5 Tips Menulis di Cabaca agar Trending

Tips Menulis di Cabaca

Setiap memasuki bulan baru, saya pasti bakal mereview aplikasi menulis. Dan, pada bulan ini, saya tertarik ingin mengulas aplikasi Cabaca. Ini adalah platform menulis yang kalau saya perhatikan, banyak juga penggemarnya.

Untuk teman-teman yang baru berkunjung ke blog ini, silakan baca artikel saya yang sebelumnya tentang aplikasi Fizzo. Salah satu aplikasi menulis novel online yang lagi trending di kalangan para novelis. Baca ulasannya di Review Fizzo.

Baik, mari kita ulas tentang Cabaca dan apa saja tips menulis di Cabaca agar trending.

Apa itu Cabaca?

Cabaca boleh dibilang sebagai aplikasi untuk membaca cerita novel dan ia fokus juga pada penerbitan digital. Konsep Cabaca agak berbeda dengan kebanyakan platform digital lainnya yang banyak bermunculan belakangan ini.

Satu-satunya hal yang kemudian menjadikan Cabaca berbeda dengan platform digital lainnya adalah, adanya kurasi atau juga seleksi terhadap naskah yang masuk.

Terlebih lagi, adanya proses penyuntingan yang baik di setiap cerita yang mereka tawarkan. Gambarannya begini, satu karya di Cabaca itu sudah pasti akan diperhatikan oleh redaksi Cabaca dari hulu ke hilirnya.

Per 16 Mei 2022, Cabaca kini sudah mengalami perkembangan yang luar biasa, khusus bagi para penggunanya. Mereka membuat sesuatu yang baru, yakni adanya fitur 'karya'. Dengan adanya fitur ini, untuk menjadi penulis di Cabaca, terbilang mudah banget.

Ingin jadi penulis di Cabaca?

Simak penjelasannya di bawah ini: 

Bagaimana cara menjadi penulis di Cabaca?

Khusus untuk menulis di fitur 'karya', perhatikan panduannya berikut ini:

1. Kalian harus masuk dulu ke akun Cabaca.

Buat yang belum sign up, silakan daftar dulu lewat web atau aplikasi Cabaca.

2. Pilih tanda (+) di bagian bahwa aplikasi atau di websitenya
3. Pilih menu "Tulis karya baru"
4. Silakan pilih sampul yang pengin kalian gunakan atau kalian bisa juga unggah sampul buatan sendiri
5. Masukkan nama, judul, genre, dan juga tagar
6. Tulis blurb dan deskripsikan cerita kalian supaya pembaca tertarik membaca karya kalian
7. Silakan menulis, kemudian submit!

Menurut saya, gampang lah ya untuk nulis di Cabaca ini. Khususnya untuk fitur Karya.

Tips menulis di Cabaca

Baru-baru ini saya membaca dan memperhatikan salah satu cerita yang lagi tren di Cabaca. Dan ini tulisannya:

Menulis di Cabaca

Oleh karena saya memperhatikan cerita di atas, maka kesimpulan saya untuk tips nulis di aplikasi ini adalah..

1. Gunakan bahasa Inggris dalam judul cerita

Penggunaan judul cerita berbahasa asing bukan hanya populer di Cabaca saja, tapi hampir di semua platform menulis novel online, judul cerita yang menggunakan bahasa asing (khususnya bahasa Inggris) ramai dibaca. Pembaca seolah terketuk hatinya untuk mengklik judul cerita bahasa asing.

Ini mungkin tips yang dapat kalian bantah, tapi empat dari lima judul cerita yang lagi tren di Cabaca, kebanyakan menggunakan bahasa Inggris singkat.

2. Buat blurb cerita yang menarik

Masih merasa kesulitan membuat blurb yang menarik perhatian pembaca?

Saya pernah menulisnya. Bahkan, tulisan tentang blurb yang saya publikasikan di blog ini sudah dibaca oleh ribuan orang.

Silakan simak aja: Blurb Novel dan Cara Saya Membuatnya. Lewat tulisan tersebut, saya jamin kalian bakal bisa bikin blurb yang unik. Baik itu unik di hadapan pembaca maupun redaksi platform menulis.

3. Pilih genre romance

Sebagai pemerhati platform penulisan novel, entah mengapa, genre romance ini kerap saya lihat sebagai genre paling unggul jika dibandingkan dengan genre cerita lainnya.

Pun di Cabaca, daftar cerita yang lagi populer, kebanyakan genre-nya romance. Apalagi kalau genre ini dikaitkan dengan permasalahan orang dewasa. Maka dari itu, jangan ragu menulis cerita genre romance dan adult.

4. Maksimalkan penggunaan tag yang banyak

Kalau memasukkan 'tag', jangan dikit. Yang banyak aja. Tagar-tagar yang perlu kalian tulis mesti relevan dengan isi cerita.

Kalau dalam cerita kalian ada masalah perselingkuhan, bikin tag aja "perselingkuhan' atau 'playboy', 'perjodohan', 'parenting', 'rumahtangga', dan lain-lain.

Paham, kan, maksud saya?

5. Menulis dengan sungguh-sungguh

Sebagai orang yang pernah bekerja di salah satu platform menulis novel, saya selalu mempertimbangkan penulis yang rajin update cerita. Sebab, saya menghargai waktunya. Saya menghargai keseriusannya.

Oleh sebab itu kalau pengin dapat cuan di platform apapun itu, kesungguhan atau konsisten adalah kunci pertama. Minimal update 2 hari sekali. Ini sudah bagus, sih.

Cara memonetisasi karya di Cabaca

Pengin dapat uang dari Cabaca?

Gampang aja.

Caranya adalah nulis aja dulu, publish aja dulu, sekiranya tulisan atau cerita sudah kelihatan bagus menurut diri sendiri, maka ajukan ke editor untuk memonetisasinya.

Untuk memonetisasinya, kalian setidaknya perlu membuat 35 bab dengan panjang minimal 500 kata, ini khusus fitur karya tadi.

Apakah semua karya bakal masuk proses kurasi?

Bakal. Kalau kalian pembaca premium, kalian bakal mendapati bacaan yang enak dibaca. Kualitas cerita di Cabaca tetap terjaga tentunya.

Karya apa saja yang dimonet?

Adalah novel fiksi saja.

Kesimpulan

Aplikasi ini, menurut saya, selalu saja improve sehingga perkembangannya bagus. Mereka itu pelan, tapi pasti. Barangkali aplikasi ini tidak sepopuler apk lainnya, tapi saya sangat mendukung karya anak bangsa.

Baik, itu saja penjelasan tips menulis di Cabaca.

Sekian.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url