5 Cara Menjual Buku Bekas agar Terjual Semua

Cara Menjual Buku Bekas

Kalau bicara soal cara menjual buku bekas, saya jadi ingat masa-masa di mana sebelum serius ngeblog, saya dulu pernah berjualan buku di grup Facebook.

Padahal, pas saya jualan buku, saya seorang dropshiper marketplace Bukalapak. Tapi, meski dropshiper, hitungannya laku banget. Hampir tiap hari saya mendapatkan uang dari berjualan buku.

Nah, bagi kalian yang mungkin sering membeli buku, lalu buku yang sudah kalian beli dan baca itu numpuk di rumah, memang betul bahwa tidak ada salahnya dijual. Hasil penjualan buku bekas tersebut bisa dibelanjakan buku baru. Dan alur seperti ini yang kerap dilakukan sama para pembeli dan pembaca buku.

Hanya saja, yang jadi masalah orang-orang ketika mau menjual buku bekas, mereka tidak tahu tempat untuk menjual buku bekasnya di mana.

Oleh karena itulah, berdasar pengalaman yang pernah saya alami, saya ingin berbagi kepada kalian tentang panduan menjual buku bekas mulai dari sortir buku mana saja yang layak dijual sampai ke tahap benar-benar bahwa buku dijual di tempat yang tepat.

Cara Menjual Buku Bekas

1. Sortir buku yang benar-benar pengin dijual

Sebelum semua buku bekas yang kalian miliki ingin dijual, saran saya adalah, ada baiknya melakukan sortir dulu. Karena takutnya, ada sebagian buku yang layak kalian koleksi. Dan takutnya juga, ada buku bekas yang susah dicari. Istilahnya sudah tidak dicetak lagi.

Maksud saya dengan melakukan sortir, itu bisa memberikan keuntungan yang besar. Misal, pada buku yang kalian koleksi dan buku yang sudah tidak dicetak ulang lagi, itu kalau ada orang yang serius beli, harganya bisa mahal banget. Jadi pas kalian jual, harganya nggak turun drastis. Tapi malah ngasih keuntungan besar.

So, sortir aja dulu.

Beda posisinya mungkin kalau kalian lagi BU, alias butuh duit, pasti boro-boro kepikiran menyortir buku. Makanya, lakukan cara kedua.

2. Jual buku bekas di satu marketplace saja

Katakanlah kalian memiliki 100 buku bekas yang terkenal semua penulisnya, nah langkah yang perlu kalian lakukan untuk menjualnya yaitu, fokus menjual buku bekas di satu marketplace saja.

Jangan langsung dijual di seluruh marketplace. Nanti capek sendiri dan berabe. Misalnya, harus menghapus buku yang sudah terjual satu-satu di seluruh marketplace.

Fokus saja di Shopee. Bikin toko dengan nama toko yang ada kaitannya dengan nama kalian sendiri atau ada suku kata yang mengandung "book" atau "buku". Buku yang terkenal nama penulisnya, pasti akan selalu dicari sama para penggila buku. Kurang dari 20K, mereka pasti siap beli.

Jadi, cara kedua adalah jual buku bekas di marketplace. Paling kekurangan marketplace adalah buku tidak akan langsung terjual di hari itu juga. Agak lambat. Maka dari itu, lakukan cara ketiga.

3. Jual buku dengan teknik borongan

Ini dia teknik jitu yang seringkali dilakukan sama penjual buku bekas. Biar bukunya langsung banyak terjual, mereka menjualnya secara borongan. Satu paket, misalnya, dengan dikasih harga sekitar 125K.

Penulisan harga juga nggak bulat. Sehingga para kolektor buku atau sultan buku, tanpa basi-basi, langsung pengin dibeli sama mereka.

Kalian bisa melakukan cara ketiga ini melalui akun sosial media pribadi kalian. Tapi, teman kalian di sosmed, harus satu circle di dunia buku juga, sih.

Coba baca ini juga: Tips jualan buku online.

4. Jual di grup Facebook jualan buku

Saya sangat menyarankan kalian untuk menjual buku bekas di grup Facebook khusus jual beli buku. Sumpah! Saya, pas tahun 2017-an lalu, mendapatkan rezeki yang melimpah banget di grup Facebook. Sampai-sampai kebeli sepeda, ponsel, dan masih banyak lagi barang yang saya beli lewat jualan buku di grup Facebook.

Jenis buku di grup Facebook jual beli buku, itu umum. Artinya, buku baru, buku koleksi, buku bekas, dan lain-lain, tersedia di grup Facebook tersebut, Sampai sekarang, masih banyak orang yang menanyakan kepada saya, apakah saya masih jualan buku, padahal sudah nggak jualan cukup lama.

Langkah pertama, kalian cari aja di Facebook grup jual beli buku. Lalu bergabung di sana. Dan lakukan promosi, setidaknya tiga hari sekali, atau komentari orang-orang yang lagi nyari buku tertentu. Dengan demikian, pasti ada yang nyangut. Dengan begitu juga, buku bekas terjual semua.

5. Jualan buku bekas di Twitter

Ah, semakin mudah jualan buku bekas di Twitter. Karena, di Twitter itu, ada fanbase khusus yang membahas seputar buku. Dan jumlah followersnya sudah banyak. Kalau tidak salah, nama akunnya @literasybase.

Nah, setiap mereka ngetwit, dan kemudian twitnya rame, usahakan reply aja sama buku-buku bekas yang ingin kalian jual. Kalau bukunya ori, karya penulis ternama, pasti ada yang mau beli. Karena followers literasybase, penggila buku semua.

Jadi, lakukan cara kelima ini. Terbilang ampuh sih kalau berdasar pengamatan saya mah.

Kesimpulan

Jadi, itulah cara menjual buku bekas yang dapat saya sampaikan. Semua cara ini berdasar pengamatan sendiri,

Usahakan, baca juga artikel saya tentang cara mendapatkan uang melalui jualan buku.

Sekian.
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url