Cara Menulis Fiksi Metropop yang Menarik

Cara Menulis Fiksi Metropop yang Menarik

Saya ingin mengatakan bahwa cara menulis fiksi metropop lumayan terbilang mudah karena apa yang diceritakan dalam jenis fiksi ini tampak nyata.

Artinya, cerita yang terkandung di dalam fiksi metropop realistis. Meskipun masih dalam kategori fiksi; imajinasi.

Mengapa terbilang gampang?

Salah satu alasannya, fiksi metropop, alur ceritanya dapat kita ambil dari kehidupan sehari-hari dengan latar perkotaan. Ini akan mudah dikembangkan oleh para penulis yang hidup di perkotaan.

Lebih dari itu, peminat fiksi metropop cukup banyak juga. Coba baca buku karya Ilana Tan atau buku yang ditulis oleh Mbak Ika Natassa, banyak pembaca muda yang menyukai karya mereka berdua. Karena, tulisan mereka dianggap relate oleh pembacanya.

Kalian juga kalau belum pernah membaca cerita fiksi metropop, sebaiknya baca buku-buku karya Ilana Tan dan Mbak Ika.

Baca Juga: Cara Menulis Novel Komedi

Mengenal apa itu fiksi metropop?

Berdasar referensi yang saya baca, sederhananya fiksi metropop ini tidak termasuk ke dalam genre sastra. Jenis fiksi ini dibuat sengaja oleh Gramedia Pustaka Utama atau yang disingkat GPU.

Dalam fiksi metropop, rata-rata isi cerita selalu saja menceritakan kisah orang dewasa yang hidup di perkotaan. Tokoh-tokoh yang dibuat pun biasanya berkarakter mapan karena memiliki pekerjaan yang bagus.

Boleh dibilang juga bahwa, genre fiksi ini erat kaitannya dengan kehidupan pekerjaan di kota. Dan yang bikin menariknya adalah, ya, selalu dibumbui dengan kisah percintaan yang pelik.

Tanpa kisah percintaan, boleh jadi fiksi metropop membosankan. Maka dari itu, jangan heran apabila ketika membaca buku jenis fiksi ini, banyak cerita romansanya.

Gaya tulisan dalam fiksi metropop pun terbilang enak dicerna karena penulis-penulisnya sudah profesional.

Kalian yang ingin menulis genre fiksi ini, bisa mempelajarinya dari buku-buku fiksi metropop yang sudah diterbitkan sama beberapa penerbit mayor di Indonesia. Atau, kalau ingin cepat mendapatkan bukunya, bisa pesan langsung ke Gramedia.

Atau bisa juga, langsung cari buku-buku kedua penulis yang saya sebutkan di atas.

Apakah fiksi metropop sama dengan Teenlit?

Teenlit pun sama seperti fiksi metropop. Keduanya tidak termasuk ke dalam genre sastra. Lebih dari itu, fiksi metropop dan teenlit perbedaannya cukup signifikan.

Jika fiksi metropop identik dengan kisah perkotaan/urban, sedangkan teenlit soal setting cerita lebih bebas. Dan isinya pun jauh berbeda. Teenlit lebih banyak menceritakan kisah romantis, lalu target pembacanya pun remaja yang lagi puber.

Sementara itu, fiksi metropop, lebih kepada pembaca yang sudah dewasa, yang juga sudah bekerja dan merasakan kehidupan perkotaan itu seperti apa. Ditambah lagi lebih relate aja bagi banyak pembaca.

Teenlit bukan berarti tidak akan relate bagi pembaca, namun kebanyakan cerita novel teenlit bersumber dari imajinasi penulis yang bisa mengalir kesana-kemari.

Fiksi metropop, untuk membuatnya, bisa diambil dari pengalaman pribadi lalu dipadukan dengan imajinasi yang seadanya saja.

Cara menulis fiksi metropop

Kalau kalian tertarik ingin menulis genre fiksi yang satu ini, caranya mudah saja. Silakan amati langkah-langkahnya berikut ini:

Perbanyak membaca buku fiksi metropop

Salah satu cara untuk bisa menulis novel fiksi metropop adalah dengan memperbanyak bacaan fiksi metropop. Dengan membaca, kalian bakal paham setting, alur, dan penokohan yang terdapat dalam buku fiksi metropop tersebut.

Di atas, saya sudah merekomendasikan dua penulis novel genre ini. Hal yang mesti kalian lakukan adalah membeli buku tersebut, lalu mengkhatamkannya.

Hiduplah di perkotaan

Datangi sebuah kota yang nuansanya benar-benar kota. DIkelilingi oleh banyak gedung, ruko, jalanan padat, dan semua hal yang mengidentikan bahwa kota tersebut benar-benar layaknya kota; kesibukan, macet, gengsi, makanan mahal, dan masih banyak lagi.

Dengan hidup di perkotaan, kalian bakal mendapatkan gambaran. Sehingga, nantinya mudah untuk kalian tulis. Sesekali juga cintai orang kota untuk memasukkan pemikiran dia, karakter dia, dan lain-lain.

Saya selalu percaya bahwa menulis dengan apa yang pernah kita alami, terasa enak saja.

Serius menulis

Kalau memang benar ingin membuat karya novel dengan genre metropop, seriuslah menulis. Keseriusan dalam arti, melakukan riset, penelitian, mengamati gaya menulis ngepop itu gimana, membuat karakter novel yang mudah diingat, dan elemen-elemen lain yang menunjang keberhasilan dalam membuat novel fiksi metropop.

Penutup

Perlu diketahui bahwa ada banyak lomba menulis dengan tema fiksi metropop. Dan ada banyak juga penerbit yang menerbitkan jenis fiksi metropop. Jadi tidak ada salahnya belajar mulai dari sekarang.

Tiga langkah di atas, saya kira, mudah untuk kalian lakukan. Utamanya konsisten dan serius. Itu saja.

Barangkali itulah informasi tentang cara menulis fiksi metropop.

Sekian.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url