Artikel Terbaru

The Pleh - Blog Review Novel yang Perlu Penulis Kunjungi

The Pleh - Blog Review


Sebagai media yang fokus pada dunia penulisan, penulis Garut bersyukur bahwa, semakin ke sini semakin banyak saja penulis baru bermunculan.

Penulis-penulis baru itu jika saya perhatikan, mereka haus informasi terkait bagaimana cara membuat novel bagi pemula, cara menulis novel di blog, dan masih banyak lagi.

Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang tertarik membuat novel di platform menulis online seperti GoodNovel dan NovelMe. Sehingga, mereka mencari juga informasi tentang platform tersebut.

Akan tetapi, sayang, hanya sedikit saja kita menemukan sebuah blog yang memberikan penjelasan lengkap terkait aplikasi menulis dan ulasan sebuah novel.

The Pleh - Blog Review Novel

Di tulisan ini, izinkan penulis Garut mengenalkan sebuah blog yang isi kontennya cukup relevan dengan blog kami, yaitu The Pleh.

The Pleh ini website review novel yang sangat kami rekomendasikan untuk para penulis.

Ia bukan hanya suka mereview novel saja, tapi mengulas juga aplikasi menulis seperti GoodNovel, Innovel, dan NovelMe.

Pertanyaannya, mengapa kita harus mengunjungi The Pleh?

Jawaban sederhananya adalah The Pleh ini ibarat referensi lah bagi para penulis yang saat ini sedang berkarier di platform menulis online.

Misalnya, kalian sedang meniti karier di GoodNovel, kalian tinggal klik saja kategori review novel -> GoodNovel.

Di sana, kalian bakal menemukan novel-novel yang diberi banyak bintang oleh pembaca. Sehingga, novel tersebut bisa dijadikan referensi oleh kalian sebelum menulis cerita di GoodNovel.

Kalian hanya perlu memerhatikan judulnya, sinopsisnya, genrenya, dan itu kemudian dapat kalian tiru untuk bahan membuat novel di GoodNovel.

Ngomong-ngomong, berhubung saya penulis di GoodNovel--jika saya tilik lebih dalam--novel-novel yang direview oleh website The Pleh memang bagus-bagus.

Misalnya, saya mendapati ulasan novel Lelaki yang Tak Terlihat Kaya dan novel Selamat Malam, Tuan Ares. Itu memang dua novel yang sempat diperbincangkan oleh banyak orang.

Lalu, beralih ke NovelMe, para penulis NovelMe pasti sudah tidak asing lagi sama novel Pelakor Clarissa dan The Agreement.

Jadi, The Pleh ini patut kalian kunjungi untuk mendapati novel-novel paling laris yang sudah dibaca ribuan orang.

Tujuan The Pleh

Beberapa hari yang lalu saya bertanya kepada penulis blog The Pleh tentang dari mana dirinya mendapatkan referensi judul novel yang diangkat ke dalam blognya.

Dia menjawab bahwa, untuk judulnya didapatkan dari grup Facebook. Dan saya kemudian menyimpulkan bahwa, memang seharusnya begitu para penulis blog yang suka membahas novel.

Maksud saya, seorang penulis blog harus banyak riset. Bahkan perlu bergabung ke grup Facebook para pembaca dan penulis novel. Manfaatnya, kita jadi dapat konten tulisan.

Terlebih lagi, penulis The Pleh juga berangkat dari kesukaannya membaca novel. Sehingga, untuk membuat konten tulisan, ada semacam gambaran lah.

By the way, tujuan utama The Pleh ialah ngasih ulasan novel. Entah novel karya penulis di dalam maupun di luar negeri.

Salah satu harapannya, yakni agar penulis dan pembaca dapat info terkait tokoh-tokoh yang ada dalam novel, dapat info juga seputar jalan cerita, dan lain-lain sebelum membaca novel tersebut.

Tentu hal ini sangat berguna bagi para penulis maupun pembaca novel.

Lebih dari itu, luar biasanya, The Pleh tidak menyediakan review novel dalam bentuk PDF. Ini saya rasa, bagus konsepnya.

Keunggulan lain dari The Pleh

Di awal tulisan, saya bilang bahwa, The Pleh mereview juga aplikasi menulis online. Sebut lah salah satunya Innovel.

Berhubung penulis Garut belum membahas Innovel, ada baiknya kalian baca ulasan The Pleh terkait Innovel: Innovel aplikasi baca novel terbaik.

Selain membahas ulasan aplikasi novel dan berbagai novel yang dia temui di grup Facebook, The Pleh juga memberikan ilmu lain, dan ini menjadi keunggulan tersendiri bagi blognya.

Ya, The Pleh bahas tutorial internetan gratis, mereview website shortlink, dan Webtoon ada juga (buat pecinta komik, kalian bakal dapat referensi komik bagus di sana).

Untuk mengakses blognya, silakan langsung mampir ke Thepleh.com.

Sekian tulisan saya tentang The Pleh, blog review novel yang tentu relevan dengan blog ini. Sehingga, saya merekomendasikannya kepada kalian.

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.