3 Cara Membuat Ilustrasi Novel agar Tampak Menarik

Cara Membuat Ilustrasi Novel


Sebagai orang yang pernah bekerja di dunia penerbitan buku, saya ingin mengatakan bahwa, betapa menariknya jika ada sebuah naskah novel yang masuk ke redaksi saya, lalu dilengkapi dengan ilustrasi.

Sebab, ilustrasi kini tidak hanya dikaitkan dengan komik saja, namun ilustrasi pun boleh dimasukkan ke dalam sebuah novel.

Akan tetapi, pertanyaannya adalah: bagaimana cara membuat ilustrasi novel? Berhubung, tidak semua penulis bisa bikin ilustrasi untuk novelnya. Penulis biasanya fokus menulis saja, tidak memikirkan gambar pendukung pada isi novelnya.

Nah, untuk mengetahui panduan dalam membuat ilustasi pada novel, silakan simak penjelasan saya di bawah ini.

Saya akan memandu kalian tentang cara membuat dan menyelipkan sebuah ilustasi dalam lembar halaman novel. Meskipun tidak semua halaman dapat diisi dengan ilustrasi, tapi  saya rasa postingan ini perlu kalian simak.

Berikut adalah penjelasannya:


Apa itu ilustrasi novel?

Ilustrasi dalam naskah novel, boleh dibilang berfungsi sebagai gambar pendukung. Ilustrasi terbilang baik kegunaannya apabila isi buku atau novel kalian berangkat dari pengalaman pribadi.

Beberapa tahun lalu, saya pernah menyunting sebuah naskah yang, diambil dari kisah nyata, dan juga gambar pendukungnya pun diambil dari jepretan pribadi. Sebut saja, latar waktu dan setting yang terdapat dalam novel tersebut, foto-fotonya diunggah dari kehidupan nyata.

Apa yang pembaca rasakan ketika membaca sebuah novel, lalu ada ilustrasinya? Berdasar penelitian yang saya lakukan, kebanyakan pembaca mengatakan bahwa, membaca novel jadi tidak membosankan. Apalagi ilustrasinya itu dilengkapi dengan kata-kata atau kutipan-kutipan menarik.

Nah, ada juga ilustrasi novel itu gambarnya abstrak. Maksud saya, kalian sebagai penulis, boleh membuat ilustrasi dalam bentuk apapun. Yang tidak dimengerti sama pembaca pun, boleh. Foto aneh dan nggak ngerti di akal pun, boleh disematkan. Selagi ilustrasi tersebut aman bagi pembaca.

Cara membuat ilustrasi novel

Ada tiga cara yang dapat saya informasikan kepada kalian terkait tema ilustrasi novel ini. Berikut gambarannya:

Cara pertama bikin ilustrasi novel

Cara Bikin Ilustrasi Novel


Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan membuatnya sendiri melalui aplikasi pihak ketiga di Android. Cara ini gratis, tetapi kalau tidak memiliki skill ngedit, biasanya agak kesulitan.

Akan tetapi, kalau kalian ingin belajar sendiri, silakan unduh aplikasi PicsArt. Ini adalah aplikasi edit gambar atau bikin gambar sendiri. FItur-firur buat ngedit dalam aplikasi PicsArt cukup komplit.

Saya pribadi menggunakan PicsArt biasanya buat thumbnaill blog. Seperti thumbnaill dalam postingan ini.

Nah, hal yang perlu kalian lakukan adalah mengunduhnya, lalu kulik sendiri. Kalian bisa lihat tutorialnya di YouTube dan utas-utas menarik yang ada di Twitter.

Dalam kurun waktu sebulan, saya pastikan, kalian mampu membuatnya!


Cara kedua bikin ilustrasi novel dengan menghubungi jasa ilustrasi

Cara ini memang tidak gratis, alias: kalian harus bayar. Namun, meski bayar, saya yakin, hasil ilustrasi pada novel kalian akan tampak menarik. Sebab, kalian langsung dibuatkan oleh orang yang ahli dibidangnya.

Jasa pembuatan ilustrasi novel banyak bertebaran di Google. Atau, kalau kalian butuh banget, bisa hubungi saya. Saya punya teman yang jago banget bikin ilustrasi novel.

Bagaimana cara menghubungi saya untuk diajak kerjasama project-an ilustrasi novel (atau sekalian pengin nerbitin novelnya)? Silakan klik kontak kerjasama di bagian navigasi bawah blog ini.

Cara ketiga, potret sendiri, lalu gunakan filter

Ini adalah cara yang pernah dilakukan oleh salah satu penulis yang sudah bekerjsama dengan blog ini. Effort dia bagus banget. Dia sengaja memotret tempat-tempat yang dicantumkan dalam novelnya.

Dan sekali lagi saya katakan bahwa, cara ketiga ini biasanya untuk novel bergenre pengalaman pribadi. Tapi, novel hasil imajinasi pun bisa, asal harus relevan saja dengan isi novel yang kalian buat.

Maksud saya, kalau setting-nya di taman, yaaa potretlah sebuah taman. Sesederhana itu, sih. Jangan lupa, pakai filter "komik". Di PicsArt ada. Silakan.

Manfaat sebuah novel jika dilengkapi dengan ilustrasi

Salah satu manfaat dari kehadiran ilustrasi pada sebuah novel, adalah untuk mempercantik novel saja. Untuk mendapatkan feel bagi pembaca saja.

Selebihnya, barangkali, buat ngusir kebosanan membaca novel yang memang kebanyakan isi novel, kan, text semua. Dan saya pun selalu meyakini bahwa, pembaca akan suka dengan hadirnya ilustrasi. Asal jangan kebanyakan aja.

Barangkali itulah cara membuat ilustrasi novel yang bisa saya bagikan. Sekian.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url