Berapa Harga Menerbitkan Buku? Ini Jawaban Jujur dari Penerbit

Berapa Harga Menerbitkan Buku

Bukan hanya kalian saja yang penasaran tentang berapa harga menerbitkan buku, saya pun dulu juga sama penasaran.

Ketika saya ingin menerbitkan buku pertama, pasti pertanyaan biaya penerbitan buku kerap muncul di kepala saya.

Kenapa pada saat itu saya memilih jalur penerbitan indie, sebagai jalan pertama untuk menerbitkan naskah buku saya?

Alasannya sederhana saja, yaitu saya tidak percaya diri sama tulisan saya sendiri. Sehingga enggan mengirimkan naskah ke penerbit mayor. Dan lebih memilih mengeluarkan uang sendiri.

Lebih dari itu, setelah saya berbincang dengan banyak penulis lokal, kata mereka, jangan merasa gengsi menerbitkan buku di penerbit indie. Yasudah, pede aja nerbitin buku di penerbit indie berbayar.

Berikut artikel tentang perbincangan saya dengan penulis lokal, pernah saya muat ceritanya lewat artikel: jangan gengsi menerbitkan buku di penerbit indie.

Oke, mari kita masuk ke pokok pembahasan. Yakni, berapa sebenarnya harga atau uang yang perlu kita keluarin buat menerbitkan buku?

Inilah jawabannya:

Berapa harga menerbitkan buku?

Jadi gini..

Harga menerbitkan buku di penerbit indie berbayar, beda-beda tentunya. Bahkan, kalian harus tahu bahwa ada dua biaya yang perlu kalian keluarkan untuk menerbitkan naskah buku. Pertama, biaya penerbitan. Kedua, biaya cetak.

Nah, harga penerbitan dan cetak, itu beda-beda. Setiap penerbit mematok harga yang beragam. Di penerbit A, tidak akan sama biaya terbitnya dengan penerbit B. Selalu ada perbedaan harga.

Akan tetapi kalau saya simpulkan, rata-rata harga menerbitkan buku itu di kisaran Rp 500.000. Itu biaya terbit saja. Biasanya termasuk juga biaya editing, layout, pembuatan cover, pendaftaran ISBN yang diurus sama penerbit, dan masih banyak lagi.

Menerbitkan buku lewat agensi penulis Garut pun harganya segitu. Dan semua sudah kumplit. Penulis terima beres saja.

Selebihnya, penulis tinggal memikirkan, mau cetak berapa banyak buku. Harga cetak biasanya tergantung halaman naskah. Semakin banyak halaman naskah buku, semakin gede juga kalian harus mengeluarkan uang.

Lebih dari itu, penerbit punya aturan sendiri, seperti minimal cetak harus 10 atau 50. Kesananya tinggal hitung sendiri biaya cetak dengan jumlah buku yang ingin kalian cetak.

Agar mempermudah perkiraan kalian ketika ingin nerbitin buku. Berikut rinciannya:

Biaya nerbitin buku/biaya penerbitan: 500K.
Biaya cetak buku 1 eks = 32K dengan minimal 120 halaman.

Kalau di penerbit saya, hitungannya segitu.

Barangkali kalian berminat menerbitkan buku di agensi penulis Garut, silakan tengok syarat & ketentuannya di: agensi penulis Garut.

Apakah 500K sudah termasuk biaya penerbitan paling murah?

Ada lagi sebenarnya yang lebih murah. Ada yang mematok harga biaya penerbitan 300K. Tapi, kualitas kertas biasanya kurang baik.

Dan rata-rata, hasil editingnya pun tidak terlihat bagus lah KBBI-nya. Kayak asal-asalan. Saking murahnya, banyak pesanan, sehingga tidak detail memeriksa kata-kata yang typo.

Tapi jelas, tidak semua penerbit yang murahan dengan masang harga penerbitan segitu, kualitasnya buruk. Tidak, tidak semuanya begitu. Ada juga yang bagus. Asal, penulisnya pintar dalam memeriksa setiap kata sebelum fiks naskahnya dicetak dalam bentuk buku fisik.

Selain paling murah dengan harga 300K, ada juga yang mahal banget. Biasanya jenis penerbit ini suka menginformasikan paket penerbitan dengan menjelaskan juga kekurangan dan kelebihan di setiap paketnya. Sehingga, penulis tinggal milih, sesuai budget yang dimiliki.

Kesimpulan

Itulah barangkali jawaban singkat saya mengenai pertanyaan berapa harga menerbitkan buku. Untuk detail rinciannya, kalian bisa baca artikel berikut ini: rincian biaya pembuatan buku.

Semoga artikel ini ada manfaatnya!

Sekian.
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url