komunitas literasi ini adalah mewadahi orang-orang yang memiliki minat dan bakat dalam dunia tulis-menulis, menambah wawasan mengenai semua hal yang berkaitan dengan dunia literasi, membangun link dengan sesama komunitas literasi lain.

...dsb...dsb.

Contoh program kerja komunitas literasi

Di semua hal yang berbau literasi, pasti ada program kerjanya. Termasuk program kerja literasi sekolah. Dengan adanya program kerja, komunitas terlihat hidup.

Contoh program kerja komunitas literasi.

1. Desa literasi
2. 100 Rumah baca
3. Book buster
.
.
Silakan dibuat sendiri. Contoh program kerja literasi yang bagus. Silakan kunjungi website: Rumah Literasi Indonesia.

***

Jadi, dalam membuat komunitas literasi itu perlu sistem yang baik, konsep yang matang, profil komunitas yang bagus, prosfeknya terarah, dan program kerjanya menarik perhatian banyak orang sehingga mereka tertarik bergabung.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
2 Comments
  • Bayoe
    Bayoe 16 September 2021 pukul 14.47

    Kak mohon pencerahannya, saya sedang mendirikan komunitas baca namun yg masih saya bingung ketika kita sudah berkumpul kita secara teknis kita melakukan hal apa saja? Apakah membaca bersama selama waktu yg ditentukan lalu pulang atau seperti apa???

    • Ridwansyah penulis Garut
      Ridwansyah penulis Garut 16 September 2021 pukul 19.25

      Iya. Membaca bersama, membuat acara launching buku, diskusi buku, dan masih banyak lagi.

Tambahkan Komentar
comment url