Hal-hal yang Harus Penulis Persiapkan saat Launching Buku

Hal-hal yang Harus Penulis Persiapkan saat Launching Buku
Ilustrasi gambar: ruangfreelance.com

Mengetahui informasi tentang hal-hal yang harus penulis persiapkan saat launching buku penting sekali.

Sebab, seperti yang sudah saya sampaikan di postingan tentang cara kirim naskah ke penulis Garut dan nikmati kelebihannya setelah terbit, salah satu kelebihan penulis Garut adalah diadakannya launching buku bersama penulis yang sudah bekerja sama dengan kami.

Saya sudah menyampaikan juga bahwa tak sedikit di beberapa penerbit, untuk mengadakan launching buku itu jarang, sekalipun sekelas Mayor.

Biasanya hanya penulis-penulis beken saja yang mereka ajak untuk dilaunchingkan, atau di bedah bukunya.


Maka dari itu, di postingan penulis Garut kali ini, saya akan membagikan tentang hal apa saja yang harus penulis persiapkan saat launching buku? Berikut hal-hal yang harus penulis persiapkan saat launching buku. 


Peduli terhadap karya kamu

Pertama, yang harus kamu persiapkan adalah peduli terhadap karya kamu. Substansi dari kata "peduli" disini artinya sebisa-bisa penulis harus terus mempromosikan bukunya. Dan terjual minimal tujuh eksemplar pada cetakan pertama.

Kenapa ketentuan di atas harus terpenuhi? Saya sendiri selalu bilang bahwa penulis Garut adalah media yang fokusnya untuk membantu naskah kamu agar terbit, bukan media bisnis. 

Jadi, ketika bukumu terjual tujuh eksemplar maka kami sudah memiliki biaya transport untuk menuju sekolah atau eks sekolah dan kampusmu. Jika tidak, balik lagi, kami bukan media bisnis yang memiliki keuntungan dari hasil kerja sama kamu dengan kami.

Dalam hal itu, semoga para penulis yang sudah bekerja sama dengan kami bisa menghargai ketentuan tersebut. Jika kamu bertanya, "Kok saya baru tahu tentang hal ini?" sebab barangkali rasa pengen tahu kamu ke media kami sedikit.

Dan jika kami terus yang ngasih informasi, dimana inisiatif kamu sebagai penulis untuk menanyakan hal semacam ini. Bersyukur, kamu selalu minat membaca artikel kami sehingga tahu.



Sering berkomunikasi kepada tim penulis Garut

Hal yang harus penulis persiapkan saat launching buku, nomor kedua adalah sering-sering komunikasi kepada tim penulis Garut. Misalnya anggaplah buku kamu sudah terjual tujuh eksemplar, lalu lancang saja bertanya, "Teknis launchingnya bagaimana, Kak?" atau "Konsepnya bagaimana nih, Kak?"

Artinya, kami berharap kepada penulis untuk jangan merasa canggung, jangan merasa takut mengganggu dan malu, tanyakan saja. Itu kan sudah menjadi kewajiban kami untuk berinteraksi dengan penulis dan menjawab semua pertanyaan yang masuk.

Dengan sering berkomunikasi, jadi lebih mudah untuk mengarahkan dan seterusnya. Hal ini juga sekaligus pembelajaran jika nanti kamu mengadakan launching bersama organisasi kepenulisan, komunitas menulis dan lain-lan. Bahwasannya komunikasi menjadi faktor penting dalam kesuksesan acara.


Pematangan Materi 

Sehabis mengetahui konsep launchingnya, susunan acaranya, maka hal selanjutnya adalah pematangan materi dari kamu sendiri sebagai penulis.

Nanti kami kasih kan gambaran launchingnya seperti apa, pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan terkait buku kamu apa saja. Dan kamu persiapkan di rumah. Ini loh jawaban untuk asal mula buku saya diberi judul A dan pertanyaan-pertanyaan seterusnya yang kami berikan.


Latihan publik spekaing di rumah

Udah dikasih bocoran pertanyaannya, maka untuk semakin mematangkan materi, salah satu caranya dengan latihan publik spekaing di rumah. Misalnya dengan cara berbicara sendiri di depan cermin.

Barangkali, latihan itu dianggap sepele bagi yang sudah memiliki jam terbang saat berbicara di depan umum. Akan tetapi, seperti yang pernah saya sampaikan di Instagram pribadi saya sendiri, di postingan ini, bahwa sepengalaman apapun kamu saat berbicara di depan umum, latihan itu perlu.

Saya pribadi ingin melihat seorang penulis yang sudah bekerja sama dengan tim penulis Garut, memiliki kesiapan penuh saat launcing. Apalagi mempraktikan nilai-nilai kesopanan terhadap audience, terlebih di depan guru, dosen, dan lain-lain. Dengan latihan publik spekaing itulah bisa terwujud.


Penulis memiliki teman yang diajak untuk berperan dalam acara launching

Saya selalu mengoptimalkan kepada para penulis ketika launching bukunya untuk mengajak temannya berperan aktif dalam launching tersebut. Ketika kami tidak membawa host, mungkin dari teman penulis ada yang bisa diandalkan.

Salah satu manfaat dari hal itu adalah kenalan kami bukan hanya dengan penulisnya saja, tetapi dengan teman si penulis itu sendiri.

Jadi, point kelima dalam mempersiapkan acara launching untuk mengajak teman kamu penting juga di mata kami. Ini menjadi salah satu prioritas kami kepada sang penulis. Jika tidak ada, support system dari tim penulis juga barangkali yang kami ajak.

***

Itulah hal-hal yang harus penulis persiapkan saat launching. Semoga dapat dipahami ya.


Ridwansyah
Pendiri penulis Garut.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url