5 Cara Menulis Novel Psikologi

Cara Menulis Novel Psikologi

Melalui postingan ini, saya akan berbagi informasi tentang cara menulis novel psikologi.

Ini adalah salah satu genre novel yang barangkali tidak banyak penulis novel membuatnya karena dianggap sulit. Katakan lah juga bahwa, lebih banyak penulis novel thriller daripada psikologi. Bahkan, lebih mudah mengarang cerita thriller daripada cerita bertema psikolog.

Akan tetapi bagi kalian yang berminat menulis novel genre psikologi, berikut akan saya jelaskan semuanya. Terutama apa yang harus dilakukan seorang penulis ketika ingin menulis atau membuat jenis novel ini.

Baiklah, inilah penjelasannya:

Apa itu novel psikologi?

Yang dimaksud dengan novel psikologi adalah novel yang isi ceritanya tentang kejiwaan manusia. Ini kalau diambil dari definisi umum dan juga kalau ditengok dari referensi novel-novel psikologi yang sudah terbit.

Sementara itu kalau ditengok dari subgenre-nya banyak, bisa membahas kecerdasan seseorang dengan keterbatasan fisik misalnya. Bisa pula membahas cerita yang menyangkut mentalitas manusia.

Psikologi berbeda dengan thriller. Berbeda juga dengan horor. Ketiga genre novel ini memang seringkali berkaitan, tapi kalau dibedah lebih dalam, ketiganya berbeda. Bisa sih disatukan, tapi hanya penulis-penulis tertentu yang mampu membuat cerita jadi menarik dengan menyatukan ketiganya. Dan biasanya, penulis luar yang melakukannya.

Bagaimana cara menulis novel psikologi?

Langkah-langkah untuk membuat novel psikologi, caranya mudah saja. Berikut akan saya rangkum dengan singkat saja, ya.

1. Rutin membaca novel psikologi

Salah satu cara terbaik untuk bisa menulis novel dengan genre psikologi adalah, kalian harus rutin membaca cerita-cerita psikologi pada banyak buku. Terutama buku ciptaan orang Barat.

Dengan membaca novel psikolog, kalian bakal tahu prolognya, dialognya, plot twist-nya, lalu bakal paham juga sudut pandang yang dibikin sama si penulis novel psikolog tersebut.

Bahkan, kalian bisa mengambil ide cerita dari novel orang Barat dengan sedikit mengubah alur atau cara penulisannya.

Untuk itu, saya menyarankan kalian agar membaca artikel yang pernah saya buat ini: novel tentang psikologi.

2. Perhatikan alur cerita psikologi pada sebuah film

Langkah kedua adalah dengan memerhatikan alur cerita pada sebuah film bertema psikolog. Maka dari itu, harus sering-sering juga menyaksikan film bertema psikologi.

Kalian bisa menonton film psikolog di Netflix atau mendownloadnya secara resmi di situs-situs berbayar. Dengan begitu, kalian bakal mendapatkan sumber inspirasi yang bagus buat nulis novel psikologi.

Saran saya, cari di Twitter thread-thread yang membahas film psikolog. Lalu tonton, minimal seminggu sekali. Luangkan!

3. Angkat satu masalah psikolog untuk tokoh cerita yang kita buat

Bagaimana cara menulis novel psikologi

Sebelum menulis, sebaiknya tentukan dulu satu masalah psikologis pada manusia, lalu dalami masalah tersebut, dan kemudian kembangkan.

Contoh masalah psikologis diantaranya gangguan mood, skizofrenia, psikotik Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) atau gangguan kepribadian. Kalian dapat menemukan semua gangguan mental ini dengan mudah lewat mesin pencari Google.

Setelah memutuskan satu masalah gangguan mental, beli bukunya dan perdalamlah.

4. Buatkan outline cerita psikolog agar tampak fokus saat menulis

Jangan lupa juga untuk membuat kerangka atau outline cerita. Outline bakal memudahkan kalian untuk menulis semua ide yang ada di kepala kalian. Karena, ide tersebut sudah kalian catat lewat outline.

Outline dapat kalian tulis lewat secarik kertas, atau di software menulis seperti Ms.Word, Evernotes, dan lain-lain.

Tahu cara bikin outline novel, nggak?

Baca ini: cara membuat outline novel.

5. Terbitkan pada platform menulis online atau buku cetak

Jika kalian sudah membuat novel psikologi dengan rapi dan baik, langkah berikutnya adalah memutuskan; mau dikirim ke platform menulis online kayak GoodNovel atau Fizzo misalnya, atau mau dicetak dalam buku fisik? Seperti diterbitkan dalam penerbit indie.

Kalau mau ke aplikasi menulis, silakan saja lakukan pendaftaran dan kirim. Kalau mau diterbitkan supaya jadi buku cetak, silakan kirim ke penerbit indie.

Atau kalian bisa juga membukukan novel psikologi lewat agensi penulis Garut. Tim kami siap membantu naskah kalian menjadi buku.

Kesimpulan

Jadi, lima cara menulis novel psikologi di atas mudah saja untuk kalian pahami. Hal yang perlu kalian lakukan untuk mendapati sumber tulisan adalah dengan cara sering membaca dan menonton film psikologi, lalu taruh inspirasi dan ide lewat outline.

Setelah semuanya selesai sampai tamat cerita novel kalian tersebut, kirimlah ke aplikasi menulis atau ke penerbit indie seperti kami.

Itu saja.

Sekian.
Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url