Cara Mengirim Naskah Novel ke Penerbit berdasar Pengalaman

Cara Mengirim Naskah Novel ke Penerbit


Sebelum saya ngasih tahu cara mengirim naskah novel ke penerbit, kalian harus tahu dulu macam-macam penerbit. Bahwa, ada empat jenis penerbitan buku.

Pertama, penerbit mayor. Ini adalah jenis penerbit besar. Sebut saja salah satu contohnya Gramedia. Kalau naskah kalian diterima sama penerbit besar ini, praktis buku novel kalian bakal ada di toko buku Gramedia.

Kedua, penerbit indie. Ada penerbit indie berbayar dan ada juga penerbit indie yang suka menyeleksi naskah. Ketiga, self publishing (menerbitkan buku sendiri).

Dan keempat, saya menyebutnya penerbit gratisan, contohnya penerbit Guepedia. Buat yang pengin tahu penerbit gratisan ini, silakan baca artikelnya: review penerbit Guepedia.

Jenis-jenis penerbitan di atas, adalah hasil pengamatan saya di dunia penerbitan buku. Keempatnya jelas berbeda. Ada kelebihan dan juga kekurangannya.

Namun, ada kesamaan dari keempat penerbit buku ini, yakni cara ngirim naskah novel kepada keempat jenis penerbitan ini semuanya sama, yaitu kebanyakan lewat email.

Akar masalah dari postingan ini adalah, banyak penulis pemula yang tidak tahu cara ngirim naskah lewat email. Dan padahal, ada solusi lain juga, maksud saya tidak semua naskah harus dikirimkan melalui email.

Lantas, lewat apa saja?

Untuk mengetahui panduan ngirim naskah buku novel ke penerbit lewat email dan melalui cara lainnnya, silakan simak penjelasannya berikut ini:

Cara mengirim naskah novel ke penerbit

1. Cara kirim naskah novel ke penerbit lewat email

Mari kita bahas melalui email dulu. Ini merupakan salah satu syarat dan ketentuan yang mesti dipenuhi oleh seorang penulis. Dan banyak penerbit yang mengarahkan dalam websitenya agar naskah penulis novel dikirim saja melalui email.

Caranya gampang, perhatikan gambar di bawah ini. Lalu ikutin panduannya oleh kalian semua. Saya pikir contoh gambar di bawah ini terkesan sopan.

Cara Mengirim Naskah Novel ke Penerbit lewat Email

Jadi, isi kepada: alamat email penerbit
Subject: Buku Novel - (nama kalian)
Badan email: isi sefriendly mungkin. Salam, sapa, dan kasih kata-kata pendek. Singkat dan jelas maksud ngirim emailnya.

Lalu lampirkan naskahnya. Kirim deh.

2. Cara kirim naskah novel dalam bentuk hardcopy

Apakah di zaman digital ini masih banyak naskah dalam bentuk hardcopy, lalu dikirimkan ke penerbit? Saya pikir sudah jarang. Bahkan, sudah tidak ada, mungkin. Kalau zaman dulu memang caranya begini.

Tapi, denger-denger, masih ada lho penerbit yang meminta kepada penulisnya agar naskah mentahannya diprint dulu, lalu dikirimkan ke alamat penerbit. Katanya agar mudah direvisinya. Agar ada coretan-coretannya, kayak skripsi.

Nah kalau kalian kelak mendapatkan informasi bahwa naskah kalian harus diprint dulu, maka caranya kirim naskah hardcopy itu ke alamat penerbit.

Alamat penerbit dapat kalian temukan di webiste si penerbit yang kalian tuju. Atau, bisa kalian cari di akun sosial medianya, kayak di informasi Facebooknya, Instagramnya, dan lain-lain.

Setelah itu, kirimkan saja.

Contohnya alamat penerbit di bawah ini yang saya temukan di websitenya penerbit Deepublishing.

Alamat Penerbit Deepublishing

 

Baca juga:
Cara Menulis Novel bagi Penulis Pemula

3. Cara kirim naskah novel lewat WA

Bisa juga lho naskah dikirimkan lewat WA dalam bentuk PDF atau format .word. Ini adalah solusi terakhir bagi orang-orang yang barangkali takut ada kesalahan pas kirim naskah lewat email.

Jenis penerbit ini biasanya penerbit agensi, kayak blog penulis Garut ini. Kami menerima kiriman naskah lewat WA.

Lewat WA, barangkali akan terlihat friendly saja. Meskipun kesannya tidak profesional. Namun, kami tidak memikirkan hal itu. Yang penting naskah penulis yang ingin kerjasama dengan kami berhasil diterbitkan dan kemudian dicetak dalam bentuk buku fisik.

Sesederhana itu cara berpikir kami. Sebab, kami yakin, pasti ada penulis yang phobia ngirim email. Sehingga, kami membuat aturan kirim naskah lewat WA.

Nah, kalau kalian ingin menerbitkan buku lewat blog penulis Garut, silakan hubungi kami melalui WA. Dengan demikian, naskah kalian bakal berhasil menjadi buku. Sebab, biaya penerbitan dan percetakan juga murah.

Mungkin itu saja tata cara mengirim naskah novel ke penerbit. Utamanya perhatikan poin pertama terkait cara kirim naskah lewat email agar kalian tidak keliru pas proses pengiriman naskah.

BACA JUGA: Cara Membuat Naskah Novel untuk Dikirimkan ke Penerbit
Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url