Rekomendasi Baca Novel Online Gratis Romantis lewat 5 Aplikasi Ini

Baca Novel Online Gratis

Ada sebagian orang yang bertanya kepada saya tentang aplikasi mana saja sih untuk bisa baca novel online gratis romantis. Tipe pembaca ini memang sudah dapat saya tebak. Mereka adalah orang-orang yang doyan banget membaca novel romance.

Dan dari pertanyaan itu membuktikan bahwa genre novel yang paling diminati pembaca, salah satunya adalah genre romance. Maka memang tidak heran apabila banyak platform menulis novel online yang selalu saja menerima cerita novel bertemakan romance.

Pada dasarnya, berdasar pengalaman, menulis novel dengan genre romance itu agak susah. Sebab, saat membuat plot cerita, kadang suka takut menyerupai novelis lain. Sehingga, ketika kirim naskah ke aplikasi menulis novel, kecenderungan ditolaknya besar. Ditambah lagi, persaingan tinggi.

Akan tetapi, lewat artikel ini, saya tidak akan bercerita masalah kepenulisan. Ini lebih kepada: situs atau aplikasi mana saja yang menyediakan novel online romantis, yang dapat diakses secara gratis. Dan aplikasi mana saja yang katakan lah terbaik.

Baik, langsung saja.

Daftar aplikasi baca novel online gratis romantis

1. Baca novel online gratis melalui Wattpad

Ini dia aplikasi baca novel yang menyediakan berbagai macam cerita romance. Semua subgenre romance, hampir ada di Wattpad. Dan itu sebabnya, selain banyak novelis yang berkarya di WP, banyak pula pembaca yang memang berkunjung ke WP hanya untuk membaca, bukan menulis.

Apakah Wattpad gratis?

Jelas, kalian tinggal melakukan pendaftaran saja. Isi formulir pendaftarannya dengan benar, lalu verifikasi, dan selesai. Lalu silakan log in, dan silakan juga baca semua cerita romance yang dikarang sama penulis WP.

Barangkali kekurangan Wattpad hanya pada gaya tulisan para penulisnya yang masih jauh dikatakan rapi. Tapi, buat sekadar baca-baca mah, lumayan lah.

2. Baca novel online gratis melalui Fizzo

Berbeda dengan Wattpad, Fizzo lebih modern. Dan tentu saja gaya tulisan para penulisnya, rata-rata bagus semua. Pihak Fizzo juga kedekatan dengan penulis dan pembacanya terbilang baik. Sehingga, mudah bagi mereka untuk menarik pembaca dan memikat hati penulis.

Bagi penulis yang berkiprah di Fictum atau Fizzo, ada banyak bonus yang mereka (pihak Fizzo) berikan. Dan bagi pembaca yang suka cerita romantis, mereka menyediakan ruang cukup besar. Satu-satunya dari sekian banyak kelebihan Fizzo adalah, mereka menawarkan cerita novel online dengan fantastis.

Mau baca cerita tentang kisah percintaan seorang CEO lah, bad boy lah, ada!


3. Baca novel online gratis melalui NovelMe

NovelMe juga bagus sih, menurut saya. Sebab, ada banyak novel yang seringkali trending setelah diterbitkan sama NovelMe.

Setiap saya membuka Google Trend, minimal ada satu naskah novel di NovelMe yang pembacanya membludak.

Berdasar penelitian, ada beberapa novel yang dapat dibaca secara gratis di NovelMe. Dan ada pula beberapa novel yang dikunci. Overall, novel-novel di NovelMe kebanyakan romance juga genrenya. Dan ini cocok bagi kalian yang suka membaca cerita romantis.

Kalau kalian tertarik menulis di aplikasi baca novel yang satu ini, silakan baca artikel saya tentang: cara menulis di NovelMe.

4. Baca novel online gratis melalui NovelToon

Ini dia aplikasi menulis dan membaca yang sebut saja kiprahnya sudah lama. Dan mereka masih eksis sampai sekarang. Boleh dibilang, anggotanya sudah banyak. Alias, penggunanya sudah membludak.

Kalian tinggal sign up aja, lalu pilih beberapa novel yang memang dapat dibaca secara gratis. Meskipun saat ini NovelToon update-nya sangat lama, tapi itu, kan, bagi penulis, ya.

Beda lagi buat pembaca, tinggal baca aja, sih. Nggak istilah gangguannya soal baca novel mah, kecuali mungkin di beberapa aplikasi lain yang belum tersohor eksistensinya.

5. Baca novel online gratis melalui Dreame

Ini aplikasi yang juga menyediakan cerita romance. Dan sudah banyak penulis yang berkarir di sini dengan menulis cerita romance yang isi ceritanya atau alur ceritanya, hebat-hebat, deh.

Dreame sama dengan Innovel. Keduanya, memberikan tulisan-tulisan luar biasa bagi pembaca. Pembaca novel tinggal pilih aja beberapa novel yang dapat diakses secara gratis, tanpa perlu membayar tentunya.

Barangkali itulah ulasan tentang situs baca novel online gratis romantis. Selamat mencoba satu-satu!

BACA JUGA: Menulis di Dreame
Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url