Cover Buku Novel dan Cara Saya Membuatnya

Cover Buku Novel


Bicara soal cover buku novel, maka pembahasannya tidak jauh dari bagaimana cara membuatnya. Dulu, saya pun begitu mikirnya pas awal-awal menyelesaikan naskah novel pertama.

Akan tetapi, pikiran cara membuat sampul novel, kini sudah tidak terpikirkan lagi oleh saya. Sebab, pertama, saya sudah punya tim yang jago mendesain cover novel.

Dan kedua, para penerbit yang bekerjasama dengan saya, mereka sudah memfasilitasinya. Bahkan, dikasih opsi cover. Sehingga, penulis novel tinggal memilihnya saja.

Wajar sih kalau kalian mencari tahu soal cara buat cover novel. Sebab, memang, tidak semua penulis mampu membuat cover novelnya. Kemampuan penulis, mungkin, hanya menulis, bercerita, dan menyunting naskah novel.

Sedangkan soal bikin cover, bagi beberapa penulis, tidak memiliki kemampuan seperti itu. Maka, beberapa penulis pun pasti akan merasakan kebingungan juga seperti saya saat naskah novel sudah tamat.

Hal yang perlu dilakukan oleh seorang penulis (langkah pertama) ketika butuh sampul novel, adalah harus bekerjasama dengan penerbit yang sudah memfasilitasi penerbitannya dengan pembuatan cover.

Katakan lah pas membayar biaya penerbitan, sudah lengkap semuanya. Mulai dari cover, editing, sampai dijual di marketplace-marketplace ternama.

Hanya saja, tidak semua penerbit indie menggunakan sistem seperti itu. Maka, dalam hal ini, saya boleh dikatakan beruntung punya relasi penerbit indie yang lengkap sekali. (By the way, kalau kalian butuh penerbit untuk menerbitkan naskah novel kalian pribadi, silakan hubungi saya melalui kontak kerjasama di blog ini).

Langkah kedua adalah menyiapkan modal buat membayar jasa pembuatan cover. Ini yang saya lakukan pada tiga tahun lalu. Dan sekarang, saya punya tim sendiri yang bisa ngedit cover. Kalau kalian butuh jasa design cover novel, boleh hubungi saya juga.

Langkah terakhir, sekaligus cara paling gratis, adalah membuat sendiri melalui Canva. Itupun kalau kalian punya keahlian di bidang ngedit atau bikin cover.

Baiklah, untuk memahami artikel ini, berikut penjelasan saya soal cover novel.

Baca juga: Cara Membuat Testimoni Novel


Cara bikin cover buku novel lewat dua cara, lengkap dengan hal-hal yang mesti kalian persiapkan

Begini.

Dalam memasarkan novel pribadi, fungsi cover menurut saya terbilang krusial banget. Kini banyak pembaca muda yang seolah ketika ngeliat novel covernya bagus, mereka langsung membelinya.

Cover yang jelek, dan bukan seorang penulis terkenal, bakal agak kesulitan saat menjual karya pribadi. Kecuali kalau kamu sekelas Tere Liye, cover bagaimanapun ilustrasinya, kemungkinan dibeli.

Nah, sekali lagi saya katakan bahwa tidak semua penulis novel mampu membuat cover novelnya. Maka dari itu, butuh bantuan penerbit dan jasa pembuatan cover novel.

Keresahan kalian dalam membuat sampul novel akan enyah ketika melakukan dua cara di bawah ini.

Terbitkan novel di penerbit indie

Cara pertama, terbitkan novel lewat penerbit indie.

Kenapa?

Kalau penerbit mayor itu memang sudah jelas bakal dikasih gambaran cover novelnya (malah gratis. Mereka ikut tanggung jawab), tapi boro-boro mengarah kesitu, untuk bisa lolos seleksi atau tembus penerbit mayor saja lumayan sulit. Apalagi bagi seorang penulis pemula.

Oleh karena itu, terbitkan saja naskah kalian di penerbit indie yang sudah menyediakan cover novel saat membayar biaya penerbitan. Ini lebih simple saja. Dan saya pun kerap menggunakannya.

Kedua, kontak jasa pembuatan cover novel

Ini lebih murah, dan kita bisa request sendiri sesuai dengan keinginan kita. Mulai dari warna, gambar, font, nama pena, dan masih banyak lagi. Biasanya harga yang ditawarkan itu senilai 150K. Bahkan ada yang lebih murah lagi dari itu.

Hal yang perlu kalian persiapkan adalah tingkat relevansi isi cerita dengan cover. Dan saya yakin tidak perlu dijelaskan soal ini mah. Kalian sendirilah yang bisa menentukan mana cover terbaik buat novel sendiri.

Itulah penjelasan cover buku novel.

Sekian.

BACA JUGA: Cara Membuat Rak Buku
Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url