Tips Menulis di Gramedia Writing Project

Tips Menulis di Gramedia Writing Project

Sebagai salah satu penerbit besar di Indonesia, Gramedia kerap membuat berbagai macam event atau kompetisi menulis. Dan saya rasa wajar ketika banyak penulis novel yang tertarik mengikuti kompetisi menulis yang dibikin sama Gramedia.

Bukan hanya itu saja, beberapa tahun lalu, penerbit ini membikin Gramedia Writing Project. Project-nya, sampai detik ini masih terus berjalan. Para novelis berlomba-lomba mengirimkan naskah ke GWP. Berharap naskahnya tembus dan dijadikan sebuah buku.

Akan tetapi agar sebuah naskah dapat lolos di GWP, itu tidaklah mudah. Maka dari itu, izinkan saya, sebagai penulis di blog ini, membagikan tentang tips menulis di Gramedia Writing Project.

Saya pikir, informasi mengenai tips & trik ini penting untuk diketahui sama penulis-penulis yang berniat mengirimkan cerita atau tulisannya ke GWP.

Ingin tahu apa saja tipsnya?

Simak uasan saya di bawah ini.

Apa itu Gramedia Writing Project?

Dalam laman website Gramedia, GWP adalah platform menulis yang ditujukan khusus untuk komunitas penulis. GWP didukung sama 6 penerbit besar Gramedia.

Tips Menulis di Gramedia Writing Project

Untuk memudahkan sebuah tulisan atau cerita novel diterima sama editor GWP, kalian sebagai penulis perlu mengetahui informasi tips menulis ini. Selain nantinya mendapatkan gambaran, juga untuk persiapan aja. Bahwa, begini lho cara menulisnya.

Jadi, pertama..

1. Tulisan harus rapi

Jangan terlalu memikirkan karakter tokoh, setting, alur cerita yang menarik, dan lain sebagainya, utamanya adalah tulisan atau isi novel mesti diketik dengan rapi dulu. Ketikan sesuai dengan PUEBI.

Menurut saya, dengan nama penerbit sebesar Gramedia, harusnya penulis malu kalau nulis masih acak-acakan. Apalagi kalau disingkat-disingkat seperti para penulis yang baru nyemplung di dunia penulisan, yang kebanyakan suka berakarir di Wattpad.

Jadi, utamakan menulis rapi. Enak dibaca. Perbaiki typo. Fokus di situ aja dulu.

2. Rajin posting cerita

Jujur, saya sudah lama mengikuti perkembangan GWP. Bahkan, di Twitter, saya suka melihat tweet-tweet GWP. Namun, bedanya dengan penulis novel lain, saya hanya memantau saja. Tidak ikut menulis di sana. Orangnya suka stalking penerbit dan penulis. Tapi tidak tertarik mengikuti lomba menulis.

Nah, berdasar pengamatan saya, untuk bisa dinotice sama pihak GWP, utamakan rajin posting cerita. Update terus cerita kalian di GWP. Dan kalau dua tahun lalu mah, ada trik kayak cerita yang sudah kalian buat di GWP misalnya, share ke Twitter, dan mention admin GWP. Biasanya dapat pembaca, tuh..

Sambil berharap ada editor GWP yang kebetulan lagi aktif di Twitter dan membaca tulisan kalian.

3. Keseriusan menulis

Maksudnya adalah, banyak saat ini penulis novel muda yang gampang beralih ke platform lain. Dengan alasan, kurang percaya diri. Dan sialnya, cerita yang sudah dikirim ke platform A, malah dikirim ke platform B, dengan cerita yang sama. Ini sudah melanggar aturan penulisan.

Nah di Gramedia Writing Project kalau tulisan ingin bisa lolos, usahakan harus serius. Penulis yang serius biasanya konsisten posting cerita, suka mengamati tulisan penulis lain, lalu termotivasi ketika penulis lain bisa bikin banyak cerita, dll.

Jadi, utamakan serius. Minimal kalau mau pindah ke platform lain, sebulanan lah. Sebulan berkarir di GWP misalnya, kalau nggak berhasil, sebulan kemudian pindah. Ini boleh. Asal, jangan mengirimkan cerita yang serupa.

-

Saya rasa, tiga tips saja yang bisa saya bagikan. Dan berikut terkait penjelasan pemilihan genre bakal saya bahas di bawah ini.

Pemilihan genre tulisan

Masih inget dengan tulisan-tulisan saya terkait genre novel?

Nah, semua istilah dari genre novel yang saya tulis di blog ini, itu semuanya didapatkan dari laman Gramedia. Dan di Quora, banyak penulis yang mengatakan bahwa, mulai dari fiksi metropop, teenlt. songlit, dan chiklit, itu ide pengelompokan genre novel yang didapatkan dari Gramedia Writing Prohect.

Jadi, inilah genre tulisan yang dapat kalian ambil.

Fiksi Metropop


Songlit

Baca artikelnya: Menulis Songlite

Teenlit

Baca postingannya di Cara Membuat Novel Teenlit

Chiklit


So, silakan ambil salah satu genre novel di atas.

-

Barangkali, itulah penjelasan saya tentang tips menulis di Gramedia Writing Project.

Sekian.
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url