5 Ide Menulis di KaryaKarsa bagi Penulis

5 Ide Menulis di KaryaKarsa bagi Penulis

Sudah sejak lama sebenarnya saya mengenal KaryaKarsa. Saya tahu platform ini dari seorang teman. Ditambah lagi, banyak di grup penulisan yang membicarakan KaryaKarsa.

Overall, saya menganggap bahwa platform ini sudah terkenal sekali. 

Akan tetapi meskipun sudah dikenal sama banyak penulis atau konten kreator, tetap saja untuk mendapatkan banyak pembaca di KaryaKarsa itu susah sekali. Kita harus memiliki penggemar dulu. Barulah membuat karya di KaryaKarsa.

Kalau tidak begitu, rasanya sulit untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Nah, melalui artikel ini, saya akan share tentang ide menulis di KaryaKarsa, khususnya bagi orang yang suka menulis saja. Ide menulis ini bisa kalian aplikasikan.

Dan siapa tahu penggemar kalian bertambah banyak. Lebih dari itu, saya pengin ngasih tahu juga promosi karya yang kalian buat itu harus seperti apa.

Baca Juga: Cara Menulis Naskah Podcast

Penasaran dengan ide dan cara promosi di KaryaKarsa?

Silakan simak penjelasan berikut ini:

Apa itu KaryaKarsa?

Saya memandang bahwa KaryaKarsa merupakan platform yang dikhususkan untuk menampung karya yang dibuat sama konten kreator.

Bukan hanya menampung saja, tapi juga karya yang dipublish di platform ini bisa dimonetisasi oleh si konten kreator itu sendiri dengan penjualan karya yang bisa ditentukan sendiri.

Platform ini bermanfaat bagi banyak konten kreator. Katakanlah KaryaKarsa, setidaknya bisa membikin kreator bertahan hidup dengan karyanya itu.

Ide menulis di KaryaKarsa

Untuk penulis, saya sudah mengumpulkan lima ide menulis yang dapat kita tuangkan di platform ini. Berikut adalah penjelasannya:

1. Membuat tulisan kategori fiksi

Kalau kalian sudah mendapatkan banyak views di platform lain, sebuat saja misalnya Wattpad. Dan kebetulan juga belum ada sama sekali penerbit yang menengok dan belum juga mendapatkan uang, maka, sebaiknya tuangkanlah sebagian cerita kalian di KaryaKarsa. Atau kalian membuat cerita terbaru di platform ini.

Bukankah rasanya senang sekali dan bangga apabila karya yang kita buat mampu mendatangkan uang. Meski, memang, tidak segala karya dikhususkan untuk uang. Tapi, kenyataannya kita butuh uang. Maka dari itu, buatlah karya di KaryaKarsa. Dan jual karya fiksi kalian.

2. Membuat artikel biasa

Untuk orang-orang yang tidak pandai menulis fiksi, coba menulislah kategori non-fiksi. Lebih penasaran dan menarik kalau artikelnya berisi tentang panduan atau tips atau strategi.

Misalnya, nulis tentang panduan agar naskah diterima sama penerbit mayor. Atau tips menulis buku supaya lolos redaksi, atau juga membagikan artikel strategi memasarkan karya.

Mula-mula tulisan jangan dimonet dulu, gratiskan. Kedepannya, barulah jual.

3. Menulis dan membuat audiobook

Di KaryaKarsa, kita dapat berkarya lewat audio.

Nah, untuk orang yang suka menulis dan merasa dirinya sebagai seorang penulis, ide yang perlu kalian eksekusi yaitu menulis audiobook di notes. lalu rekam. Dan unggah auidiobook-nya di KaryaKarsa.

Jual juga karya audiobook kita.

4. Bikin podcast tips-tips menulis (khusus bagi yang sudah banyak penggemar)

Terlihat menarik saja kalau ada penulis buku yang katakanlah sudah banyak pembaca, lalu berkarir juga melalui podcast pribadinya.

Nah, kalian, yang sudah pandai dan bagus tulisannya sehingga selalu lolos redaksi platform penulisan novel, coba sesekali bagikan tips-tips menulis lewat podcast.

Kalau jadwal menulis kalian padat, kan, salah satu solusi untuk menuangkan ide tulisan, yakni dengan cara direkam. Dan orang biasanya lebih mudah memahami ilmu lewat suara.

Buatlah podcast tentang tips-tips menulis, lalu jual di KaryaKarsa.

5. Mengunggah ebook tulisan sendiri

Kalau sudah bikin buku sendiri, convert filenya ke PDF, lalu jadikan ebook. Dan langsung jual aja di KaryaKarsa.

Bukan hanya buku sebenarnya, bisa juga tulisan-tulisan ilmiah. Atau artikel-artikel yang dibutuhkan sama para blogger. Karena blogger yang mengelola banyak blog selalu membutuhkan jasa penulis artikel.

Bagaimana, ide menulis ini, dapat kalian pahami, kan?

Cara promosi karya untuk mendapatkan banyak dukungan

Dari berbagai macam pengalaman orang yang berkarya di KaryaKarsa, untuk promosinya itu, salah satunya lewat media sosial dan grup-grup penulisan. Sayangnya, promosi seperti ini hitungannya kurang efektif juga. Namun, bisa kalian coba.

Satu saran dari saya adalah promosi saja cerita yang kalian publish di KaryaKarsa itu di Twitter. Sama kayak menulis cerita AU, sudah ada tempat promosinya di Twitter.

Cara promosinya gimana? Silakan baca ini: cara promosi cerita AU di Twitter.

Kesimpulan

Sebenarnya bentuk promosi karya itu banyak. Cuman, paling oke mah ya tetep saja, sebelum berkarya di KaryaKarsa, harus punya pembaca atau penggemar dulu, setidaknya di platform lain seperti Wattpad, GoodNovel, dll.

Dengan begitu, mudah untuk memonetisasai karya.

Demikian penjelasan saya tentang ide menulis di KaryaKarsa, khusus bagi penulis.

Sekian.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url