Artikel Terbaru

5 Niche Blog yang Potensial bagi Blogger Garut

Blogger Garut


Saya setuju bahwa penghasilan YouTube lebih menggiurkan daripada ngeblog. Sehingga tidak aneh kalau sebagian blogger beralih ke sana.

Bahkan mungkin sebagiannya lagi sudah pada hiatus. Salah satu alasan yang sering saya dengar, katanya, ngeblog sudah tidak seramai dulu.

Hal ini mungkin terjadi pada blogger Garut. Akun Twitter @bloggergarut yang dibuat pada 2009 lalu sudah lama tidak aktif. Padahal, follower-nya sudah banyak. Ditambah lagi domain website-nya udah nggak dipake.

Akan tetapi, meski ngeblog sudah tidak seramai dulu, saya yakin (kelak) orang-orang akan suka bercerita lagi melalui blog.

Dan sejauh ini, bagi orang introvert, bagi orang yang nggak suka ngomong di depan kamera, dan bagi orang yang ngerasa suaranya jelek, blog masih menjadi teman setia. Blog masih oke untuk dijadikan media keluh kesah.

Penulis Garut sendiri, mengapa aktif terus di blog?

Sebagai blogger Garut dan pengelola blog ini, jawaban saya begini: penghasilan di blog masih oke buat saya. Meski, blog ini niche-nya dunia kepenulisan.

Memangnya kenapa dengan blog niche kepenulisan?

Baca tulisan saya soal suka duka mengelola blog niche kepenulisan. Di tulisan tersebut dijelaskan semuanya.

Nah oleh karena ngeblog masih menjadi sumber penghasilan buat saya, saya ingin berbagi tentang 5 niche blog yang potensial bagi blogger Garut.

Definisi potensial di sini maksudnya, topik blog ini akan mendulang keuntungan bagi pengelolanya. Bahkan pemasukan dengan memakai niche blog ini bisa melebihi blog niche kepenulisan.


1. Niche wisata

Warga Bandung atau kota-kota yang berdekatan dengan Kabupaten Garut sudah tahu bahwa kota kita ini tempat wisatanya tidak terhitung. Bahkan gunung saja sudah dijadikan tempat wisata, kan?

Niche wisata ini sengaja saya taruh di urutan pertama. Sebab, banyak blogger di Indonesia yang mengatakan bahwa niche wisata salah satu niche yang CPC-nya tinggi.

Apakah ada blogger Garut yang fokus mengelola blog wisata? Mungkin ada. Tapi, nggak banyak.

Maka, ini kesempatan buat penulis-penulis di Garut yang hobi main (mengunjungi tempat-tempat eksentik), lalu menceritakan perjalanannya di blog.

Nanti, bakal ada banyak pengiklan yang masuk kalau kamu serius mengelola blognya. Mulai dari iklan tiket, peralatan-peralatan hunting, dan lain sebagainya.

Terlebih, kamu bisa kerjasama juga dengan akun-akun wisata di Garut terkait traffic di sosial media.

Bahkan kamu bisa membranding diri sebagai tour guide.

2. Niche makanan

Mari kita sepakati bahwa akun endorsment terbaik di Garut adalah @jajanangarut.

Jajajan Garut hampir tiap hari dapat iklan. Ini membuktikan bahwa Garut, selain terkenal karena wisatanya, makanan khasnya juga beragam.

Ditambah lagi orang Garut kebanyakan suka makan-makan, kan? Yang pedas-pedas mah nomor satu kayaknya.

Akan tetapi, sayang, jajanan Garut hanya aktif di Instagram dan Youtube. Saya belum menemukan blogger Garut yang ngeblog khusus tentang makanan (atau istilah kerennya, food blogger).

3. Niche Bisnis

Orang Garut yang kulturnya suka merantau, pas pulang ke kota kelahirannya sering bertanya, "Di Garut cocoknya buka usaha apa?"

Bukan hanya orang Garut saja, orang luar Garut pun kerap bertanya seperti itu.

Kalau ditilik lebih dalam, terutama pertanyaan dari orang luar Garut, mereka bertanya seperti itu karena tahu bahwa Kota Garut kini sudah dimekarkan menjadi tiga bagian. Ada Garut Selatan, Utara, dan Kota.

Mereka mencari peluang usaha di Garut melalui Google, tapi tidak ada blogger Garut yang membahas terkait hal ini. Tidak ada blogger Garut yang ngeblog niche bisnis.

Maka dari itu, ini peluang bagi penulis-penulis di Garut yang suka berbicara tentang dunia bisnis.

4. Niche kecantikan

Banyak iklan poduk-produk kecantikan yang muncul di blog penulis Garut.

Ketika saya mengajukan kerjasama, mereka mau, tapi sayang saya nggak tahu siapa beauty blogger di Garut? Sekali lagi, mungkin ada beauty blogger di Garut, tapi sudah lama tidak aktif.

Maka dari itu, bagi teteh-teteh yang suka nulis sekaligus senang berhias diri, ada baiknya bikin blog. Nanti bisa kerjasama dengan blog penulis Garut terkait iklan mah.

5. Niche fashion

Terakhir, nicge yang potensial bagi blogger Garut ialah niche fashion.

Di Instagram, iklan Google ads, dan reseller-reseller baju marak bermunculan. Coba kalau mampu menulis tentang dunia fashion, bikin saja blog niche ini.

Iklan dari tukang kaos polos, toko-toko pakaian di Garut, dan bahkan pengusaha pakaian di luar kota Garut pun mau mempromosikan usahanya di Garut (blog ini buktinya sudah pernah dapat iklan pakaian).

Jadi niche ini juga berpeluang untuk mendapatkan pemasukan. 

-

Jadi, saya ulang lagi bahwa ada 5 niche blog yang potensial bagi blogger Garut.

1. Niche wisata
2. Niche makanan
3. Niche bisnis
4. Niche kecantikan
5. Niche fashion

BACA JUGA: 5 Kunci agar Blog Niche Kepenulisan Mendapatakan Pemasukan



Ridwansyah
Pendiri penulis Garut | Penggiat literasi | Follow IG/Twitter: @aaridwan16.

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.