Cara Membuat Tentang Penulis di Halaman Terakhir Buku

Cara Membuat Tentang Penulis

Di bagian belakang buku, kalian pasti akan menemukan halaman "Tentang Penulis", atau juga dikenal sebagai halaman "Bio Penulis".

Sebelumnya, saya telah menulis cara membuat biodata penulis, tetapi merancang halaman "Tentang Penulis" lebih dari sekadar kata-kata.

Ada semacam elemen desain, pemformatan khusus, dan bahkan hal-hal tertentu yang harus kalian tambahkan selain bio itu sendiri.

Oleh karena itu, untuk membantu kalian mendapatkan ide yang lebih baik tentang bagaimana cara membuat Tentang Penulis, saya akan menunjukkan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, dan bagaimana memformatnya dengan benar, sehingga nantinya akan memberikan kesan terbaik kepada pembaca.

Apa Saja Komponen Halaman Tentang Penulis?

Sebelum masuk ke cara membuat halaman Tentang Penulis yang bagus, mari kita bicara dulu tentang semua komponen kecil yang kita perlukan. Dan ini termasuk:
  • Bio singkat: ini jelas. Kalian akan membutuhkan satu atau dua paragraf pendek dengan beberapa data biografis tentang diri sendiri.
  • Kredensial/penghargaan: jika kalian memiliki penghargaan atau kredensial khusus yang membuat kalian memiliki otoritas dalam suatu subjek, ada baiknya untuk menyebutkannya.
  • Ajakan untuk bertindak: halaman Bio Penulis bukan hanya bagi pembaca untuk mengetahui tentang penulis. Kalian pasti ingin mereka mengambil tindakan juga, itulah sebabnya menyebutkan atau mencantumkan email, situs web, media sosial, atau buku lainnya bisa menjadi cara yang baik untuk merangsang tindakan lebih lanjut.
  • Situs web dan tautan sosial: halaman Tentang Penulis adalah tempat yang tepat untuk menambahkan tautan ke situs web, maupun media sosial kita sendiri.
Meskipun kelihatan tampak sederhana, sebenarnya ada banyak cara berbeda untuk membuatnya lebih bagus.

Nah, langsung saja kita ke langkah-langkahnya…

Cara Membuat Tentang Penulis 

Langkah 1: Tulis Bio Penulis

Sebelum kalian membuat halaman Tentang Penulis yang luar biasa, kalian harus menulis Bio Penulis. Berikut adalah beberapa tips singkat untuk membuat biografi singkat:
  • Ingat audiens: Jika kalian menulis romansa yang bagus, kalian mungkin tidak perlu menyebutkan kecintaan pada Dungeons & Dragons, meskipun hal itu mungkin hal yang baik untuk disertakan jika sedang menulis fantasi epik.
  • Mulailah saja dengan sebuah ikatan: Kalian mungkin menginginkan kalimat pendek yang kuat untuk menyampaikan segalanya dan juga ingin memikat pembaca sehingga mereka ingin melanjutkan membaca.
  • Tunjukkan bidang keahlian kita: Ini sangat penting jika kalian menulis nonfiksi, tetapi menambahkan penghargaan atau alasan lain mengapa kalian memenuhi syarat untuk menulis adalah cara yang bagus untuk mendapatkan kredibilitas.
  • Tambahkan sentuhan pribadi: Di akhir Bio Penulis, kalian harus menambahkan sesuatu yang bersifat pribadi yang membuat kalian lebih cocok dengan audiens. Ini bisa menjadi catatan tentang minat, hobi, hewan peliharaan, keluarga, dll.
  • Akhiri dengan ajakan bertindak: Terakhir, Bio Penulis harus diakhiri dengan catatan singkat tentang tindakan apa yang dapat dilakukan pembaca. Ini bisa apa saja mulai dari mendaftarkan ke daftar email hingga mungkin membuat pembaca akan menstalking akun TikTok kalian.

Langkah 2: Format Halaman Bio Penulis

Format Halaman Bio Penulis


Sekarang saatnya untuk memformat halaman Tentang Penulis.

Ke mana nantinya halaman Tentang Penulis disimpan? Halaman Tentang Penulis berada di bagian belakang buku. Biasanya, ini adalah salah satu halaman terakhir yang akan kalian temukan dalam sebuah buku.

Apakah ada perbedaan antara ebook dan format halaman Bio Penulis yang dicetak pada buku? 

Ya, perbedaan utama adalah bahwa tautan apa pun yang kalian sertakan harus dieja dalam versi cetak, sedangkan seseorang yang membaca versi ebook cukup mengklik tautannya maka sudah masuk ke web atau ke akun sosmed kalian.

Dan, tentu saja, format apa pun yang kalian terapkan ke seluruh buku cetak, seperti ukuran trim dan margin, harus sama untuk halaman Tentang Penulis.

Haruskah saya menambahkan Foto Penulis?

Itu tergantung. Namun, jika kalian memiliki gambar penulis hebat yang menurut kalian sangat cocok dengan halaman bio penulis, kalian dapat memasukkan fotonya. Kalian dapat menaruhnya di tengah, atau mengambang di samping bio.

Tapi, pastikan bahwa gambar kalian cocok.

Langkah 3: Tambahkan Tautan Sosial

Satu hal yang banyak penulis lupakan, adalah menambahkan tautan sosial, tautan ke situs web mereka, atau tautan Call To Action (CTA) (tautan yang menunjuk ke sesuatu yang mereka ingin pembaca lakukan, seperti pendaftaran email).  

Halaman Tentang Penulis adalah halaman SEMPURNA untuk ini. Ini adalah poin terbaik untuk memberi mereka kesempatn karena fakta bahwa mereka ada di halaman ini, berarti bahwa mereka tidak hanya membaca buku, tetapi mereka pasti menyukainya dengan cukup baik untuk menyelesaikannya.

Dengan membaca Halaman Penulis, ini akan menunjukkan bahwa mereka tertarik pada kalian, dan mengenal kalian lebih baik. 

Jadi, memberi mereka kesempatan untuk mengikuti kalian dengan mencantumkan link sosmed, saat ini, sangat penting. Namun, bagaimana cara mendesain ini agar tidak terlihat membosankan, atau berbelit-belit rumit. Untungnya ada cara untuk menangani ini. Salah satunya edit sendiri atau meminta editkan kepada editor.

Pada intinya, satu hal yang setidaknya harus kalian lakukan adalah mencantumkannya di bawah bio penulis secara terpisah.

Langkah 4: Buat Template yang Dapat Digunakan Kembali

Buat Template yang Dapat Digunakan Kembali


Setelah halaman Tentang Penulis selesai, kemungkinan besar kalian ingin menyalin pekerjaan yang telah kaliam lakukan sehingga kalian dapat menghemat waktu menambahkan halaman lain ke buku lainnya.

Jika kalian menggunakan program pemformatan lain, kalian harus menyalin dan menempelkan halaman Bio Penulis secara manual ke setiap buku yang ingin kalian cetak.

Tidak hanya itu, kapan pun kalian ingin mengubah halaman Bio Penulis, kalian harus menyalin dan menempelkan ke versi terbaru secara manual ke setiap buku.

Kesimpulan

Dengan menggunakan metode di atas, kalian dapat membuat halaman Tentang Penulis yang tampak luar biasa yang tidak hanya terlihat profesional, tetapi juga akan membantu membangun pengikut di media sosial, lalu mendapatlam pengunjung ke situs web sendiri, atau meningkatkan pendaftaran email.

Itulah cara membuat tentang penulis di halaman terakhir buku.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url