Contoh Sinopsis Novel Paling Simple

Contoh Sinopsis Novel

Beberapa hari yang lalu, ada dua orang novelis yang bertanya kepada saya tentang gambaran atau contoh sinopsis novel.

Mereka meminta gambaran sinopsis novel, yakni untuk mereka pelajari. Sebab, salah satu kesulitan mereka dalam membuat novel, adalah saat bikin sinopsis.

Kebetulan juga, berhubung saya pribadi menyimpan sinopsis novel Negeri 5 Matahari, saya pun langsung menjelaskan sinopsis novel tersebut. Dan mereka pun langsung ngerti.

Nah, barangkali, pembaca blog saya ini ada yang sedang kebingungan juga cara bikin sinopsis itu kayak gimana, maka dari itu silakan amati penjelasan saya berikut ini.

Apa itu sinopsis novel?

Dikutip dari laman Wikipedia, sinopsis novel adalah suatu ringkasan cerita novel. Ringkasan novel di sini dalam bentuk pemendekan dari sebuah novel. Namun, meski begitu, harus tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik pada novel tersebut.

Membuat sinopsis ialah suatu cara yang efektif guna menyajikan karangan (novel) yang panjang dalam bentuk yang ringkas, simple, dan singkat.

Dalam sinopsis, keindahan gaya menulis atau bahasa, ilustrasi, dan penjelasan-penjelasan mesti dihilangkan, tetapi tetap harus mempertahankan isi dan gagasan umum dari pegarangnya.

Sinopsis biasanya selalu saja dibatasi oleh jumlah halaman, misalnya harus dua atau tiga halaman dari panjang karangan asli.

Untuk mempermudahnya, silakan amati sinopsis novel berikut ini dan silakan tiru, ya!


Contoh sinopsis novel Negeri 5 Menara

Alif lahir dan tinggal di pinggir Danau Maninjau. Ia tidak pernah menginjak tanah di luar ranah Minangkabau. Masa kecilnya seorang pemburu durian runtuh di rimba Bukit Barisan. Ia suka bermain bola di sawah berlumpur dan tentu saja mandi berkecipak di air biru Danau Maninjau.

Tiba-tiba saja, dia harus naik bus tiga hari tiga malam dengan maksud harus melintasi punggung Sumatera dan Jawa menuju sebuah desa yang berada di pelosok Jawa Timur. Ibunya ingin sekali dia menjadi Buya Hamka walau Alif sebenarnya ingin menjadi Habibie.

Dengan setengah hati, dia kemudian mengikuti perintah Ibunya: yakni belajar di pondok. Di kelas hari pertamanya di Pondok Madani (PM) itu, Alif terkesima sama “mantra” sakti man jadda wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh, pasti bakal sukses.

Dipersatukan dengan hukuman jewer berantai, Alif berteman dekatlah dengan Raja dari Medan, Said dari Surabaya, Dulmajid orang Sumenep, Atang dari Bandung, dan Baso adalah warga Gowa. Di bawah menara masjid yang amat menjulang, mereka berenam kerap menunggu maghrib sembari menatap awan lembayung yang berarak pulang menuju ufuk.

Bagaimanakah perjalanan mereka ke ujung dunia ini dimulai? Siapakah horor nomor satu di antara mereka? Mari Ikuti perjalanan hidup yang sangat inspiratif ini langsung dari mata para pelakunya. Negeri Lima Menara merupakan buku pertama dari sebuah trilogi.

Baca juga: Cara buat sinopsis novel  

Cara menulis sinopsis novel

1. Memiliki kejelasan

Sinopisis ini cukup diungkapkan saja dengan memberikan gambaran alur cerita, konflik yang dihadapi oleh para tokoh, dan latar cerita ditulis dengan ringkas. Dengan adanya penyajian sinopsis yang jelas, itu sudah cukup untuk memancing rasa penasaran pembaca untuk membeli dan membaca novel.

Proses pengetikan juga harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai ada atau terjadi pemborosan kata sehingga menghabiskan banyak ruang dalam kertas. Novelis itu harus dapat menggunakan jasa penulis untuk membantu desain tulisan supaya dapat memaksimalkan kertas karena sinopsis biasanya terletak di sampul belakang.


2. Alurnya berkesinambungan

Alur yang runtut atau berkesinambungan bakal membuat si pembaca menikmati setiap isi novel. Upayakan juga dalam sinopsis, setiap peristiwa dalam alurnya mesti tersampaikan dengan baik. Berikan kesan pertama yang katakan lah menyenangkan ketika pembaca melihat sinopsis. Jangan sampai, ada istilah alur yang tidak jelas.

Dalam penyajian alur, dapat dibuat skema, perkenalan – konflik – penyelesaian. Skema ini dapat mewakili pada keseluruhan isi novel, dari awal penceritaan, kemudian konflik yang dihadapi sama tokoh sampai pada akhir dari novel tersebut. Tentu yang dituliskan cukup garis besarnya aja, agar pembaca timbul rasa penasaran.

3. Gaya menulis sinopsis sebaiknya mudah dipahami

Bahasa yang sederhana bakal memudahkan pembaca dalam memahami alur novel. Gunakan juga kosa kata yang mudah dipahami sama pembaca, agar nanti tidak merepotkan si pembaca dalam mengartikan. Usahakan menggunakan gaya bahasa yang digunakan tidak mengganggu alur cerita.

Pastikan juga proses penggunaan bahasa dengan menghindari kosa kata dan juga istilah asing dalam novel.

4. Ada ajakan membaca terhadap isi novel kepada pembaca

Selain bahasa yang harus gampang dipahami, pastikan juga dalam sinopsis itu terdapat ajakan kepada pembaca.

Apabila novelis sedang menggunakan jasa penulis, maka novelis bakal terbantu memilih diksi-diksi persuasif guna mempengaruhi si pembaca.

Barangkali itulah contoh sinopsis novel. Semoga bermanfaat!

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url