Artikel Terbaru

Cara Menghindari Plot Hole - Berbagi Pengalaman!

Cara Menghindari Plot Hole


Pada materi hari ini, entah mengapa saya tergiring pengin membahas cara menghindari plot hole. Barangkali ini disebabkan karena banyak banget novel yang saya santap, tapi isi ceritanya tidak logis atau tidak masuk akal.

Nah, isi cerita novel yang tidak logis itu, sederhananya disebut dengan plot hole. Ini adalah salah satu bentuk kesalahan penulis novel yang katakan lah umum terjadi, tapi seharusnya mampu diantisipasi lebih dulu.

Plot hole tidak hanya terjadi pada novel saja sebenarnya, pada anime dan film pun kerap timbul. Entah itu pada plot hole Naruto yang nggak masuk di akal jalan ceritanya misal, atau pada plot hole one piece yang ada-ada aja juga alur ceritanya, dan tentu masih banyak lagi.

Saya rasa untuk penulis novel yang akan memperjualbelikan novelnya, dan untuk penulis novel online yang hampir tiap hari update cerita, materi plot hole ini penting kalian pahami. Sebab, salah satu bentuk kekeliruan paling fatal pada diri seorang penulis novel ialah, ya karena plot hole ini.

Jadi, inilah ulasan lengkap saya tentang plot hole.

Plot hole itu apa?

Seperti yang saya sebutkan di atas, jenis plot ini lebih kepada isi cerita novel yang tidak logis atau tidak konsisten-nya seorang penulis dalam bercerita.

Entah itu disengaja maupun tidak disengaja, yang jelas bagi sebagian pembaca, plot hole adalah bentuk kesalahan yang dapat meruntuhkan kepercayaan pembaca kepada si penulis cerita.

Lebih dari itu, memang, yang saya rasakan saat membaca novel berunsur plot hole, kadang tidak enak saja saat membacanya. Seperti ada sesuatu yang hilang.

Nah, plot hole ini biasanya kerap berlaku pada penulis-penulis novel online yang mengharuskan dirinya membuat cerita setiap hari. Atau, pada novelis yang suka terburu-buru ingin menyelesaikan naskah novel.

Maka dari itu, penting untuk kalian ketahui topik cara mengatasi plot hole ini.

Baik, langsung saja..

Cara menghindari plot hole

Sedikit bercerita, saat awal-awal menulis novel, saya sendiri pun pernah membuat cerita aneh yang tidak masuk akal.

Saking anehnya, pembaca protes. Pada intinya, saya pernah punya pengalaman buruk juga dengan si plot hole ini.

Oleh karena itu, berhubung saya sudah paham betul untuk mencegah terjadinya plot hole, maka ingin berbagai kepada kalian, dan lantas inilah hal-hal yang saya lakukan;

1. Membuat outline dulu serta mematuhinya

Untuk menjauhi timbulnya plot hole pada cerita, cara pertama yang ingin saya rekomendasikan adalah buat dulu outline cerita. Dengan catatan, setelah bikin outline, kalian wajib mematuhinya.

Nggak sedikit memang penulis novel yang tidak patuh pada apa-apa yang sudah direncanakannya. Sehingga, datang lah plot hole di novelnya.

Dengan mengikuti kerangka novel sebagai petunjuk cerita, maka ini akan meminimalisir terjadinya plot hole.

Silakan simak artikel berikut ini untuk langkah-langkah membikin kerangka novel: cara membuat kerangka pada novel.

2. Membaca cerita sebelumnya

Apa yang membuat saya sudah tidak lagi dipusingkan oleh plot hole? Atau, apa yang membikin saya sudah logis saat menulis sesuatu?

Adalah saya sering banget membaca tulisan-tulisan saya yang sebelumnya, sebelum saya melanjutkan tulisan tersebut. Pun dengan menulis novel, baca aja dulu di bagian subjudulnya. Sehingga, cerita nyambung. Nggak berkelok-kelok lagi.

Cara ini lumayan ampuh. Ia mampu mengingatkan apa yang pernah kita tulis pada draft-draft sebelumnya.

3. Jangan terlalu memaksa diri untuk membuat cerita yang menarik

Cara ketiga ini lebih ke apa adanya saja dulu dalam membikin cerita novel.

Jangan membebani diri untuk membuat cerita yang harus menarik, menarik, dan menarik. Nah gara-gara ini biasanya terbentuk lah plot hole.

Jadi, hindari poin ketiga ini untuk mengatasi plot hole.

4. Observasi terhadap novel-novel bagus yang isinya nyambung

Membaca novel yang kebanyakan plot holenya (karena plot hole bisa dibuat secara sengaja oleh si penulis cerita) maka akan membikin kalian tertarik untuk menciptakan cerita yang juga bernuansa plot hole.

Saya rasa, kalau kalian sudah memiliki banyak pembaca setia dan ahli dalam mengarang novel, lalu ahli juga membuat plot hole yang justru bikin pembaca terkesima, nah ini sah-sah saja membuat cerita nuansa plot hole. Tapi, kalau masih pemula, sebaiknya jangan.

So, mulai lah observasi terhadap novel-novel yang alur ceritanya nyambung. Hal ini guna mencegah munculnya plot hole pada novel kalian.

5. Jangan terlalu banyak menciptakan karakter tokoh

Cara terakhir yang mungkin agak kontroversional, yaitu hindari membuat banyak karakter pada cerita. Jika bisa mengaturnya mah, silakan. Jika tidak, berarti tidak usah.

Lebih bagus membuat lima karakter yang dapat dimainkan dengan apik daripada banyak, namun tidak diperhatikan dengan baik.

Coba baca ini soal menciptakan karakter novel yang bagus: cara menghidupkan karakter novel.

-

Itu saja materi cara menghindari plot hole. Semoga kalian dapat memahaminya dengan baik.

Sekian.

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.