5 Genre Novel yang Paling Diminati Pembaca

Genre Novel yang Paling Diminati Pembaca


Sebagai penulis novel, saya menganggap bahwa penting sekali untuk mengetahui genre novel yang paling diminati pembaca. Terutama juga bagi penulis-penulis yang tidak hanya fokus menulis dengan satu genre novel saja.

Dengan memahami apa saja jenis novel yang paling disukai pembaca, ini tentu memudahkan kita untuk mengarang sebuah novel dengan tujuan komersial. Katakan lah kalau kita mampu menulis sebuah novel yang lagi hits, lalu sukses diterbitkan penebit mayor, maka kemungkinan uang yang didapatkan dari menulis novel terhitung banyak.

Bayangkan saja jika kita keukeuh membuat novel fiksi sejarah, yang sebut saja peminatnya sedikit, lantas siapa yang mau membeli novel kita? Bagaimanapun juga, menjadi seorang novelis harus realistis. Kita butuh uang dari hasil menulis selama (mungkin) berbulan-bulan itu.

Ini juga yang diaplikasikan oleh sebagian penulis novel. Mereka melirik dulu minat pembaca novel. Mereka menengok dulu pasar para pembaca novel. Ketika mereka sudah tahu genre novel yang paling banyak digemari sama pembaca, tanpa berpikir lama, langsung mengeksekusi genre tersebut.

Berikut daftar jenis novel yang kerap disukai pembaca.

Daftar genre novel yang paling diminati

1. Genre novel romance

Ini adalah genre novel paling laris yang dari dulu sampai sekarang, peminatnya itu sudah tidak terhitung lagi. Bahkan, saking digemarinya jenis novel ini, banyak penulis pemula yang mengawali karirnya sebagai novelis dengan menulis genre novel ini.

Entah lah. Sekalipun saya dan mungkin kalian membenci genre novel ini karena alur ceritanya gitu-gitu aja, mudah ketebak, lalu terkesan lebay, tetap saja genre ini fanbase-nya sudah banyak. Sebut saja bahwa genre novel ini sudah kayak punya penggemarnya sendiri.

Orang-orang yang baru suka sama dunia membaca pun, pasti pernah membeli buku romance atau setidaknya membaca. Oleh karena itu, saya menaruh genre ini di urutan pertama karena sudah terbukti jelas. Tengok saja rak-rak buku best seller, pasti ada satu judul novel yang bergenre romance.

2. Genre novel pengalaman pribadi


Mungkin karena membaca novel “pengalaman” terkesan jujur sehingga banyak pula orang yang membeli jenis novel ini. Selain menulis pengalaman pribadi terbilang mudah, juga target pembaca dan pasarnya sudah tersedia. Sehingga, banyak penulis yang membikin genre novel ini.

Akan tetapi, biasanya, penulis-penulis yang sudah terkenal dan memiliki banyak pengikut di sosmed, mereka lebih mudah menggaet pembacanya. Sedangkan penulis yang baru mengawali karirnya di dunia penulisan novel, agak susah menjual buku genre ini. Kecuali kisah hidup kalian mampu menarik hati penerbit. Boleh jadi karya kalian diterbitkan.

Jika kalian memiliki niat menulis novel pengalaman sendiri, ikuti panduannya lewat artikel berikut: cara menulis novel kisah sendiri.

3. Genre novel horor

Kebetulan Indonesia merupakan negara yang beragam banget jenis hantunya. Maka dari itu, banyak penulis yang tertarik menulis genre horor. Mereka sampe melakukan penelitian ke daerah-daerah terpencil, dan itu dilakukan hanya untuk mengetahui jenis hantu baru untuk dijadikan sebuah cerita dalam novel.

Lebih dari itu, kini bermunculan juga film-film bertema horor. Dan biasanya film tersebut diangkat dari sebuah buku. Ini tentu semakin menaruh minat para novelis untuk membuat novel dengan genre ini.

Lantas, adakah panduan dalam membuat cerita horor? Ada. Silakan simak ulasan saya: cara menulis novel horor.

4. Genre novel fanfiction

Sebagai penulis yang doyan main Twitter, saya memandang bahwa banyak banget ternyata penulis-penulis Indonesia yang suka menulis cerita fanfic. Mereka berimajinasi tentang idola K-Pop-nya, mereka menggali karakternya, mereka menggambarkan sedetail mungkin fisik idolanya, dan kemudian dituangkan dalam sebuah novel.

Lalu bagaimana pembaca fanfic, apakah banyak? Jelas banyak. Sebab, tokoh fanfic yang diidolakan oleh penulis fanfic adalah tokoh yang juga sudah banyak penggemarnya. Apalagi kalau setting cerita yang mereka buat di Korea, Jepang, dan negara-negara luar lainnya, semakin menambah ketertarikan pembaca untuk membeli jenis novel ini.

Tertarik bikin cerita fanfic? Schrool ulasan saya di bagian daftar isi. Saya sudah menulis tema novel tersebut.

5. Genre novel Islami

Tidak mudah menulis genre novel yang satu ini, tapi sekali diterbibtkan di penerbit mayor, saya yakin akan banyak orang yang membeli genre buku atau novel ini.

Gila, pembaca genre novel ini solid banget. Mereka punya grup, komunitas, atau katakan lah punya space khusus untuk berkarya bareng di genre novel ini. Yah, meskipun, lagi-lagi, tema yang diambil masih tentang kisah percintaan.

Tapi, tidak apa-apa. Untuk berkarya mah bebas. Asalkan kita menyukai dan menguasinya, tulis aja.

Kesimpulan

Pada dasarnya, setiap genre novel sebenarnya memiliki ruang pembaca masing-masing. Lima genre novel yang paling diminati di atas, itu hanya sekadar berdasar pendapat pribadi saya aja. Berdasar pengamatan saya aja selama saya ke toko buku.

Sekian.

BACA JUGA: Cara Menulis Novel Islami
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url