Penerbit Novel Wattpad, Ini Cara Mereka Mencari Naskah!

Penerbit Novel Wattpad

Nggak bisa dimungkiri bahwa, Wattpad masih menjadi primadona bagi para penulis fiksi. Buktinya, banyak penulis pemula yang menuangkan imajinasinya untuk bercerita lewat Wattpad. Bahkan Wattpad kerapkali direkomendasikan bagi penulis pemula.

Meskipun sejauh ini banyak yang menganggap bahwa si Orange sudah tidak asyik lagi, tapi tetap saja nama "Wattpad" masih terbilang populer.

Sebab, keuntungan berkarir di Wattpad itu banyak sekali. Misalnya, saat tulisan kita sudah mendapatkan ratusan ribu views, maka, bisa jadi penerbit novel Wattpad bakal melirik naskah kita, dan kemudian menerbitkannya dalam bentuk buku fisik.

Dengan keuntungan seperti itu, praktis kita akan mendapatkan uang. Itu sebabnya, banyak penulis Wattpad yang sebut saja, mereka ingin menjadi penulis terkenal di Wattpad. Dengan terkenal, satu langkah menuju kesuksesan sudah di depan mata.

Pertanyaannya, apakah kalian ingin menjadi penulis terkenal di Wattpad? Jika iya, saran saya adalah baca tulisan saya yang sudah dibaca hingga ratusan ribu oracng. Ini tulisannya: cara menjadi penulis terkenal di Wattpad.

Baiklah, mari kita fokus ke topik pembahasan. Yakni, bagaimana cara penerbit mencari naskah di Wattpad. Atau, adakah daftar penerbit yang menerbitkan novel Wattpad?

Ini jawabannya:

Penerbit Novel Wattpad

Agar tulisan kita di Wattpad diterbitkan, penulis harus memenuhi syarat dan ketentuan penerbit. Ini syarat yang biasanya dicari sama para penerbit.

Cerita Wattpad harus populer

Populer dalam arti, banyak pembacanya. Banyak views-nya. Tidak mungkin penerbit mencari naskah yang miskin pembaca. Mereka rugi kalau menerbitkan buku yang peminatnya sedikit.

Syarat pertama ini, entah bagaimana bentuk promosi atau alur ceritanya, yang penting banyak pembaca, Baik itu nantinya tulisan kita di share ke sosial media, atau cover cerita menarik pembaca, atau judul, atau mungkin alur cerita, mau nggak mau, harus banyak yang baca.

Berdasar wawasan yang saya ketahui, buku-buku yang bermula dari Wattpad itu, yaaa karena pembacanya membludak. Bahkan, buku tersebut bisa dijadikan sebuah film. Atau diadaptasi dalam bentuk film.

Jadi, utamanya, cerita mesti banyak yang baca.

Tulisan harus rapi, enak dibaca, dan cerita menarik perhatian penerbit

Setiap penerbit pasti memiliki editor. Editor inilah yang bertugas sebagai ngedit-ngedit naskah yang masuk. Nah, di Wattpad, usahakan menulis cerita dengan rapi. Kata-kata yang kita tulis mesti sesuai dengan KBBI/PUEBI. Sebab, rasanya capek sekali kalau ada tulisan yang menarik, tapi kata-katanya berantakan.

Selain itu, cerita mesti mendapatkan perhatian penerbit. Cerita harus mengikuti pasar. Misalnya, banyak penerbit yang menerbitkan novel Wattpad genre romance, nah kalian harus membuat tulisan atau cerita dengan genre tersebut. Karena, seperti yang kita ketahui, baik itu film atau cerita, genre romance ini salah satu genre paling populer lah.

Kesungguhan menulis di Wattpad

Menulis di platform manapun, kesungguhan itu perlu. Algoritma Wattpad dan platform menulis lainnya, suka memperhatikan penulis yang fokus menulis. Yang fokus mengupdate cerita hingga berbab-bab. Hingga ribuan bab.

Mereka akan menghargai kerja keras yang kita lakukan. Kalau malas-malasan, jangan harap naskah dilirik penerbit. Naskah yang diterbitkan itu biasanya adalah naskah yang ditulis dengan serius, sungguh-sungguh.

Berdasar pengalaman orang yang menulis di Wattpad, rutin mengupdate cerita, mampu membuat cerita yang mereka tulis jadi ke-up begitu saja.

Jadi, siapkah sungguh-sungguh menulis di Wattpad?

Coba baca ini biar tulisan kamu di Wattpad banyak yang membaca: cara mendapatkan pembaca Wattpad.

-

Adakah solusi lain agar naskah atau cerita yang kita tulis di Wattpad diterbitkan oleh penerbit?

Jawabannya ada. Solusinya adalah dengan menerbitkan lewat penerbit indie. Atau pakai modal sendiri.

Caranya?

Terbitkan melalui bantuan agensi penerbitan buku. Salah satunya minta bantuan ke blog penulis Garut ini. Dengan bekerja sama bareng blog penulis Garut, naskah Wattpad kalian akan kami terbitkan sebaik-baiknya.

Penerbit novel khusus Wattpad, hubungi kami

Caranya simple saja. Hal yang perlu kalian siapkan adalah, naskah harus selesai atau tamat. Tulis sebaik-baiknya. Tulis serapi mungkin. Ini langkah pertama.

Langkah kedua, yakni siapkan uang, setidaknya untuk biaya penerbitan dan percetakan.

Biaya terbit, siapkan 500K saja. Lalu, biaya cetaknya, silakan pikirkan, mau cetak berapa banyak eksemplar buku?

Ini nanti hitungannya tergantung halaman naskah. Semakin tebal halaman, semakin lumayan uang yang perlu kalian keluarkan.

Budget 1 juta rupiah saja sudah cukup untuk modal menerbitkan naskah ke kami. Dan kami akan mengedit, melayout, membuat cover, sebaik mungkin.

Sudah banyak penulis yang bekerjasama dengan kami. Dan buku mereka, bagus-bagus.

Itulah barangkali penjelasan tentang penerbit novel Wattpad. Sekilas tentang cara penerbit mencari naskah di aplikasi Wattpad.

Sekian.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url