Cara Membuat Poster Novel agar Kelihatan Menarik

Cara Membuat Poster Novel


Ada banyak hal yang membikin saya senang selama menggeluti dunia buku. Mulai dari proses pembuatan buku tersebut sampai naskah berhasil terbit. Dan rasa senang itu berlanjut terus ketika buku novel saya dan juga wajah saya terpampang dalam poster.

Poster yang menampilkan wajah saya biasanya poster yang menunjukan bahwa novel saya akan dilaunchingkan. Atau bisa juga untuk promosi novel sendiri di media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Akan tetapi, sayangnya, tidak semua penulis tahu tentang bagaimana membikin poster novel untuk memasarkan novelnya di sosmed.

Nah, oleh karena permasalahan itu, saya ingin berbagi kepada teman-teman semua mengenai cara membuat poster novel. Poster novel yang katakan lah kelihatan menarik di mata audience atau pembaca kita.

Apa itu poster novel?

Dikutip dari laman Wikipedia, poster merupakan karya seni atau desain grafis. Ia memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas dengan ukuran besar atau kecil.

Pengaplikasiannya pada poster yakni dengan ditempel di dinding atau bisa juga di permukaan datar lainnya dengan tujuan mencari perhatian mata banyak orang sekuat mungkin. Karena itulah poster biasanya dibuat dengan tampilan warna-warna kontras dan kuat.

Poster dari dulu bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi, dan dekorasi. Selain itu, ia bisa pula berupa salinan karya seni yang populer.

Sementara itu, poster novel bisa kita arahkan atau tujukan di dunia digital. Ia tidak perlu repot-repot ditempelkan di dinding, namun bisa kita unggah di media sosial sebagai sarana promosi atau ajakan orang agar membeli novel atau datang ke acara novel yang kita selenggarakan.

Acara-acara yang berkaitan dengan novel, kategorinya boleh dibilang acara literasi. Di acara literasi itulah poster menjadi daya tarik sendiri. Entah itu isi posternya nanti untuk acara bedah buku, launching novel, dan masih banyak lagi.

Seorang penulis biasanya posternya sudah dibuatkan oleh tim penerbit. Tim penerbit yang bekerja sebagai desain grafis. Namun, untuk mempromosikan novel sendiri, sebaiknya seorang penulis novel harus bisa lah. Minimal sedikit tahu tata cara buat poster novel tersebut agar sesuai selera sendiri.

Lantas, bagaimana cara membuatnya?

Cara membuat poster novel

Buat poster novel di Canva!

1). Silakan akses situs Canva atau download aplikasinya di Playstore

Cara pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan mengakses www.canva.com atau langsung buka di hp. Jika sudah, pilih jenis desain “Sampul/Poster Kindle”. Bisa juga masukkan dengan dimensi versi Anda sendiri.

2). Tentukan desain template yang terbaik

Galeri Canva selalu diisi oleh berbagai macam layout yang telah didesain dengan cara profesional. Tentukan desain poster atau cover terbaik yang kalian inginkan atau pilih juga berdasarkan genre, seperti poster anak, buku anak, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Blurb Novel

3). Akses juga jutaan gambar dari stok Canva

Unggah foto kalian sendiri atau pilih lebih dari 1 juta stok gambar

4). Edit poster sesuai selera

Perbaiki gambar kalian, lalu tambahkan filter keren dan edit juga teksnya dengan ajakan datang ke acara yang kalian selenggarakan

5). Simpan dan bagikan

Save gambar yang sudah kalian bikin sendiri, lalu bagikan ke sosmed!

Kesimpulan

Cara membuat poster novel yang dapat saya rekomendasikan hanya lewat aplikasi Canva saja. Melalui apk ini, kalian juga bisa membuat cover novel Wattpad maupun cover buku lain untuk platform menulis online kalian.

Dan saya rasa, orang-orang yang tidak memiliki bakat ngedesain, tapi pas mencoba ngedit-ngedit di Canva, pasti bisa. Oleh sebab itu, silakan berkarya sendiri membikin poster novel di aplikasi tersebut.

Sekian.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url