5 Cerita Novel Romantis dan Cara Membuatnya

Cerita Novel Romantis

Sedari dulu, novel romance adalah salah satu genre novel yang paling banyak pembacanya. Boleh dibilang juga, pembaca novel romance solid banget.

Saking banyaknya orang yang menggemari novel romance maka banyak penulis yang mencoba mencari peruntungan di genre ini.

Namun, salah satu problem yang kerap menghampiri penulis romance adalah sulitnya membuat cerita novel romantis yang tidak menyerupai penulis lain, atau katakan lah yang out of the box, atau katakan lah alur ceritanya itu sulit tertebak sama pembaca.

Nah itulah memang masalah yang seringkali muncul bagi penulis novel romance, entah itu penulis yang baru mencoba di genre ini maupun penulis romance yang sudah cukup lama menggeluti tema novel ini.

Lewat artikel ini, saya mencoba sedikit ngasih rekomendasi beberapa alur cerita untuk genre novel ini. Dan mungkin, apa yang saya rekomendasikan di postingan ini bisa dijadikan ide cerita bagi kalian yang hendak menulis novel romance.

Berikut penjelasannya:

Cerita novel romantis

1. Cerita novel hubungkan dengan hal-hal Islami

Beberapa hari yang lalu, saya pernah mengatakan bahwa jika novel romantis dikaitkan dengan hal-hal Islami, bersiap saja, sekali tembus penerbit mayor atau sekali lolos editor akuisisi novel online, pembaca kemungkinan akan membludak.

Mengapa bisa begitu? Sebab, mayoritas pembaca Indonesia adalah seorang muslim. Dan kebanyakan orang Indonesia suka akan hal-hal romantis, oleh karena itu jika ada novel romantis yang isi ceritanya membawakan kisah Islami, maka potensi dibanjiri pembacanya besar.

Saran saya, jika kalian tertarik menulis novel romantis dengan digabungkan sama novel Islami, silakan baca artikel saya yang sudah dibaca sampai jutaan orang, artikelnya adalah berikut ini -> cara menulis novel Islami.

2. Cerita novel kaitkan dengan kehidupan rumah tangga

Entah pembaca yang belum menikah atau yang sudah berumah tangga, di Facebook atau di platform manapun, banyak sekali yang suka sama jenis cerita novel kedua ini.

Yah, sebagai contoh, novel Layangan Putus yang diadaptasi menjadi film trending banget, kan. Dan itu masuknya ke cerita novel romantis, namun dikaitkan dengan kehidupan berumah tangga, yakni soal perselingkungan, dan bumbu-bumbu rumah tangga lainnya.

Cukup mudah menuangkan isi ceritanya, bisa dengan cara berimajinasi, berangkat dari pengalaman pribadi, atau hasil dari wawancara sebagai referensi utamanya.

3. Cerita novel hubungkan dengan masa sekolah

Ini masuknya ke pembaca remaja di mana relate banget kalau cerita novelnya bersetting di sekolah, kampus, dan tempat buat belajar.

Berdasar penelitian saya, meskipun kadang cerita masa sekolah mudah ditebak dan alur ceritanya gitu-gitu aja, ya balik lagi bahwa pembaca novel romantis itu solid. Mereka akan terus melahap jenis novel ini meski sudah tertebak plot ceritanya seperti apa.

Dan saya pun mengimbau bahwa, kalian jangan bosan juga menulis novel romantis yang kemudian dihubungkan dengan kisah percintaan di sekolah. Anak OSIS, IPA, IPS, dan semacamnya, sebagai tokoh atau label cerita, terserah. Pasti akan selalu ada saja yang baca.

Baca juga: Baca novel online gratis Islami

4. Cerita novel hubungkan dengan setting di luar negeri

Ini agak sulit, tapi sekali tembus penerbit, bersiap-siap saja karya kalian bakal dibaca ratusan juta orang. Mengapa?

Sebab, pembaca novel, imajinasinya itu liar. Meskipun mereka belum pernah keluar negeri, tapi apabila ada penulis yang menulis novel romance berlatar di luar negeri, pasti mereka mudah membayangkannya.

Oleh sebab itu, bagi penulis yang ingin menulis bentuk cerita keempat ini, perbanyaklah melakukan observasi. Dan mungkin nggak perlu ragu kalau pernah keluar negeri, lalu menuliskan kisahnya dalam bentuk novel.

Itu lebih menarik, sih.

5. Cerita novel kaitkan dengan pengalaman hidup sendiri

Bentuk cerita kelima ini adalah jagoan saya, sih. Saya suka menulis novel berdasar pada pengalaman pribadi. Sebab, lebih intens saja nulisnya. Dan kebanyakan pembaca juga suka banget membaca pengalaman orang. Dengan catatan, pengalaman dan gaya penulisan novelnya menarik.

Kalau kalian punya nyali buat nulis novel romantis yang dikombinasikan dengan pengalaman patah hati percintaan, silakan buat. Kalau nggak punya nyali, berimajinasi saja.

Barangkali itu saja cerita novel romantis buat ide tulisan. Semoga artikel ini membantu ide tulisan kalian, ya.

BACA JUGA: Penulis Novel Romantis Terkenal di Indonesia
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url