Artikel Terbaru

Cara Menentukan Tema Novel bagi Pemula

Cara Menentukan Tema Novel

Untuk melanjutkan postingan cara menulis novel bagi pemula, hari ini saya ingin melengkapinya dengan artikel cara menentukan tema novel.

Jadi, setelah ada keinginan menulis, terkadang beberapa penulis novel dipusingkan saat memilih tema. Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa, tema novel itu banyak jenisnya. Dan penulis pemula cenderung bingung mau ngangkat tema apa untuk karya pertamanya.

Maka dari itu dalam postingan ini saya akan memberikan saran atau arahan, dan bagaimana sebaiknya kalian memastikan tema yang relate bagi diri sendiri.

Saran genre novel bagi penulis pemula

Ada beberapa genre buku atau novel yang bisa kalian ambil untuk kemudian dikembangkan. Dan saya akan memberikan tiga saran saja dalam pengambilan genre. Lalu, ini bisa dijadikan firs book dalam mengawali karir penulisan kalian.

Tema pengalaman pribadi

Tema ini adalah upaya kalian untuk belajar menulis. Hampir semua penulis yang saya kenal sepakat bahwa menulis pengalaman pribadi terbilang mudah. Tinggal eksekusi aja kejadian-kejadian yang pernah kita alami dalam hidup.

Saya pribadi pun terjun di dunia penulisan novel, tema pertama yang saya ambil ialah pengalaman pribadi. Sebab, saya rasa, hidup saya katakan lah menyakitkan daripada kehidupan orang lain. Dan intinya, ingin berbagi saja kepada banyak orang. Ditambah lagi, buat kenangan-kenangan aja.

Itu sebabnya saya dulu pernah membagikan artikel tentang cara menulis novel pengalaman pribadi. Sampai detik ini, tulisan tersebut sudah dibaca oleh ribuan orang, silakan mampir ke: cara menulis novel kisah sendiri.

Tema romance

Tema ini juga sama, apabila kalian sulit berimajinasi membuat novel romance yang bagus seperti penulis-penulis lain, ambil juga dari pengalaman pribadi.

Kisahnya nggak perlu persis banget seperti di kehidupan nyata. Tinggal kombinasikan aja dengan hasil imajniasi sendiri.

Banyak banget penulis pemula yang mengawali karir penulisannya dengan menulis novel romance campur imajinasi dan real life. Dan karya mereka lumayan bagus-bagus. Dan saya yakin, kalian mampu membuatnya.

Kumpulan quotes

Sebenarnya ini nggak masuk ke tema novel, tapi saya sisipkan saja di sini bagi penulis-penulis baru yang mungkin punya bakat membuat quotes.

Saya menyaksikan sendiri geliat orang-orang yang memiliki bakat menulis quotes, dan mereka membukukannya. Ini bisa kalian tiru. Dan saya anggap, keren sih.

Barangkali hanya tiga genre buku atau dua tema novel saja yang bisa saya kasih saran buat orang-orang yang ingin menulis buku.

Selanjutnya, perhatikan beberapa poin penting yang tertera di bawah ini.

Cara menentukan tema novel

1. Cari tema yang relate bagi diri sendiri

Kalau saja kalian sudah bosan membaca dan menulis novel bertemakan romance, mungkin ada bagusnya mencoba menulis tema keluarga.

Tema keluarga biasanya relate dengan kehidupan kita. Di tema ini banyak yang dapat kita kulik. Konfliknya ada, finansialnya ada, pergolakan batinnya ada, dan masih banyak lagi.

Jadi, cara pertama saya dalam menentuka tema, adalah mencari hal-hal yang dekat-dekat saja dengan kehidupan saya. Lalu nanti timbul lah ide novel. Dan kemudian saya segera merampungkan naskahnya.

Selain tema keluarga, kalian intip juga 11 tema novel yang sudah saya publish pekan lalu: kumpulan tema novel.

2. Ngobrol dengan sesama penulis

Hasil ngobrol dengan orang yang sehobi kadang memunculkan ide-ide baru. Para penulis sering berbagi dan berdiskusi terkait novel yang mereka baca. Di situlah obrolan tema novel kerap muncul.

Ada baiknya apabila ide menulis sudah mentok, coba sesekali minta saran kepada teman-teman kalian yang juga suka menulis.

Penulis yang baik pasti mau berbagi ide. Caranya bisa melalui grup WA penulisan, grup Facebook, Telegram, dan platform diskusi lainnya.

3. Perbanyak membaca novel berbagai genre

Dulu saya pernah, saking sulitnya menentukan tema novel, ternyata solusi paling ampuh ialah membaca novel berbagai genre. Ujung-ujungnya jadi tertarik.

Saya rakus membaca novel fiksi sejarah, ilmiah, dan semacamnya. Saya baca juga novel fantasi yang kadang-kadang nggak masuk di akal jalan ceritanya. Tapi, hasilnya, saya jadi dapat ide

Itu juga yang menjadi alasan artikel cara menulis novel fantasi saya publikasikan beberapa Minggu lalu. Saking suka membaca novel secara random. Tapi, memang banyak keuntungannya.

4. Mendengarkan kisah orang lain

Kalau dirasa tidak sanggup menulis novel kisah sendiri, nggak ada salahnya ngangkat novel yang diambil dari cerita orang lain.

Nggak sedikit orang yang bersedia kisah hidupnya diangkat menjadi novel meski tentu nama tokohnya disamarkan.

Itu saya rasa unik, dan banyak teman-teman saya dalam menentukan cerita novelnya, referensinya dari orang lain. Silakan, ide ini bisa kalian coba.

5. Nonton film penulisan

Terakhir adalah nonton film tema penulisan. Ini favorit saya.

Entah mengapa tiap nonton film penulisan, motivasi saya untuk menjadi penulis profesional muncul, meski tulisan saya masih gini-gini aja.

Tapi, impact yang didapatkan besar banget saat nonton film penulisan. Kita jadi tahu sengsaranya seorang penulis, hebatnya seorang penulis, konfliknya, dan lain-lain. Ah, keren pokoknya!

Coba baca beberapa review film penulisan yang pernah saya post di blog ini: film kepenulisan.

-

Barangkali itu saja cara menentukan tema novel berdasar pada pengalaman pribadi. Mudah-mudahan setelah membaca postingan ini, kalian jadi lebih semangat lagi dalam berkarya.

Selamat mencoba!

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.