Cara Mendaftar Menjadi Penulis Online berdasar Pengalaman

Cara Mendaftar Menjadi Penulis Online

Saya rasa belum terlambat apabila kalian ingin full time berprofesi sebagai penulis online atau sekadar nyari uang tambahan dari menulis. Sebab, jenis hobi yang satu ini memang dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Langkah awalnya tentu harus mencari tahu dulu informasi mengenai cara mendaftar menjadi penulis online. Setelah tahu informasinya, dan setelah tahu situs web mana saja yang bisa membayar kiriman artikel atau karya dari kontributor, maka mulailah menulis.

Saya pun dulu begitu. Sibuk mencari daftar website atau media online yang membayar tulisan, dan setelah menemukan situs webnya, barulah nyoba-nyoba ngirim tulisan.

Jadi, jika kalian saat ini sedang mencari informasi terkait cara daftar jadi penulis online, langkah kalian berarti sudah tepat. Langkah selanjutnya, baca postingan ini hingga akhir. Saya menulis artikel ini berdasar pengalaman pribadi.

Baik, mari saya mulai...

Apa yang disebut dengan penulis online? Pahami ini.

Yang disebut dengan penulis online adalah orang-orang yang hobi menulis, yang menuangkan tulisannya dalam bentuk text, baik itu opini atau cerita, dan hanya aktif via online saja.

Apakah ada penulis yang aktif via offline?

Banyak. Salah satunya ghost writer yang fokus menulis buku untuk klien-kliennya. Sementara itu penulis online merupakan kumpulan orang yang suka menulis dan mengirimkan tulisannya ke media online, ke platform penulisan novel online, dan intinya, mereka berkarir dan eksis berkarya via online saja.

Apakah menjadi penulis online menjanjikan?

Saya rasa menjanjikan karena banyak penulis online yang bisa bertahan hidup dari tulisan-tulisannya. Tapi, perlu dicatat bahwa untuk mendulang banyak uang, untuk mendapatkan banyak pembaca, prosesnya lumayan panjang. Nggak sekali nulis, uang langsung ngalir.

Pokoknya perjuangannya luar biasa. Maka dari itu, nggak sedikit juga orang-orang yang sudah terjun menjadi penulis online lalu menyerah.

Akan tetapi, ini tergantung niat teman-teman sekalian. Memang kalau fokusnya mencari uang dari menulis, siap-siap saja merasakan yang namanya ke-ce-wa.

Bagaimana cara mendaftar menjadi penulis online?

Balik ke inti pembahasan, lantas cara daftarnya seperti apa? Dan situs web atau platform mana saja yang sekiranya bisa kalian coba, untuk kemudian setidaknya bisa mendapatkan uang.

Cara daftar jadi penulis online

Dari berbagai macam media online dan platform penulisan novel online, syarat daftarnya mudah saja. Utamanya kalian memerlukan email dan nomor ponsel yang aktif. Itu saja. Selebihnya nama lengkap, nama pena, kata sandi saat sign up, itu dapat kalian atur sendiri.

Daftar situs web untuk menjadi penulis online

Sebelum mengetahui situs web mana saja yang bisa kalian akses untuk berkarir di dunia penulisan online, alangkah baiknya kalian memilih dulu; mau jadi penulis online yang fokus menulis artikel opini, listicle, atau penulis novel online?

Jika kalian ingin berkarir di media online, situs web yang saya rekomendasikan adalah Terminal Mojok. Ia merupakan situs UGC-nya Mojok.co. Satu tulisan yang dimuat akan dibayar Rp 25.000 (per hari ini). Kalau dulu Rp 20.000, sekarang sudah naik.

Terminal Mojok ini benar-benar membayar tulisan kontributor. Ia tidak membutuhkan jumlah views untuk dibayar. Artikel kalian jika yang pembacanya sedikit, tetap akan dibayar. Berbeda dengan situs UGC lainnya yang menggunakan sistem jumlah baca.

Untuk mengetahui cara supaya tulisan tembus di Terminal Mojok, silakan baca artikel saya: Tips Menulis di Terimal Mojok.

Pertanyaannya, selain Terminal Mojok, situs mana lagi yang membayar tulisan para penulis online? Saya sudah pernah membahasnya juga lewat tulisan: 5 Media Online yang Membayar Penulis Online.

Silakan baca kedua artikel di atas untuk mendapatkan informasi lebih jelas.

Sebagai catatan, sekali lagi saya informasikan bahwa cara daftarnya gampang saja. Tidak perlu melakukan sign up. Hanya dengan mengirim artikel di formulir yang sudah disediakan, tulisan kalian sudah masuk ke email media-media online tersebut.

Mudah, kan?

Daftar platform penulisan novel online yang membayar penulis online

Sekarang, bagi kalian yang ingin menjadi penulis novel online, ada beberapa platform yang bisa kalian coba untuk berkarir.

Rekomendasi pertama dari saya adalah Fizzo. Ini platform yang lagi ramai diperbincangkan oleh para penulis novel online. Sebab, bonus yang diberikan nggak tanggung-tanggung, gede banget.

Kedua, kalian dapat berkarir di KaryaKarsa. Jika Fizzo fokus pada novel online, artinya menulis cerita fiksi, beda lagi dengan KaryaKarsa, bukan hanya nulis cerita, kalian bisa nulis cerita horor berdasarkan fakta, kalian dapat menjual ebook di sana, dan bukan hanya untuk penulis saja di KaryaKarsa, konten kreator lainnya kayak desainer dan lain-lain, bisa menaruh karya juga untuk kemudian dijual.

-

Simpelnya, pertanyaan bagaimana cara mendaftar menjadi penulis online, jawabannya nggak rumit kok. Kalian hanya perlu mengunjungi situs web yang saya jelaskan di atas, terus log in, terus berkarir deh.

Intinya coba aja dulu. Siapa tahu menghasilkan.

Sekian, itulah penjelasan saya di postingan ini. Semoga bermanfaat.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url