Novel Cinta Dalam Diam, Review Singkat dari Penggemarnya!

Novel Cinta Dalam Diam


Novel cinta dalam diam adalah salah satu novel populer di Wattpad yang kemudian diterbitkan dan dicetak dalam bentuk buku. Novel ini sebenarnya sudah berusia lama. Saat saya masih berjualan buku saja, eksistensinya sudah bagus. Dan banyak orang-orang yang membeli novel ini.

Novel ini, by the way, menceritakan kisah cinta dua insan yang mempunyai kepribadian bertolak belakang. Mereka adalah sosok bernama Zahra dan Ali. Kisah cinta mereka bisa menuju atau sampai ke tahap pelaminan disebabkan karena buah hasil perjodohan orang tua mereka masing-masing.

Novel ini sih bagusnya karena dikemas dengan sangat menarik. Ia menggabungkan kisah romansa dan juga Islami yang bikin pembacanya menjadi terhibur.

Dengan memaksimalkan sudut pandang orang ketiga, maka novel ini membuat pembaca mudah memahami perasaan dari setiap karakter tokohnya. Selain itu, novel ini pun menggunakan alur maju mundur. Sebab, ada bagian yang sedang menceritakan masa lalu tokohnya.

Ada juga salah satu cuplikan kisah pada novel ini yang sangat berkaitan dengan dalil agama. Contohnya adalah ketika Zahra marah kepada Ali hingga tidur dan membelakangi Ali. Dalam agama Islam ketika tidur itu dilarang untuk membelakangi suami.

Dengan bekal ilmu agama yang dimiliki Zahra, ia tetap tidur dengan posisi tubuhnya dan juga pandangannya ke atas. Ia menyelimuti dirinya sampai ke kepala.

Baca juga: Cara Membuat Novel Islami  

Review Singkat novel Cinta Dalam Diam

Dikisahkan ada seorang gadis lugu dan juga keras kepala bernama Zahra. Kesehariannya suka mengenakan celana jeans dan kemeja. Suatu ketika, Zahra kemudian diminta ibunya untuk menggunakan gamis guna menghadiri pengajian rutin di rumah Tante Anisa.

Zahra jelas menolak dan ia lebih memilih membaca buku sambil mengelilingi taman di rumah Tante Anisa. Berkat buku yang kemudian sempat dibaca Zahra tentang mulianya seorang Fatimah Zahra, ia lalu membulatkan tekadnya untuk mengenakan baju gamis dan juga memperdalam ilmu agama lebih giat.

Pertemuan pertama antara seorang Ali dan Zahra adalah saat Zahra dipanggil oleh ibunya, dengan langkahnya yang sangat terburu-buru, dan akhirnya Zahra tersandung batu karena ia ceroboh.

Ketika jatuh, Ali melontarkan perkataan pedas dan sangat tidak sopan kepadanya. Hal itulah yang menjengkelkan perasaan Zahra dan ia menilai bahwa, Ali merupakan orang yang ketus dan cuek.

Orang tua Ali dan Zahra secara diam-diam menjodohkan mereka. Sifat Ali yang amat soleh dan patuh membuat dirinya tidak bisa menolak. Sebab, ia berpikir bahwa jika menentang perintah sang ibu maka ilmu yang akan dimiliknya tidak akan mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Kemudian Zahra, gadis polos yang sangat ceroboh tidak bisa menolak perjodohan itu sebab tidak ingin ibunya marah. Di hari pertama setelah pernikahan, Zahra kemudian sadar bahwa suaminya tidak mencintainya. Ternyata Ali mencintai masa lalunya, Ayana, yang merupakan Ayana ini sepupu Zahra. Ali mencitai Ayana dalam hening ayau diam.



Kabar itu pun mengiris hati Zahra dengan sangat pedih. Zahra merasa bahwa ia menghalangi hubungan asmara Ali dan Ayana. Dan pada akhirnya, Zahra memutuskan untuk menerima semua pilihan Ali. Asal ia bisa membuat Ali mendapatkan kebahagiaan meskipun hatinya akan terluka. Dirinya yakin bahwa akan ada hal indah dari Allah dari sifat sabarnya itu.

Setelah segala hal menyakitkan itu terjadi, Ali akhirnya tersadar dan kemudian melupakan cinta pertamanya, Ayana. Sifat Ali yang amat egois berujung kepada sebuah penyesalan yang membuat hatinya sakit.

Cinta Ali pun terhadap Zahra tumbuh setelah medapatkan teguran dari sang Maha Kuasa. Ditambah lagi, hadirnya Andra yang mengungkapkan kepada Ali bahwa Andra sudah menyimpan rasa untuk Zahra.

Pandangan saya terhadap novel ini

Ini adalah salah satu novel yang dapat dijadikan contoh sama pengguna Wattpad. Bahwa, meski aplikasi ini tidak kelihatan Islami, namun jelas bahwa sudah banyak anggota WP yang menulis novel dengan genre tersebut.

Dan memang sudah terbukti bahwa menulis di Wattpad bisa membuat terkenal dan naskah dijadikan sebuah buku. Di Wattpad itu tidak ada istilah pilih-pilih. Ketika ada naskah yang dibaca sampai jutaan orang, maka besar kemungkinan cerita novel tersebut dijadikan buku oleh penerbit yang sengaja mencari naskah ke Wattpad.

Demikian, itulah review novel cinta dalam diam.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url