Eksistensi Domain web.id Menurut Blog Penulis Garut yang Kini Berumur 1 Tahun

Domain web.id


Memasuki bulan Mei 2021, blog penulis Garut kini berumur 1 tahun. Saya selaku author-nya ngerasa nggak nyangka aja udah melangkah sejauh ini. 

Memang sih 1 tahun itu belum lama, tapi bukankah banyak blog yang hiatus sebelum berumur 1 tahun?

Selama ngeblog 1 tahun, tentu tak terlepas dari faktor domain yang menemani eksistensi blog ini. Saya rasa, domain menjadi salah satu keberhasilan sebuah blog agar diperhatikan oleh Google.

Pertama kali memilih domain web.id, saya dirasa "disayangkan" oleh seseorang. Katanya, lebih baik pakai domain dotcom aja biar blog ini jadi penulisgarut(dot)com. Terlihat lebih profesional, lanjutnya.

Akan tetapi, saya memilih domain web.id dengan alasan harga domain ini cukup murah.

Dari alasan tersebut sebenarnya bukan hanya sekadar alasan saja. Bayangkan kalo saya membeli domain mahal, tapi ngeblognya nggak konsisten, itu baru patut disayangkan.

Nah dengan mengeluarkan uang 55 ribu, saya akhirnya memantapkan diri ngeblog memakai domain web.id. Dan kedepannya, blog ini akan terus diperpanjang dengan menggunakan domain tersebut.

Mengapa saya bakalan terus mengenakan domain web.id untuk blog ini? Simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Eksistensi domain web.id di mata Google berani bersaing dengan domain dotcom

Awalnya saya kira, artikel-artikel yang nangkring di page one itu hanya dipenuhi oleh blog atau website yang berdomain dotcom saja. Tetapi ternyata tidak.

Kebanyakan mungkin iya, tapi nggak sedikit juga blog yang berdomain web.id ada di page one.

Seperti blog penulis Garut misalnya, dapat pageviews sehari 4500 lebih (padahal nihce blog dunia kepenulisan, padahal domain blog web.id) namun tetap bisa bersaing dengan blog-blog yang berdomain dotcom.

Itu artinya, 75% artikel yang dipublish oleh blog ini nangkring di page one. Meski, berdomain web.id.

Jadi, buat teman-teman yang merasa kebingungan memilih domain. Jangan ragu menggunakan domain web.id.

Sebab, artikel kita ada di page one bukan karena faktor domain saja, tapi SEO-nya, dan masih banyak lagi.

Kebetulan, terkait pembahasan agar artikel kita disukai Google, saya pernah menulis tentang itu.

Silakan baca: 5 cara agar artikel kita disukai Google.

Saran saya, kalo beli domain dotcom terasa mahal, web.id lebih oke. Sebab, selain terbilang murah, perhatikan alasan kedua mengapa saya memilih domain web.id.

Domain web.id adalah identitas bahwa website atau blog kita berasal dari Indonesia

Saya tidak salah memutuskan ngeblog dengan menggunakan domain web.id. Sebab, domain ini bisa digunakan untuk website perusahaan atau perorangan.

Sejak blog ini diakusisi oleh saya, meski ada kata "web" di domainnya, tapi tetap saja saya mengenalkan penulis Garut ini adalah sebuah blog. Sebab, penulis dan pengelolanya hanya dimenej oleh saya seorang.

Selain bisa digunakan untuk perorangan, domain web.id menandakan bahwa blog atau website kita berasal dari Indonesia. Jadi jika membuat artikel memakai bahasa Indonesia, dan pure bahasa Indonesia, ini tentu sudah diakui oleh Google kredibilitasnya.

Terbukti, tiap saya bikin konten tentang dunia pendidikan yang diambil dari pelajaran buku Bahasa Indonesia, artikel yang dipublish sama blog ini langsung tayang di halaman pertama Google. Entah berada di posisi kedua, ketiga, dan keempat.

Blogger-blogger yang menggunakan domain web.id juga terbilang cukup berani. Sebab, perlu identitas diri (KTP) untuk memenuhi syarat membeli domain ini.

Beberapa keunggulan domain web.id

Agar lebih percaya betul terhadap domain web.id, berikut keunggulan yang bisa kita dapatkan.

Blog lebih cepat diakses

Umumnya, blog yang menggunakan server dalam negeri sangat mudah dalam membuka blog atau website dibandingkan dengan server luar negeri.

Harga murah

Seperti yang saya bilang tadi, harga domain web.id 55K. Nah dengan mengeluarkan uang senilai 55K, kita bisa menggunakan domain web.id selama setahun.

Fitur manajemannya sama

Harganya boleh murah, namun fiturnya tidak sembarangan. Eksistensi domain web.id ada pengaturan DNS atau nameserver. Sehingga, bisa digunakan untuk membuat custom domain dari blogspot atau memakai hosting berbayar seperti di wordpress.

Kepercayaan sudah besar

Begini. Untuk mendapatkan domain web.id tidak bisa sembarang orang karena salah satu syaratnya adalah menunjukkan KTP. Hal ini yang membuat domain web.id bisa dimintai pertanggung jawaban dari pemilik blog saat melakukan kejahatan.

Kesimpulan dan harapan

Saat ini, saya sudah tidak percaya lagi sama orang-orang yang suka ngasih saran harus berdomain dotcom agar ngeblog terpandang profesional.

Bagi saya, percuma saja kalo beli domain mahal, namun ngeblognya tidak konsisten. Sayang sama uang yang sudah dikeluarkan, kan?

Nah dengan menggunakan domain web.id, saya sudah membuktikannya. Iklan banyak yang masuk (berarti terlihat profesional juga), pageviews banyak, dan keunggulannya banyak juga.

Harapan saya, semoga blog penulis Garut eksis terus dan produktif terus untuk menuju ke tahun kedua.

BACA JUGA: 5 Kunci agar Blog Mendapatkan Pemasukan



Ridwansyah
Pendiri penulis Garut | Penggiat literasi | Follow IG/Twitter: @aaridwan16.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url