7 Sumber Penghasilan Penulis Paling Ideal

Sumber Penghasilan Penulis

Kalau ngomongin soal sumber penghasilan penulis, sebenarnya sumber pendapatannya banyak.

Di Google, kalian akan mendapati berbagai macam bentuk pendapatan yang bisa kalian raih sebagai seorang penulis. Dan banyak media online yang sudah memuat artikel dengan topik ini.

Akan tetapi, setelah saya simak artikel yang ditayangkan sama sebagian media online, menurut saya, ada beberapa poin yang agaknya sulit untuk dijalani oleh seorang penulis untuk mendapatkan uang.

Maka dari itu, lewat artikel ini, saya akan merangkum tujuh sumber pendapatan yang paling ideal bagi seorang penulis.

Terlepas jenis penulisnya apa. Semuanya bisa kalian jalani dan poin-poinnya masuk akal. Nanti bisa kalian jalani salah satunya. Atau mungkin semuanya.

Baca juga: Jiwa Seorang Penulis

Penasaran? Di mana saja sumber cuannya?

Silakan simak ulasannya berikut ini.

Sumber Penghasilan Penulis yang Paling Ideal

1. Ngeblog - Aliran uang dari Google AdSense

Ini adalah bentuk penghasilan bagi seorang penulis yang paling masuk akal.

Katakan lah penghasilannya pasif. Bukan dijadikan sebagai penghasilan utama.

Karena untuk mendapatkan uang dari Google AdSense tiap bulan, itu agak susah. Apalagi kalau topik blognya membahas seputar penulisan buku seperti blog penulis Garut. Butuh berbulan-bulan untuk bisa gajian.

Namun, jika kalian bisa menulis artikel dunia teknologi, finansial, otomotif, itu bisa menjanjikan kedepannya. Karena 'nilai' dari jenis artikel tersebut, cukup besar.

Dan pastikan juga, kalian tidak mengelola satu blog. Maksimal tiga blog. Dan semua blognya harus aktif. Diupdate terus.

Lewat blog juga, kalau saya boleh jujur, saya mampu bertahan hidup dari menulis sampai detik ini.

2. Menjual buku karangan sendiri

Untuk menerbitkan buku sendiri, jangan mikirin soal ketenaran. Jangan mikirin siapa yang mau beli.

Nothing to lose aja berkarya mah. Kalau niatnya sudah begitu, pasti dilancarkan.

Nah, melalui buku yang kita tulis sendiri, kita bisa menghasilkan uang. Ini sumber penghasilan yang bisa dijalani sama penulis buku yang sudah terkenal maupun yang baru menulis buku pertama.

Semakin menggeluti dunia penulisan buku, nanti saya yakin, kalian bakal tahu celah-celah pendapatannya.

Saran saya, terbitkan naskah lewat penerbit indie berbayar. Kalian bisa menggunakan jasa agensi penulis Garut. Saya siap membantu kelangsungan naskah kalian menjadi buku, dan ikut mempromosikan buku kalian juga.

3. Menjual ebook sendiri

Dalam tulisan produk digital penulis, saya menyampaikan bahwa ebook ini termasuk ke dalam produk digital. Sekali bikin ebook, umur ebooknya bakal bertahan lama.

Buku yang sudah kalian cetak dalam bentuk fisik, bisa dijadikan ebook. Sehingga kelihatan modern aja. Karena pembaca sekarang, ada yang suka baca buku fisik dan juga baca buku digital.

Lebih fleksibel lah kalau buku cetak dijadikan ebook juga.

4. Membuka jasa ghostwriter

Salah satu masalah yang kerap saya temukan di dunia penulisan buku adalah, banyak orang yang ingin bikin buku kisah hidup sendiri namun nulisnya nggak bisa. Disinilah profesi ghostwriter dibutuhkan.

Kalau kalian sudah berhasil menerbitkan buku sendiri, kesempatan jadi ghostwriter itu besar.

Dan saya pribadi pernah mendapatkan dua project besar ketika menjadi ghostwriter. Uangnya lumayan. Teknis penulisannya juga sederhana.

Ini adalah sumber penghasilan yang menurut saya cukup menggiurkan untuk ukuran penulis yang, misalnya, baru bikin satu atau dua buah buku.

5. Membuka jasa penulisan artikel

Di grup Blogger Indo, ada banyak banget penulis yang mempromosikan dirinya sebagai seorang penulis artikel umum. Tidak hanya menguasai satu tema tulisan saja, tapi beragam tema bisa mereka garap.

Dan percaya atau tidak, mereka suka mendapatkan project nulis artikel, bukan hanya dari satu website/blog saja, namun banyak.

Dengan begitu ketika mereka menyetujui tawaran menjadi penulis artikel di salah sekian media, jelas pendapatan mereka besar per bulannya. Bahkan, mereka mengerjakan satu project, oleh banyak penulis. Punya tim sendiri.

Jadi, ini sumber pendapatan yang masuk akal juga, kan?

6. Membuka kelas menulis untuk memandu calon penulis

Balik lagi ke poin nomor dua, gampang sekali membuka kelas menulis buku kalau sudah pernah bikin buku sendiri. Apalagi kalau buku kalian tembus ke penerbit besar. Saya jamin, bakal banyak calon penulis buku yang ikut ke kelas menulis yang kalian buat.

Ini tidak dianjurkan kepada penulis pemula. Hanya penulis yang sudah punya karya dan nama, saya rasa, layak membuka kelas menulis.

Poin keenam ini mampu menjadi sumber penghasilan yang cukup menggiurkan. Dan sudah banyak penulis buku yang melakukannya.

7. Menjadi penulis lepas di media online

Sumber penghasilan poin terakhir adalah menjadi penulis lepas. Meski tidak terikat kontrak, tapi satu artikel yang diminta sama satu perusahaan, wah bisa lumayan. Hitungannya ratusan ribu. Karena mereka butuh jasa penulis lepas.

Ada banyak situs yang bisa kita taruh portofolio kita di situs penulis lepas. Dan rasakan sendiri pengalamannya.

Kesimpulan

Barangkali itulah penjelasan saya mengenai sumber penghasilan penulis. Yang lagi saya jalani dari ketujuh poin tadi, adalah poin pertama, kedua, dan kelima. Dari AdSense hasil ngeblog, bikin buku/bantu nerbitin buku penulis lain, dan dari jasa penulisan artikel.

Silakan kalian pilih salah satunya. Atau mungkin tiga dari tujuh poin di atas.

Sekian.

Baca juga terkait gaji penulis novel. Biar tahu berapa sih penghasilan penulis novel dari karya yang dibuatnya.

Terima kasih.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url