Cara Promosi Cerita AU di Twitter (Bonus Panduan Membuat dan Menulis)

Cara Promosi Cerita AU di Twitter

Sebagai pengguna Twitter, saya kerap menemukan cerita AU yang ditulis sama penggemar idol K-Pop. Imajinasi mereka luar biasa. Mereka mampu membuat cerita yang menarik. Sehingga, banyak penggemar idol lainnya yang menyukai dan menantikan cerita AU.

Nah, bagi kalian yang suka menulis cerita AU, baik itu di Wattpad atau di platform manapun, sebaiknya mulailah membuat akun Twitter dan mempromosikan karya kalian di sana.

Dengan mempromosikan cerita di Twitter, potensi bakal banyak pembaca terbilang besar. Dan itu yang dilakukan oleh sebagian penulis AU di Twitter. Biar tulisannya di pf lain banyak yang baca.

Lantas, bagaimana cara promosi cerita AU di Twitter?

Simak penjelasan saya berikut ini.

Apa itu cerita AU?

AU kepanjangan dari Alternate Universe. Ia merupakan subgenre dari cerita fanfic yang menempatkan seorang selebritas/idol asli di dunia nyata, lalu diceritakan dalam dunia yang berbeda.

Maka dari itu, penulis AU rata-rata imajinasinya liar karena ia pandai mengarang cerita. Dan saya pribadi, jujur saja, sangat mengapresiasinya.

Apakah saat ini banyak penulis AU?

Berhubung genre AU memiliki pasar yang kuat di sosial media atau di platform penulisan novel, jelas bahwa sejauh ini banyak sekali penulis AU. Bahkan, para pf  penulisan novel Indonesia sering membuat lomba menulis dengan tema cerita AU.

Akan tetapi meskipun sudah banyak penulis novel yang mengarang cerita AU, bukan berarti mereka mampu mempromosikan karyanya itu. Ada yang stuck di situ-situ aja jumlah view-nya. Iya, minim pembaca. Atau cerita kurang menarik, dan masih banyak keresahan yang didapati sama penulis AU..

Oleh sebab itu untuk mengatasi masalah jumlah views, saran saya, mulialah promosi AU di Twitter dengan cara...

Cara promosi cerita AU di Twitter

Oke, mari masuk ke pokok pembahasan.

Beginilah cara promosinya..

Pertama, silakan ikut hype back. Lalu nitip cerita AU kalian di kolom reply tweet yang jumlah retweet-annya banyak, yang juga tweet-nya itu membahas cerita AU. Sehingga nantinya terlihat relevan. Dengan cara ini, penyuka cerita AU bakal mengklik link/tweet yang kalian sematkan pada kolom reply.

Kedua, promosilah di tweet yang memang menyediakan kolom untuk promosi AU. Saya menemukan dua tweet khusus untuk promosi cerita AU. Silakan berkunjung ke dua tweet di bawah ini. Meskipun tweetnya sudah lama, tapi kedua tweet ini bakal terus ada yang nyari.

1). https://twitter.com/sucharine/status/1266375080625336324

Nama akun: @suchraine 


2). https://twitter.com/nctzenhalu/status/1334486268747530240

Nama akun  @nctzenhalu

Ketiga, bagikan cerita AU di grup chat fangirl atau boleh juga cerita AU kalian itu dikirimkan ke fanbase atau menfess yang tentu saja harus berhubungan dengan idola dan akun menfess yang memang sengaja dibuat dalam rangka membagikan cerita AU.

Keempat, buatlah akun Twitter dan mulai bikin thread/utas di akun pribadi kalian.

Cara membuat AU di Twitter + Tips Menulis

1. Tentukan tokoh cerita AU-nya

Tentukan lah karakter atau tokoh AU yang paling banyak disukai sama penggemar idol Indonesia. Kalian bisa memilih anggota boygroup atau girlgroup sebagai tokoh utama dan juga tokoh pendukung. Cukup masukkan satu anggota saja agar mudah dikenali sama pembaca.

2. Pilih tema cerita

Tema cerita yang diambil jangan yang berat-berat. Cukup tema cerita dengan latar kehidupan sehari-hari. Misalnya sekolah, kuliah, kerja, dan lain-lain.

Buatlah cerita dengan setting/tempat seperti itu. Dan jangan lupa, cerita harus menarik. Harus beda dengan penulis AU lainnya. Alur cerita juga harus jelas.

3. Gaya tulisan harus bisa berlawanan antara tokoh satu dan yang lainnya

Misalnya, tokoh utama kalian adalah seorang cewek. Ketikannya bisa disingkat-disingkat. Sementara itu, kalau tokoh laki-laki (katakanlah gebetannya) bisa dengan typing ganteng atau rapi. Jadi dibacanya enak. Ada pembeda dalam dialognya.

4. Lengkapi cerita AU dengan aplikasi

Lengkapi lah cerita dengan aplikasi-aplikasi untuk membikin fake chat seperti WhatsFake, MeMiMessage, dan juga Fake Chat Maker.

Untuk menulis sebuah deskripsi kejadian maupun peristiwa yang dialami sama tokoh-tokoh yang kalian buat, bisa menggunakan tools menulis kayak write.as atau notion.

Kemudian untuk mencari gambar pendukung dengan adegan yang dialami sama para tokoh, kalian bisa mencarinya lewat Pinterest.

5. Pahami format AU di Twitter

Biasanya sih berdasar riset yang saya lakukan, AU di Twitter selalu saja didominasi dengan screenshot yang berisi obrolan chat atau pesan singkat. Sampai-sampai dalam menggambarkan perasaan pun pake capture.

-

Itulah penjelasan tentang cara promosi cerita AU di Twitter.

Semoga bermanfaat!

Sekian.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url