MTL Novel Indonesia: Cara Saya Mengaksesnya

MTL Novel Indonesia

MTL Novel Indonesia atau yang disebut dengan Machine Translation adalah cara terbaik bagi pembaca novel luar negeri agar novel kesukaannya dapat diakses melalui bahasa Indonesia.

Bagi penggemar novel yang masih kurang paham betul bahasa Inggris, tentu saja Machine Translation sangat membantu kita untuk mengetahui keseruan cerita novel dari penulis-penulis luar yang bagus sekali alur cerita novelnya.

Membaca novel luar negeri pun bermanfaat sekali bagi kita. Salah satunya untuk dijadikan sebagai rujukan atau referensi tulisan kita kedepannya.

Dan dapat saya simpulkan juga bahwa kegunaan MTL Novel yakni untuk menerjemahkan novel secara online. Sebab, novel dalam bentuk buku fisik sudah ada penerbit buku khusus untuk mencetak novel-novel terjemahan.

Perlu kalian ketahui juga bahwa MTL Novel tidak hanya menerjemahkan novel berbahasa Inggris. Mulai dari novel Jepang, China, dan Korea dapat diterjemahkan juga. Itu sebabnya, orang Indonesia yang mencintai novel Jepang dan Korea kerap menggunakan MTL Novel ini.

Hanya saja tidak semua orang dapat mengakses MTL Novel. Maka dari itu, saya akan memandu kalian supaya dapat mengakses Machine Translation dengan mudah.


Cara menggunakan MTL Novel Indonesia

Perlu saya discalimer dulu bahwa berbagai cara yang akan saya bahas di sini, adalah cara saya sendiri. Sebut saja berdasar pada pengalaman pribadi.

Sebab, tidak semua penggemar novel luar melakukan cara yang sama untuk mengakses MTL Novel. Mungkin ada cara terbaik lainnya.

Baik lah, berikut adalah penjelasannya:

1. Gunakan komputer atau laptop. Sebab, kalau pakai ponsel, tidak dapat diakses dengan mudah. Dan sulit buat mengambil ss-an.

2. Install aplikasi Bluestack lewat App Store.

3. Siapkan akun Google untuk log in di aplikasi tersebut.

4. Download lah beberapa novel kesukaan kalian yang berbahasa Inggris, Jepang, atau bahasa Korea tersebut di Play Store, lalu jalankan di Bluestack.

5. Lakukan pendaftaran. Nanti kalian bakal disuruh untuk menyertakan data-data seperti nama, email, dan lain sebagainya.


6. Kalau sudah log in, novel yang kalian pilih untuk diterjemahkan sudah dapat diakses.

7. Untuk aplikasi tambahan, silakan install aplikasi OCR. Fungsi aplikasi ini yakni untuk mengubah gambar menjadi sebuah text.

8. Silakan benerin atau rapikan text yang sudah dihasilkan dalam aplikasi tersebut.

9. Terjemahkan novel ke dalam bahasa Indonesia menggunakan Papago/Google Translate

10. Selesai.

Mengenal tentang MTL Novel lebih lanjut

Menurut situs MTL Indonesia, MTL Novel merupakan situs penerjemah novel mentahan. Maksudnya, mereka akan menggunakan terjemahan novel dengan memaksimalkan mesin otomatis (MT). Sehingga, mereka dapat menerjemahkan novel lebih cepat daripada terjemahan hasil pemikiran manusia.

Alasan mereka membuat situs ini karena mereka melihat bahwa, ada beberapa penerjemah manual yang agak lambat dalam menerjemahkan novel ringan. Oleh karena itu, jika pembaca novel tidak cukup sabar untuk menunggu terjemahan manual dari novel favorit, mtl novel lah, dengan terjemahan mesinnya adalah solusi terbaik.

Lewat situs MTL Novel, ada banyak novel yang sudah dipajang. Sebagian novel mereka sudah dibaca oleh jutaan orang. Bahkan, untuk mempermudah penggunanya dalam mengakses novel, mereka menyediakan fitur trending harian, mingguan, dan bulanan.

Genre yang tersedia macam-macam. Sehingga kita tidak akan bosen mengaksesnya. Barangkali, itu saja penjelasan soal MTL Novel Indonesia. Selamat mencoba!
Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url