Pustaka Tunggal Publisher: Penerbit Indie yang Biaya Penerbitannya Murah, tapi Kualitas Bukunya Menjanjikan

Penerbit Pustaka Tunggal


Penerbit Pustaka Tinggal - Setelah mendirikan tim penulis Garut di tahun 2019 lalu, langkah pertama yang saya pikirkan saat itu adalah mencari penerbit.

Ini berhubung visi utama tim penulis Garut ialah membantu orang Garut yang ingin menerbitkan buku. Sebab, masih banyak rekan-rekan saya yang kebingungan, mau diterbitkan di penerbit mana naskahnya? Di Garut sendiri kan keberadaan penerbit buku sangat sedikit.

Sampai detik ini banyak orang Garut yang hobi menulis, lalu sudah menggarap naskahnya hingga berbulan-bulan dan sampai betul-betul dieksekusi dengan baik, tapi pas nyari penerbit agak kelabakan. Itu sebabnya di tahun 2019, saya sibuk mencari penerbit yang mau diajak kerjasama dengan tim penulis Garut.

Dulu, pas awal-awal tim penulis Garut terbentuk, saya pernah menghubungi salah satu penerbit yang sudah saya kenal sejak lama, tapi kabarnya sudah bangkrut. Lalu dua bulan kemudian, saya mengenal penerbit Pustaka Tunggal. Sebuah penerbit indie yang sudah berdiri sejak September 2016, dan masih eksis sampai saat ini. 

Kalau teman-teman ngepoin seccond account Instagram penulis Garut, pasti tahu lah buku yang diterbitkan melalui bantuan tim penulis Garut kebanyakan hasil kerjasama kami dengan penerbit Pustaka Tunggal.

Tapi, sejauh ini, saya belum memublikasikan penerbit Pustaka Tunggal. Sebab, blog penulis Garut lebih fokus memposting tulisan yang berkaitan dengan dunia literasi. Jadi nggak sempet mereview dan menerima kerjasama dari para penerbit.

Pelayanan penerbit Pustaka Tunggal

Kalau menurut saya, pelayanan penerbit Pustaka Tunggal oke sih. Aduh! Klasik banget jawabannya, heu.

Jadi, CS penerbit Pustaka Tunggal selalu paham dan ngerti banget keinginan saya. Dulu pernah kurang ongkir pas melakukan pembayaran, tapi dia fine-fine aja. Lalu minta diedit ini-itu pun (padahal buku udah dicetak) eh masih siap memperbaikinya bareng-bareng.

Dan mungkin karena kami udah sering chattingan, jadi yaaa enak aja ketika mendiskusikan sesuatu. Coba deh kalian menerbitkan buku di penerbit Pustaka Tunggal. Pasti terasa responsive pelayanannya.

Cara mengirimkan naskah ke penerbit Pustaka Tunggal

1. Ketik naskah kamu dalam format Microsoft Words
2. Ukuran kertas A4
3. Font Times New Roman ukuran 14, spasi 1,5, margin normal, justify/rata kiri-kanan
4. Naskah minimal 50 halaman (khusus novel dan cerpen)
5. Kirim naskah dalam satu file beserta biodata, kata pengantar, dan daftar isi buku
6. Kirimkan naskah kamu ke email: pustaka.tunggal@gmail.com dengan subjek: TERBIT PPT

Setelah naskah dikirimkan, nanti penerbit Pustaka Tunggal bakal memproses naskah kamu. Dengan catatan, naskah diproses setelah melakukan pembayaran. Jarak 2-4 Minggu biasanya sudah selesai mereka kerjakan. Tapi, tergantung kerumitan naskah (makanya tulisannya harus rapi, ya!) dan itu belum masuk proses cetak.

Meski dalam ketentuannya 2-4 Minggu naskah selesai dikerjakan sama tim penerbit Pustaka Tunggal, tapi pengalaman saya, mereka selalu cepat banget sih prosesnya. Recommended!!

Biaya penerbitan di penerbit Pustaka Tunggal

Perlu kamu ketahui, penerbit Pustaka Tunggal adalah penerbit indie yang biaya penerbitannya murah, tapi kualitas bukunya menjanjikan.

Biaya penerbitan di penerbit Pustaka Tunggal sendiri cukup terbilang murah. Malah sangat murah. Mulai dari 300 ribu hingga bisa menerbitkan buku secara gratis (ini tentu dengan ketentuan cetak buku sebanyak 50 eks). Meski, saya pribadi sih tidak pernah menganjurkan terbit secara gratis.

Akan tetapi, terbit gratis di penerbit Pustaka Tunggal masuk akal juga. Sebab, masih ada ketentuan jumlah cetak di dalamnya. Artinya, penerbit Pustaka Tunggal sudah benar-benar menghitung cost untuk biaya-biaya proses penerbitan seperti biaya edit, layout, bukti terbit, dan cover buku. Semua sudah dikalkulasikan. Jadi meskipun gratis, tentu nggak asal terbit.

Sebenarnya ada yang lebih keren lagi dari penerbit Pustaka Tunggal, yaitu ia memiliki paket distribusi Nasional. Apa itu paket distribusi Nasional? Adalah paket yang didistribusikan ke seluruh toko buku yang ada di Indonesia.

Pengen juga kan buku kamu mejeng di Gramedia? Nah ini menarik! Ingin tahu lebih dalam tentang paket distribusi Nasional dan paket-paket apa saja yang ada di Penerbit Pustaka Tunggal? Baca tulisan ini sampai beres dulu dong!

Lanjut.

Genre buku yang diterbitkan oleh penerbit Pustaka Tunggal

Genre buku apa saja diterima, kok. Fiksi dan Nonfiksi sih disikat aja sama mereka. Selama naskah benar-benar karya kamu alias nggak plagiat, pasti diterbitkan. Dan perlu diperhatikan juga, isi naskahnya nggak boleh mengandung sara dan p0rn0grafi. 

Misi penerbit Pustaka Tunggal

Misi penerbit Pustaka Tunggal tidak ada bedanya dengan penerbit lain yaitu membantu para penulis, baik itu penulis pemula maupun penulis yang sudah berpengalaman. Hanya saja, menurut pengamatan saya, penerbit Pustaka Tunggal dalam mencapai misinya lebih bersungguh-sungguh.

Hal itu dapat dilihat dari berdirinya percetakan pustaka tunggal untuk menyokong kebutuhan cetak buku-buku secara cepat dan tentu dengan biaya cetak yang lebih murah. Jarang-jarang ada penerbit indie yang punya percetakan sendiri. Ini jadi nilai lebih penerbit Pustaka Tunggal di mata saya.

Di balik nama penerbit Pustaka Tunggal

Di balik nama penerbit ini maknanya cukup mendalam, yaitu sarana berkumpulnya pemikiran-pemikiran yang berasal dari Yang Maha Tunggal, yaitu Allah SWT’. Dengan makna ini, pendiri Pustaka Tunggal memiliki harapan, yaitu semoga kita tidak menjadi manusia yang sombong dengan apa-apa yang berhasil kita tuangkan dalam pena. Karena sejatinya, kita hanyalah makhluk yang tidak punya daya apa-apa tanpa diri-Nya.

Mereka yang sudah pernah kerjasama dengan penerbit Pustaka Tunggal 

Sejauh ini selain dengan tim penulis Garut, penerbit Pustaka Tunggal sudah berkerja sama dengan beberapa orang dan lembaga-lembaga hebat. Seperti beberapa dekan dan dosen dari Universitas Negeri Padang.

Beberapa dosen UI. Beberapa Advokat Kantor Hukum Law Firm Akar Djati, Madrasah bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto, Persatuan Guru Indonesia Jakarta, Permira (Persatuan Mahasiswa Indonesia Rusia), dan juga guru-guru SMAN 8 Jakarta (SMA nomor 1 di Jakarta).

Nah loh udah kelihatan kualitas penerbitnya kan?

Akun sosmed, marketplace, dan website penerbit Pustaka Tunggal

Untuk paket distribusi Nasional tadi, silakan kepoin laman resmi penerbit Pustaka Tunggal.

Instagram: pustaka.tunggal
Facebook: Pustaka Tunggal
CS penerbit Pustaka Tunggal: 089616268524 (WA)

Sudah siap menerbitkan buku di penerbit Pustaka Tunggal? Silakan segera hubungi kontak terkait.

Apakah kamu butuh bantuan penulis Garut agar karya kamu bisa kami launchingkan? Lalu dibedah bukunya? Dan diajak keliling sekolah dan kampus? Silakan baca cara kirim naskah ke penulis Garut.



Ridwansyah
Pendiri penulis Garut | Penggiat literasi | Follow IG/Twitter: @aaridwan16.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url