5 Cara Menjual Buku di Google Play Book

Cara Menjual Buku di Google Play Book

Sebenarnya cara menjual buku di Google Play Book mudah saja. Tapi, sebagian penulis masih ada yang kebingungan langkah-langkah mengunggah filenya seperti apa.

Untuk itu, simak penjelasan saya berikut ini:

Apa itu Google Play Book?

Google Play Books atau yang bisa disebut juga dengan istilah Google eBooks adalah toko buku online yang dimiliki dan juga dikelola oleh Google.

Google Play Book sudah terintegrasi juga dengan layanan Google Play Store lainnya. Seperti misal Google Play TV, Google Play Film, juga Google Play Game.

Bagaimana Cara Menjual Buku di Google Play Book?

1. Buat Akun Dulu di Google Play Book

Silakan klik tombol 'mulai' untuk membuat akun di Google Play Book pada link berikut ini: https://play.google.com/books/publish/u/0/.

Buat Akun Dulu di Google Play Book

Setelah di klik, pilih kategori. Apakah kalian penerbit, penulis, atau distributor buku?

Berhubung blog penulis Garut termasuk penerbit, maka saya memilih penerbit.

Isi data-data yang tersedia usai memilih kategori. Mulai dari nama, negara, situs web jika ada, lalu nomor ponsel yang bisa dihubungi. Sebagai contoh, berikut gambarnya:

Google Play Book Penerbit


Setelah itu, centang persyaratan dan preferensi email. Dan lihat lah tampilan berandanya:

2. Siapkan Profil Pembayaran di Google Play Book

Untuk membuat profil pembayaran, silakan klik tulisan 'membuat profil pembayaran'.

Siapkan Profil Pembayaran di Google Play Book

Setelah kalian klik, maka akan muncul data-data yang mesti kalian lengkapi mulai dari nama profil, lokasi bisnis, jenis akun, hingga nama dan alamat.

Siapkan Profil Pembayaran di Google Play Book


3. Tambahkan Wilayah Penjualan di Google Play Book

Untuk menambahkan wilayah penjualan, silakan klik bagian pusat pembayaran.

Lalu klik 'edit'. Lihat gambar di bawah:

Tambahkan Wilayah Penjualan di Google Play Book


Edit wilayah penjualannya hanya ke negara Indonesia saja.

Caranya hapus tulisan "WORLD" menjadi "ID", lalu simpan perubahan.

Tambahkan Wilayah Penjualan di Google Play Book


4. Tambahkan Deskripsi tentang Buku Kalian

Nah, untuk cara menjual buku di Google Play Book, silakan klik katalog buku. Lalu tambahkan buku di bagian kanan layar PC/Laptop atau ponsel kalian.

Tambahkan Deskripsi tentang Buku Kalian

Setelah diklik, kalian harus mengisi data-data kelengkapan buku. Mula-mula kalian harus memilih opsi jual eBooks di Google Play, lalu pilih identitas bukunya berISBN, dan masukan nomor ISBN-nya.

Tambahkan Deskripsi tentang Buku Kalian

Kalau kalian pengin tahu cara membuat ISBN sendiri, baca artikel saya berikut ini: Cara Mendapatkan ISBN tanpa Penerbit.

Nah, kemudian setelah mengisi opsi jual dan identitas buku, lalu setelah memasukan nomor ISBN, maka silakan masukan judul, deskripsi, genre, data penulis, bio penulis, pokoknya isi sesuai dengan data buku dan biodata kalian sendiri sebagai penulis. Bahkan kalian harus mengunggah sampul buku dan mencantumkan harga buku.

5. Tautkan Rekening Bank di Google Play Book

Untuk menerima pembayaran di setiap satu buku yang terjual di Google Play Book, kalian harus menautkan rekening bank. Sebab, hasil penjualan buku akan ditransfer ke rekening bank yang sudah kalian daftarkan. Sekaligus akan ada juga detail biaya pajak dari hasil penjualan buku yang kalian jual di Google Play Books.

Penutup

Jika kalian ingin mendapatkan lebih banyak pemasukan, praktis kalian bisa menambah semua judul buku yang sudah kalian tulis di Google Play Books.

Langkah-langkahnya persis seperti yang sudah saya jelaskan di atas. Awali dengan masuk ke menu Book Catalogue, sehingga bisa menambahkan judul baru di dalamnya.

Saya rasa, semakin lengkap dan semakin jelas deskripsi bukunya maka semakin mudah juga akan mendapatkan pembeli.

Pengaturan wilayah penjualan juga dapat diperluas jika memang penjualan buku kalian untuk negara lain atau bahkan ke seluruh dunia. Sebab, bisa jadi, buku-buku yang dijual akan memudahkan masyarakat Indonesia yang tinggal di negara lain mendapatkan buku-buku kalian tersebut.

Bagaimana? Mudah sekali, kan, langkah-langkah yang mesti kalian tempuh untuk memahami informasi cara menjual buku di Google Play Book?

Notes:

Jika kalian tidak ada waktu dan masih bingung cara menjual buku di Google Play Book, kalian dapat menggunakan jasa saya dalam menjual buku kalian di platform milik Google ini.

Info harga jasa, silakan klik kontak kerjasama saja.

Sekian.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url