+12 Tips Membuat Cerita Novel yang Menarik

Tips Membuat Cerita Novel yang Menarik

Saya rasa terbilang penting sih kalau kalian mencari tahu tentang tips membuat cerita novel yang menarik. Mengapa? Sebab, berdasar pengalaman saya menulis dan membaca novel, kadang suka merasa kurang menarik gitu ketika saya membikin cerita dan ketika saya membaca sebuah novel.

Padahal, keuntungan bikin cerita novel yang unik dan menarik, salah satunya bisa dilirik oleh penerbit (itupun kalau kita menulis novel di Wattpad, misalnya) atau keuntungan lainnya adalah bakal diterima sama penerbit mayor.

Lantas, mengapa saya berani membagikan tips ini padahal beberapa cerita novel saya kurang menarik? Yaps, beberapa hari yang lalu, saya menemukan sebuah thread di Twitter tentang tips ini. Maka dari itu, saya ingin berbagi kepada kalian karena utas di Twitter tersebut masuk akal juga isinya.

Perlu saya informasikan juga bahwa thread ini ditulis oleh akun Twitter @berryyhoonie. Berikut adalah ulasannya dan saya edit-edit sedikit.

Tips Membuat cerita novel yang menarik

Baca juga: Review Goodnovel

1. Menentukan garis besar cerita

Tentuin dulu garis besar cerita, dan biasanya dari situ juga nanti kalian bisa nentuin judul cerita novel tersebut.

• Contoh:

>> tentang kisah seorang gadis yang ditinggalkan sahabatnya
>> tentang kisah cinta si A sama si B
>> tentang anak mencari orang tuanya yang hilang setelah bencana

Ini adalah poin penting dan krusial banget bagi seorang novelis.

2. Membuat tokoh novel dan wataknya

Yang tak kalah penting juga adalah tentuin tokoh utamanya, setelah itu baru tokoh pendamping. Jika kalian paham banget sama watak dari semua tokoh, pasti nanti lebih gampang buat bikin plot karena plot akan menggambarkan keseharian si tokoh.

3. Menentukan lattar atau setting novel

Tentuin latarnya. Ini juga bisa membantu kalian buat bikin plotnya. Untuk langkah awal, coba pikirin latar utamanya. Misalnya, tahun berapa atau di mana aja si tokoh yang kalian ciptakan sering muncul.

• Contoh:

>> anak sekolahan = di sekolah
>> pekerja kantoran = di kantor
>> di jaman 1990 / 2000

4. Membikin plot inti cerita

Tentuin plot intinya. Aku sering nyebutnya “plot inti” karena cuma beberapa poin penting dan masih belum aku kembangin.

• Contoh:

>> awal : terlibat transaksi terlarang
>> konflik : di tangkap dan di denda
>> resolusi : di bebasin sama ayahnya karna ayahnya atasan si polisi

Baca juga: Cara Menghindari Plot Hole

5. Kembangkan plot inti cerita

Mulai kembangin plot intinya dengan menentukan di setiap chapter temanya apa. Misalnya, di chap 1 tentang si A ngedekatin si B, terus di chap 2 si B nyadar terus, di chap 3 si B ngejauh, dan seterusnya. Kalian bisa kembangin sesuka hati kalian. Ingat, jangan sampai nggak nyambung dan malah ngawur plotnya!


6. Buat nama tokoh novel

Kalo aku, nentuin nama tokoh itu suka berdasarkan sifat dia gimana. Biasanya, aku searching di internet. Kalian bisa cari-cari nama yang sesuai di sana. Nah, aku juga sering pake teknik menggabungkan dua nama menjadi 1. Intinya senyamannya kalian, deh.

Cerita Novel yang Menarik



7. Bikin plot twist

Bagiku, plot twist bakal nambah daya tarik pembaca. Jadi, buat lah plot twist yang nggak gampang ditebak dan harus menarik. Tapi, jangan keseringan buat plot twist karena kalau kebanyakan, nanti jatuhnya lebih gampang ketebak. Mungkin cukup 3-5 plot twist aja.

Jangan buat plot yamg terlalu jauh juga dari kehidupan asli kita. Kalian bisa buat plot yang menarik hanya dari kejadian-kejadian di keseharian kalian. itu bisa membantu readers untuk mendapatkan feelnya. Misalnya, ujian mendadak, atau turun rank, atau LDR, dan lain sebagainya.

8. Buat tokoh yang menarik pembaca

Buat tokoh yang menarik biar readers nggak bosen baca cerita. Kalian bisa buat tokoh yang belum ada di cerita lainnya. Misalnya, si A punya keahlian khusus atau si B kembar, tapi kepisah dari kecil, dll.

Jangan buat tokoh yang udah sering muncul di berbagai cerita.

Baca juga: Cara Membuat Karakter Novel yang Kuat

9. Cari referensi novel sebanyak-banyaknya

Referensi bisa dari lirik lagu, drama, film, buku, bahkan kejadian pribadi kalian. Itu ngebantu kalian dapat inspirasi plot dan gambaran tentang gimana cerita kalian bakal berjalan. Cari referensi yang banyak. Minimal dari membaca buku.

10. Tambahkan moral dan nasihat cerita

Kalian bisa selipin sedikit moral di dalam naskah kalian. Misalnya, jangan menyesal di kemudian hari, dan lain-lain. Dengan begini, cerita kalian jadi lebih bermanfaat. Cerita kalian juga bisa jadi inspirasi untuk banyak orang.

11. Tentukan minimal jumlah kata pada setiap bab

Bagiku, konsisten itu penting biar naskah terlihat lebih rapi dan teratur. Aku biasanya menetapkan setiap chapter minimal 1000 kata dan itu bisa lebih, ini tergantung plot. Nah, kalian tentukan semampu kalian aja.

12. Memikirkan tata bahasa baku dan tidak baku

Tentuin kalian mau ceritanya bertata bahasa baku atau tidak. Kalau mau baku, baku sampai tamat. Kalau mau nggak baku, nggak baku sampai tamat. Ada juga yang campuran.

Kalian harus konsisten sama keputusan itu sampai tamat. Begitulah tips membuat cerita novel yang menarik. Ini utas lengkapnya:

Begitulah tips membuat cerita novel yang menarik. Ini utas lengkapnya: Twitter Thread.

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url