7 Aplikasi Edit Foto untuk Cover Novel, Bagus Banget!

Aplikasi Edit Foto untuk Cover Novel

Sebagai penulis novel, saya memandang bahwa betapa pentingnya cover novel. Sampul novel yang bagus biasanya akan menarik perhatian pembaca. Dalam hal ini, saya tidak menujukkan terkait cover novel ini kepada penulis novel online maupun penulis novel dalam bentuk buku cetak. Sebab, keduanya sama. Sama-sama mementingkan.

Sebagai contoh, tengok Wattpad. Platform menulis novel online itu banyak sekali cover-cover novel yang bagus. Berarti di sini sudah jelas bahwa cover novel yang eksentik akan dilirik sama calon pembaca.

Baik, melalui artikel ini, saya akan berbagi kepada kalian semua tentang aplikasi edit foto untuk cover novel. Ternyata, bukan hanya Canva saja, lho. Ada banyak banget aplikasinya. Berikut adalah penjelasannya:

Baca juga: Contoh Sinopsis Novel

Aplikasi edit foto untuk cover novel

1. Aplikasi Canva

Canva boleh dibilang sebagai aplikasi pembuat sampul atau cover buku gratis yang bisa kalian jadikan pilihan. Aplikasi web ini kerap memberikan kemudahan kepada para penggunanya.

Aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam pilihan sampul dan stok foto. Semuanya bisa kalian lakukan hanya dengan satu klik saja. Kalian bisa memilih template yang diinginkan dan silakan tinggal menyesuaikan tiap template sampul dengan fitur font dan gambar.

Yang terbaik dari aplikasi Canva adalah pilihan yang mereka sediakan banyak dan juga menghasilkan sampul buku yang modern dan bagus.

2. Aplikasi PosterMyWall

In adalah aplikasi kedua yang yang menyediakan sampul buku yang bisa disesuaikan juga dengan selera dan keinginan pengguna secara mudah. PosterMyWall sendiri adalah aplikasi ini terhubung dengan Getty Images, Flickr, dan juga Pixabay (situs foto gratisan).

Dengan terhubung ke situs-situs sumber gambar, itu bisa membuat kalian punya banyak pilihan ketika memilih sebuah gambar, seperti adanya gambar buah-buahan atau bangunan.

Untuk mendapatkan foto gratis, kalian akan diberikan gambar dengan resolusi kecil atau jika untuk versi berkualitas tinggi, kalian harus membayar sekitar dua sampai lima dolar Amerika.

Kekurangan dari aplikasi Poster My Wall yaitu kualitas sampul sih cenderung bervariasi karena aplikasi ini memungkinkan semua orang untuk membuat template sampul buku yang kemudian digunakan orang lain. Kalian harus menyaring atau memfilter dari beberapa desain amatir dan juga membayarnya, tapi harganya sangat murah.

3. Aplikasi Affinity Photo

Jika kalian titak punya aplikasi Photoshop untuk membikin desain sampul, Affinity Photo barangkali isa jadi solusi tepat. Aplikasi ini memang mempunyai hampir semua fitur yang mirip seperti Photoshop, dan jika kalian punya kemampuan dalam memaksimalkan atau menggunakan Photoshop, kalian juga bisa mempraktekkannya dengan aplikasi ini.

Kelemahan yang saya ketahui dari aplikasi ini ada dua, yaitu lebih sulit sekali untuk memahami pada awalnya jika kalian sudah terbiasa dengan Photoshop, dan aplikasi ini biasanya tidak mengizinkan untuk ‘smart objects’. Artinya adalah bahwa membuat maket 3D buku jadi sangat sulit.

Kalian masih bisa lah membuat gambar 3D sendiri, tapi itu bakal membuat lebih banyak pekerjaan daripada sekadar mengganti foto template sampul sendiri. Sisi positifnya adalah aplikasi ini jauh lebih murah dengan penggunaan waktu yang lebih panjang.

Aplikasi Edit Foto untuk Cover Novel



4. Aplikasi Blurb BookWright

Blurb BookWright sangat mudah digunakan sehingga memungkinkan orang atau siapa saja untuk menerbitkan buku, foto, majalah, dan juga novel khusus dalam format cetak atau e-book. Sebagai nilai tambahnya, aplikasi ini kini sudah menyertakan nomor ISBN gratis.

Dengan menggunakan aplikasi BookWright, kalian sebagai penulis bisa kemudian merancang dan menerbitkan buku cetak dan juga e-book dari file yang sama dan juga pada saat yang sama, semuanya ada di satu tempat. Aplikasi ini ialah satu-satunya aplikasi gratis yang sangat memungkinkan memberi pengguna nilai dan juga fleksibilitas desain.

Tersedia juga lho plugin Adobe Lightroom, Adobe InDesign, dan juga aplikasi untuk iPhone/iPad. Plugin ini dapat kalian akses untuk menyunting template sampul buku kosong di semua program dan perangkat.

Kelebihan aplikasi ini, tentu saja selain gratis dan intuitif untuk digunakan, juga bisa langsung dihubungkan dengan lancar ke distribusi Amazon. Dalam waktu yang tidak akan lama, kalian bisa membuat buku cetak atau e-book dan kemudian mulai menjualnya di Amazon.

5. Aplikasi GIMP

GIMP merupakan singkatan dari GNU Image Manipulation Program atau biasa disebut juga sebagai Program Manipulasi Gambar GNU. Aplikasi ini berfungsi sebagai penyunting gambar lintas platform yang tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac OS X. Yang paling penting dari aplikasi ini sepenuhnya gratis.

Sebagai pengguna GIMP, kalian bisa mengubah kode sumber dan juga bahkan bisa langsung mendistribusikan versi 'diperbarui'. Itu berarti banyak orang yang kemudian sudah mengembangkan plugin ini.

Aplikasi ini juga boleh disebut sebagai kit yang sangat profesional, tapi bukan yang paling bagus dan intuitif untuk digunakan. Sebab, aplikasi ini adalah open source dan tidak bisa dijadikan komersial seperti pilihan lain. Kemungkinan, kalian akan susah mendapatkan tutorialnya di YouTube.

6. Aplikasi PlaceIt

Meskipun aplikasi ini tidak secantik Canva, tapi PlaceIt sangat memberikan beragam pilihan template sampul buku dengan hadirnya alat yang bisa disesuaikan dan bisa membuatnya terlihat menonjol. Fitur terbaik dalam aplikasi web ini yaitu kalian bisa memilih template berdasarkan genre buku yang ingin kalian buat.

Fitur ini bakal memberimu cara terbaik untuk kemudian menentukan arah yang tepat agar sampul buku bisa jadi alat pemasaran yang katakan lah layak.

PlaceIt juga memiliki perpustakaan khusus foto cetakan, grafik, dan juga ilustrasi. Jadi kalian bisa mendapatkan sebuah gambar untuk sampul buku tanpa perlu mencarinya di luar situs.

7. Aplikasi Shutterstock Editor

Aplikasi Edit Foto untuk Cover Novel


Shutterstock Editor adalah aplikasi tata letak untuk beragam penggunaan, sehingga ia memungkinkan kamu untuk membuat konten yang layak dan tampak profesional untuk buku cetak dan juga buku online. Shutterstock Editor wort it untuk desainer sampul buku pemula atau juga oleh penulis yang menerbitkan buku sendiri.

Editor Shutterstock bakal memungkinkan kalian untuk memilih jutaan gambar dari perpustakaan Shutterstock dan ia menyesuaikan tipografi dan warna guna menghasilkan sampul buku yang benar-benar unik dan juga menarik. Selain itu, ada pula templat bawaan guna membuat berbagai media, termasuk untuk membikin sampul buku elektronik.

Jika dibandingkan dengan aplikasi edit foto untuk cover novel atau sampul buku lainnya, seperti Affinity Publisher, InDesign, dan QuarkXPress, Shutter Editor kini jauh lebih intuitif dan juga mudah digunakan untuk pemula. Aplikasi ini sudah dihosting secara online dan juga sudah sepenuhnya gratis untuk digunakan.

-

Demikin penjelasan kami soal aplikasi buat bikin cover novel, silakan digunakan satu-satu.

BACA JUGA: Cover Buku Novel dan Cara Saya Membuatnya
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url