5 Cara Membuat Novel tentang Persahabatan

Cara Membuat Novel tentang Persahabatan

Lewat artikel ini, saya akan memberikan penjelasan kepada kalian tentang cara membuat novel tentang persahabatan.

Ini merupakan salah satu tema novel yang masuk ke dalam kategori genre novel remaja. Dan banyak anak-anak sekolah yang ditugaskan sama gurunya untuk membikin novel persahabatan.

Ingin tahu apa saja langkah-langkah dalam membuat novel bertema persahabatan?

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Apa itu novel persahabatan?

Novel persahabatan adalah novel yang mengisahkan tentang segala macam kesedihan, keseruan, dan juga kebahagiaan mengenai persahabatan si penulis dengan sahabatnya.

Novel ini bisa diambil dari pengalaman pribadi maupun imajinasi. Tapi, kebanyakan penulis novel yang sudah menerbitkan buku bergenre persahabatan, biasanya mereka menulis novel ini dari pengalaman pribadinya. Dan memang, menulis novel dengan tema ini jika dituangkan melalui pengalaman hidup, bakal lebih ngalir aja daripada hasil mengarang.

Untuk membuat novel yang bertema persahabatan itu mudah saja. Berikut akan saya jelaskan panduan dalam membuatnya.

Bagaimana cara membuat novel tentang persahabatan?

1. Tentukan dulu isi cerita novel persahabatan

Maksud saya, isi cerita di sini adalah mau diambil dari kisah sendiri atau orang lain atau malah ngarang aja lewat imajinasi sendiri. Salah satu dari ketiganya bisa diambil karena tema persahabatan ini paling aman ketimbang tema novel lainnya.

Saran saya, sebaiknya menulis novel tentang persahabatan itu diambil saja dari pengalaman hidup kalian bersama sahabatan kalian supaya feel-nya dapat. Terlebih lagi proses penulisannya juga bakal kelihatan gampang dan lancar.

Jadi, putuskan sekarang juga, mau kisah hidup sendiri atau ngarang.

2. Minta izin ke sahabat sendiri untuk membuat novel bertema persahabatan ini

Ini penting untuk kalian lakukan. Adalah meminta persetujuan ke sahabat kalian agar sebagian kisah persahabatan kalian dapat dituangkan dalam novel.

Nanti kalian bakal berdiskusi, mana kisah yang layak diceritakan dan tidak. Jangan langsung menulis tanpa sepengetahuan dia. Nantinya malah berantem. Dimana-mana harus izin dulu meski dia sahabat kita sendiri. Ini agar terlihat sopan saja dan menghargai keberadaan sahabat kalian.

3. Mulai menulis dengan mengisahkan pertemuan pertama bersama sahabat kalian itu

Sebenarnya untuk membuka cerita, bebas saja sih. Baik itu langsung menulis latar belakang kalian bisa bersahabat dengannya dan kapan bertemunya, atau langsung dialog juga tidak apa-apa. Sehingga cerita pertemuan ditaruh di bagian tengah cerita.

Intinya, namanya novel persahabatan, pasti harus diceritakan dulu mula-mula bisa kenalan dan bisa jadi sahabat itu bagaimana. Sebab, kebanyakan novel persahabatan, memang mereka (si penulis) bakal nyeritain pertemuan pertama mereka.

Dan, kalian, sebaiknya tiru juga langkah ketiga ini.

4. Pilih berapa banyak sahabat yang ingin kalian ceritakan


Membuat Novel tentang Persahabatan

Saya paham bahwa, ada banyak orang yang mungkin sahabatnya banyak. Dan mereka bisa kompak. Baik itu ada lawan jenisnya maupun sekumpulan laki-laki atau perempuan doang. Tapi, sebaiknya, jangan terlalu banyak tokoh di dalam novel persahabatan ini. Maksimal lima atau enam orang sahabat, itu sudah cukup.

Bahkan, semakin sedikit tokoh yang diceritakan dalam novel tentang persahabatan, maka semakin mudah juga untuk menceritakan dan mengaturnya.

Misalnya tiga orang. Ini seru. Sesuatu yang ganjil pasti akan banyak masalahnya. Ketika yang satu diajak, terjadi marahan atau saling ngomongin satu sama lain. Menurut saya dan sudah banyak film persahabatan dengan tiga orang, selalu saja menarik.

5. Putuskan sifat tokoh dengan banyak perbedaan

Ini dia langkah terakhir dalam membikin novel persahabatan. Adalah memutuskan sifat-sifat tokoh yang sudah kita tentukan itu. Dan semua tokoh, sebaiknya memiliki perbedaan sifat satu sama lain. Ada yang tempramental, baperan, sok cantik/ganteng, dan masih banyak lagi.

Ada juga satu sifat yang sama sehingga kadang berantem mulu. Misalnya sama-sama egois sehingga harus dipisahkan oleh sahabat yang bijaksana. Ah, gampang sekali sih mengaturnya. Ini kalau dari pengalaman pribadi, sudah nampak lah contoh-contohnya.

Bagaimana?

Lima langkah di atas, mudah dipahami, kan?

Kesimpulan

Jadi, cara membuat novel tentang persahabatan itu bisa dimulai dengan menulis kisah hidup sendiri saat bersahabatan dengan sahabat kalian sendiri. Lalu minta izin kepadanya agar cerita kalian bisa dituangkan dalam novel. Lalu mulailah menulis dengan mengenalkan sahabat sendiri, terutama pertemuan pertama.

Dan, sebelum dieksekusi, tentukan berapa banyak sahabat yang mau diceritakan lalu putuskan sifat-sifatnya dalam outline cerita.

Itulah barangkali penjelasan dari saya.

Sekian.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url