5 Bentuk Ide Menulis di Trakteer untuk Mendapatkan Traktiran Receh

Ide Menulis di Trakteer

Apa saja sih ide menulis di Trakteer biar dapat traktiran?

Begini...

Jadi, salah satu alasan saya mengapa bikin akun di Trakteer.id adalah, saya ingin karya saya atau tulisan-tulisan saya dimonetisasi lebih serius lagi. Namanya seorang konten kreator, realistislah bahwa kita butuh pundi-pundi rupiah, minimal untuk bisa bertahan hidup.

Nah dengan adanya platform Trakteer, ini cukup membantu saya dan juga konten kreator lainnya guna mengumpulkan dukungan dari penggemar/pembaca.

Soalnya, ini cerita saya pribadi, bahwa ada banyak pembaca blog ini yang nge-DM saya/nge-WA saya, mereka bertanya seputar penulisan, penerbitan, pemasaran buku, dan pengin belajar menulis, namun tidak saya respon dengan serius.

Tidak direspon alasannya karena saya ingin ilmu dan pengalaman yang saya miliki dapat didukung atau kasarnya bisa dibayar meskipun recehan.

Jadi, saya bikin akun di Trakteer, tidak cuma numpang buat dapat traktiran dari pembaca saja. Justru, saya ingin juga sesekali menulis di Trakteer.

Baik itu menulis mengenai project-project yang saya lakukan agar mendapatkan dukungan langsung dari pembaca maupun menulis hal-hal yang berkaitan dengan penulisan buku.

Lantas, kalau kalian sendiri, biar dapat traktiran dari pembaca, harus ngapain aja? Pertanyaan ini khusus konten kreator yang bergerak di dunia penulisan.

Kalau misal belum kepikiran harus berbuat apa di Trakteer, inilah jawabannya..

Baca Juga: Tips Menulis di Cabaca

Bentuk Ide Menulis di Trakteer

1. Mempromosikan e-book buatan sendiri di Trakteer

Kalau kalian tipikal orang yang cukup mumpuni memberikan panduan-panduan membuat buku atau ngasih tips-tips menulis, sebaiknya monet ilmu yang kalian punya itu dalam format e-book.

Lalu, tentukan sasaran pembacanya adalah seorang penulis pemula yang kebetulan ingin membuat buku. Dengan catatan, tentu saja kalian sendiri harus sudah punya buku sendiri dan penjualan buku kalian terbilang banyak.

Juga, suka ada tuh penulis yang baru belajar menulis dan ingin berkarya di platform menulis, tapi mereka kebingungan berkarirnya harus seperti apa. Maka, kasih tips-tips menulis novel romance/fanfic, dll, lalu monet juga dalam bentuk e-book.

Kalau sudah dijadikan e-book, menulis lah di Trakteer untuk mempromosikan ebook tersebut. Dan, suruh calon pembeli untuk mentraktir karya kalian sebagai bentuk pembelian dari e-book yang kalian buat.

Sesimple itu.

2. Berkarya di platform lain, kumpulkan pembaca setia, dan ajak mereka untuk mentraktir

Platform apa, maksudnya?

Katakanlah di blog, seperti yang sedang saya lakukan. Berhubung blog ini sudah banyak pembaca dan kerap terjadi komunikasi dengan pengunjung, maka, kedepannya, ketika akan terjadi komunikasi lagi/konsultasi, mereka akan saya suruh traktir dulu.

Dengan begitu, enak ngasih ilmunya.

Bisa juga dengan cara menulis di Wattpad, dan kebetulan misalnya banyak pembaca, lalu agar cerita dilanjutkan lagi, maka, mintalah dukungan kepada pembaca lewat Trakteer.

Dan, buat postingan di Trakteer tentang proses penulisan, tokoh, alur cerita, dll, ini akan menarik!

3. Berbagi tips menulis novel

Tulisan atau cerita novel di pf sudah pernah viral?

Nggak ada salahnya berani memberikan tips menulis kepada pembaca. Tapi, dengan catatan, pembaca harus mentraktir kalian dulu. Barulah dikasih tips-tipsnya.

Baca Juga: Review Fizzo dalam Pandangan Penulis

Saya yakin, tips menulis novel itu akan selalu banyak yang mencari. Karena itulah, kalian jangan pernah ragu.

4. Jadilah pengulas buku bikinan penulis-penulis baru

Sebagian penulis buku/novel, saya rasa, ada yang ambisius sekali. Nama pena belum terkenal dan karir di dunia penulisan belum lama, namun sudah berani menerbitkan buku sendiri.

Ini tidak apa-apa sebenarnya. Hanya saja, masalahnya, kadang, saat mau menjual bukunya tidak begitu laris.

Untuk itulah kalau kalian memiliki skill dalam mereview buku, bukalah jasa pengulas buku, khusus penulis-penulis buku yang belum memiliki nama.

Sebelum mereka meminta bantuan kalian agar bukunya direview, jelas minta traktir dulu di akun Trakteer milik kalian.

Gampang, kan?

5. Create diri kalian sebagai Podcaster dan YouTuber yang membahas dunia penulisan

Kalau suka ngasih ilmu lewat audio dan video, nggak ada salahnya jadi seorang Podcaster dan YouTubers buku. Sam kayak keempat ide di atas, ujungnya mintalah dukungan kepada pendengar dan penonton lewat Trakteer.

Dengan demikian, karya kalian dapat diapresiasi oleh mereka.

Saya kira, kelima ide yang sudah saya bagikan mudah dipahami lah, ya.

Tentang Trakteer

Bagi yang belum tahu apa itu platform Trakteer, jadi trakteer adalah platform yang sangat membantu kreator untuk memonetisasi karya dan juga menerima dukungan finansial sebagai bentuk apresiasi.

Cara membuat akun Trakteer

Bikin akun di Trakteer gampang, sih. Pas buka situsnya, kalian bisa langsung membuat akun dengan menuliskan username.

Lalu isi nama lengkap, email, nomor hp, dan password. Dan, tinggal verifikasi. Selesai, deh. Terus lengkapi profil, dll. Pokoknya gampang, gays.

Baik itu saja barangkali penjelasan tentang lima bentuk ide menulis di Trakteer.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

BACA JUGA: Macam-Macam Bentuk Produk Digital Penulis

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url