7 Buku Islam Best Seller Sepanjang Masa

Buku Islam Best Seller Sepanjang Masa

Lewat postingan ini, saya akan menjelaskan tentang buku Islam best seller sepanjang masa. Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa tiap genre buku, pasti ada yang best seller-nya. Dan biasanya buku best seller paling dicari oleh pembaca yang suka sama genre buku tersebut.

Pun dengan buku Islami, jelas bahwa Indonesia merupakan negara muslim. Sehingga, banyak pembaca yang menyukai bacaan Islami. Dan tidak sedikit juga bahwa banyak penulis di Indonesia yang ahli dalam menulis buku Islami.

Untuk kalian yang berniat ingin menulis buku Islami, sebaiknya simak penjelasan saya tentang cara membuat buku novel Islami.

Baik, mari kita bahas.

Apa itu buku Islam best seller?

Buku Islam best seller adalah jenis buku yang membahas tentang segala hal yang bernuansa Islami, dengan catatan bahwa buku Islami-nya laku banget. Sebab, tentu saja tidak sedikit buku Islami yang diterbitkan, tapi tidak begitu laris.

Dalam buku ini terdapat ayat-ayat Al-Quran dan Hadits. Atau kisah-kisah Nabi. Atau bisa juga di luar itu karena Islam mengurus segala hal. Membahas semua aspek kehidupan. Sehingga, buku Islami pun ada sub-genre-nya.

Lantas, buku Islam mana yang paling laris sepanjang masa?

Ini jawabannya:

List buku Islam best seller sepanjang masa

1. Buku Tanqih al-Qaul

Kitab Tanqih al-Qaul al-Hatsits ini sangat populer di kalangan pesantren. Para kiai menjadikannya sebagai rujukan atas keutamaan amal ibadah (fadha`il al-a’mal) sehari-hari yang sering terlupakan. 

Kitab ulasan hadis ini diajarkan oleh kiai kepada para santri dan masyarakat umum. Ditulis oleh ulama legendaris Indonesia, Syekh Nawawi al-Bantani (1813—1897 M) sebagai syarah (penjelasan) atas hadis-hadis pilihan dalam kitab Lubab al-Hadits karya Imam as-Suyuthi (1445—1505 M).

2. Buku Risalah Al-Amin Imam Syadzili

Agar sampai kepada Allah, seorang hamba harus menapaki jalan yang berliku, terkadang menanjak dan bahkan terjal. Buku ini adalah petunjuk agar selamat sampai ke tujuan utama seorang hamba dalam hidupnya, yaitu Allah swt.

Dalam terma tasawuf, sampai kepada Allah disebut wushul. Wushul ini dapat diperoleh oleh hamba Allah yang mampu membersihkan dan membuka ‘ainul bashirah (mata hati). Agar sampai pada level tersebut, seorang hamba harus melatih dirinya sendiri.

Ketika tabir ‘ainul bashirah hamba tersingkap, maka akan membawa hamba menuju pengalaman spiritual tertinggi, yaitu haqqul yaqin.

Buku ini bermanfaat bagi mereka yang menapaki jalan tasawuf dan tarekat. Di dalamnya menjelaskan terminologi-terminologi yang digunakan dalam tasawuf. 

3. Buku Intisari Riyadhus Shalihin

Kelebihan buku ini  ada pada pemilihan hadist-hadistnya yang di pilih secara detail, akurat, dan hanya mencantumkan riwayat-riwayat yang shohih dan hasan.

Dengan demikian, hadirlah buku yang lebih praktis dan mudah di amalkan oleh pembaca tanpa mengurangi kekuatan isi buku aslinya.

Buku ini berisi kumpulan hadist-hadist tentang adab, fadhilah amal, targhib (motivasi) dan tarhib (peringatan), zuhud, pendidikan akhlaq, penyucian jiwa, serta rambu-rambu syariat.

4. Buku Ada Bid’ah di Masjid

Di Indonesia, masjid memiliki beragam penyebutan. Ada yang menyebutnya surau, langgar, musholla, tajug, dan lain sebagainya.

Bahkan, untuk masjid sendiri juga memiliki banyak sebutan. Diantaranya masjid agung, masjid jami’, masjid raya, dan lain sebagainya. Keragaman penyebutan ini diantaranya disebabkan oleh fungsi, kepemilikan, keberadaan, dan ukurannya.

Masalahnya sekarang adalah, sampai dimana batasan masjid dalam berbagai sebutannya diatas? Kriteria, tata krama, serta aktivitas atau kegiatan apa saja yang boleh dilakukan didalamnya?

Inilah yang menjadi pokok masalah perlunya dirumuskan fiqih masjid, yakni pemahaman yang mendalam terhadap berbagai ketentuan dan informasi yang berkaitan dengan masjid.

5. Buku Kitab Dalail al-Khairat

Kitab Dalail al-Khairat karangan Syekh Muhammad bin Sulaiman al-Jazuli.

Kitab ini merupakan jajaran kitab shalawat paling tua dan legendaris dalam khazanah islam. Kitab ini sampai sekarang masih di baca oleh umat islam di berbagai negeri, termasuk Indonesia.

Kitab Dalail al-Khairat ini menjelaskan bagaimana tata cara bershalawat yang indah kepada Baginda Rasulullah SAW.

6. Buku Biografi Ibn Arabi

Buku ini sangatlah tepat bagi Anda untuk dijadikan rujukan dalam memahami sesosok sufi Ibn Arabi; memahami hakikat tasawuf; dan tentunva memahami Islam dengan ajarannya yang humanis, santun, dan elegan sebagaimana diajarkan Nabi Muhammad SAW. dan para sahabatnya.

Membaca buku ini, pembaca yang budiman akan diajak menyelami kisah anak manusia dalam perjuangannya menemukan keshalehannya secara manusiawi dalam sejarah. Kisah yang dituturkan dalam buku ini, seakan hidup mengisi kekosongan spiritualitas kita, dan sangat kontekstual di tengah krisis kemanusiaan saat ini

7. Buku The History of Hadith

Buku The History of Hadith : Historiografi Hadits Nabi dari Masa ke Masa karangan Prof Muhammad Abu Zahw.

Buku mengenai Hadist yang singkat namun berbobot. Serta bahasa yang di gunakan juga kekinian. Sangat memudahkan bagi pemula yang ingin mendalami hadist.

Penutup

Sebenarnya masih ada banyak buku Islam best seller sepanjang masa yang dapat kalian ketahui. Tapi, saya hanya merekomendasikan 7 buku saja. Dan ketujuhnya dapat kalian pesan dengan mudah di berbagai marketplace.

Sekian.

Itu saja penjelasan kami.

Semoga bermanfaat!

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url