Artikel Terbaru

Cara Membuat Acara Bedah Buku yang Menarik

Cara Membuat Acara Bedah Buku


Cara membuat acara bedah buku sebenarnya lebih mudah daripada acara launching buku. Ditambah lagi, acara bedah buku cenderung dianggap menarik. Sebab, penonton yang hadir ingin menyaksikan dan berdiskusi langsung terkait buku yang bakal dibedah.

Berbeda dengan acara launching buku, si penulis kadang kesulitan mendatangkan audiens. Sehingga, penonton sepi. Kecuali penulis yang sudah masyhur dan memiliki banyak pengikut di sosial medianya, bagi mereka mudah saja ketika menyelenggarakan acara launching buku.

Nah, alasan menyelenggarakan acara bedah buku terbilang lebih mudah disebabkan karena penonton yang hadir biasanya sudah membeli buku yang bakal dibedah itu. Mereka sudah mengkahatamkan juga buku yang akan dibedah itu. Sehingga, ketika ada informasi bedah buku, mereka kemungkinan hadir.

Alasan mereka hadir pun biasanya berangkat dari keinginan mereka untuk mendiskusikan isi buku yang telah mereka baca itu, lalu bertanya kepada si penulis buku, dan lain-lain.

Apa itu acara bedah buku?

Acara bedah buku termasuk ke dalam aktivitas literasi baca-tulis. Acara ini mengupas isi sebuah buku. Acara ini biasanya diadakan oleh penerbit, kampus, pegiat literasi, dan masih banyak lagi.

Acara bedah buku berbeda dengan acara launching buku. Jika launching ditujukan untuk mengenalkan buku, bedah buku justru membedah semua isi dari sebuah buku. Pelaksanaan bedah buku pun biasanya dilakukan ketika buku tersebut sudah berusia cukup lama.

Sejauh ini, acara bedah buku masih kerap diselenggarakan, khususnya oleh pecinta buku dan pegiat literasi. Hanya saja, tak sedikit acara bedah buku yang tampaknya kurang menarik pengunjung. Oleh sebab itu, saya ingin membahasnya melalui artikel ini.

Bagaimana cara membuat acara bedah buku yang menarik?

1. Bedah buku best seller

Kalau ukurannya untuk menarik perhatian audiens, solusinya adalah bedah buku-buku best seller. Hanya saja acara bedah buku biasanya diselenggerakan secara langsung dengan penulis bukunya.

Lantas, apakah kalian sebagai panitia acara, sanggup mengundang dan membayar penulis buku best seller tersebut?

Jika sanggup, silakan laksanakan. Jika tidak, lakukan cara kedua.

2. Kompak lah antara penerbit dengan penulis buku

Jika acara ini diinisiasi oleh penerbit buku, penerbit dan penulis buku berarti harus bekerjasama untuk menyukseskan acara. Mulai dari promosi di sosial media harus besar-besaran, hingga dapat mengundang komunitas baca atau komunitas menulis yang masih aktif.

Lebih dari itu, penerbit usahakan membikin flyer design yang unik, dan penulis buku juga dalam mempromosikan acara bedah buku harus dengan kalimat ajakan atau captions yang benar-benar menaruh minat pengunjung.

Dan untuk menciptakan itu semua, butuh kekompakan.

3. Tentukan MC dan moderator yang tepat

Ada baiknya, panitia acara bedah buku dalam memilih MC seharusnya pilih MC yang ngerti dunia perbukuan. Apalagi ketika memilih moderator, yang mana tugas utama moderator adalah memimpin jalannya bedah buku.

Kalau tidak tepat saat menentukan MC dan moderator, boleh jadi acara bakal garing. Pertanyaan-pertanyaan saat bedah buku berlangsung, mungkin bakal terkesan klasik.

Untuk memahami poin ketiga, silakan baca: Moderator acara literasi.

4. Letakkan buku si penulis saat acara sedang berlangsung

Letakkan minimal tiga buku di atas meja. Dan percantik posisinya.

Dengan demikian saat acara bedah buku berlangsung, panggung atau tempat acara nggak kosong-kosong amat di mata penonton.

5. Undang komunitas baca dan komunitas menulis

Untuk meramaikan acara, sebaiknya pihak panitia mengundang beberapa komunitas literasi baca-tulis. Beri mereka ongkos, beri mereka snack saat acara berlangsung, jangan sampai panitia hanya "mengundang" saja, tanpa memberikan ongkos dan tanpa ngasih makan.

Masih banyak penyelenggara acara literasi yang mengundang, tapi sekadar mengundang saja. Tidak ngasih apa-apa. Kan kasihan jauh-jauh komunitasnya datang ke lokasi cara, tapi masa harus pake uang sendiri.

Minimal kasih makan deh, itu sudah cukup untuk menghargai kedatangan mereka.

6. Tentukan lokasi bedah buku di tempat yang menarik

Kalian dapat menentukan lokasi acara di aula kampus, taman baca, hingga di kafe. Ini fleksibel. Tergantung keinginan sendiri. Sekarang ini berdasar pengalaman saya, acara bedah buku tak selalu harus formal tempatnya. Di kafe pun jadi agar keliahatan modern dan santai.

Kesimpulan tugas panitia acara bedah buku

Untuk kesimpulannya:

1. Persiapkan buku yang hendak dibedah. Mau buku best seller atau buku karya teman sendiri, tidak apa-apa. Paling nanti yang membedakan adalah jumlah antusiasme penontonnya.

2. Kerjasama dengan penerbit, komunitas literasi, dan penulis. Kerjasama dalam segi kekompakannya. Juga komunikasi ditingkatkan.

3. Pilih MC dan moderator yang suka sama dunia literasi agar relevansinya terjaga.

4. Tentukan lokasi acara.

5. Percantik saat meletakkan buku di atas meja diskusi.

-

Barangkali itu saja panduan atau cara membuat acara bedah buku agar tampak menarik. Sekian.

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.