Artikel Terbaru

4 Cara Mendapatkan Ide Tulisan Lewat Twitter

4 Cara Mendapatkan Ide Tulisan Lewat Twitter

Belakangan Twitter menjadi platform yang sedang naik daun lagi. Bahkan, orang-orang yang meninggalkannya, kini balik lagi. Anak-anak Instagram pun, mereka sering beralih ke Twitter ketika platform media sosial kesayangannya sedang down.

Saya sendiri sudah menjadi anak Twitter pada 2012 lalu. Saya hafal banget perkembangan aplikasi ciptaan Bang Jack ini. Mulai dari penambahan karakter dari 140 sampai 180, adanya twit kutipan, hingga sekarang sudah ada Twitter stori. Yang belum ada sih fitur edit tweet. Padahal, anak Twitter mengharapkan fitur tersebut.

Nah, Twitter selain buat tempat curhat, ia juga bisa buat mendapatkan ide tulisan, lho. Sebagai penulis, saya sering mendapatkan ide tulisan lewat Twitter. Kalau ide sedang mentok, saya pasti mencarinya di Twitter. Kalian tahu cara mendapatkan ide tulisan lewat Twitter? Berikut 4 cara mendapatkan ide tulisan lewat Twitter.

#1 Cara mendapatkan ide tulisan lewat Twitter: dari thread

Pernah di lain waktu, saya kesulitan mendapatkan bahan tulisan. Saat itu saya stress banget, sudah satu minggu lebih tulisan saya nggak dimuat di media online. Schroll Facebook nggak dapat ide. Schroll Instagram apalagi. Saya kemudian membuka Twitter, lalu mengetik thread+kota kelahiran saya.

Hasilnya? Ada thread seputar hal-hal mistis di kota saya. Judul thread-nya, kalau saya tidak keliru, adalah soal tanjakan pengantin di Garut. Saya minta izin kepada pembuat thread. Setelah diizinkan, saya ubah kalimat-kalimatnya. Dan saya kirim thread itu ke media online. Tiga hari kemudian tulisan saya dimuat. Coba teman-teman penulis, kalau idenya lagi mentok, lakukan cara pertama ini.

#2 Cara mendapatkan ide tulisan lewat Twitter: dari tweet yang viral

Saat kalian sedang main Twitter, pasti kalian punya tipe mutualan yang kerjaannya ngelike dan meritwit. Ngetwit mah jarang diaa. Nah, twit yang dia like/love maupun ritwit biasanya adalah twit yang viral. Yang banyak likenya atau ritwitnya. Entah bahas soal galau-galauan atau politik, macam-macam.

Tema twit yang lagi viral tersebut, bisa kita jadikan bahan tulisan. Kita balas twit yang viral itu melalui tulisan, alih-alih di reply. Hal ini banyak banget dilakuin sama penulis lain. Saya juga sering melakukannya. Kayak misalnya banya pengguna Twitter yang bilang kalau cowok pakai kaos polos hitam kelihatan ganteng, yaaa bikin sudut pandang lain bahwa selain pakai kaos hitam, cowok juga bisa ganteng. Entah kaos polos merah maroon, abu-abu dan lain-lain.


#3 Cara mendapatkan ide tulisan lewat Twitter: dari fitur trending topic

Kalian bisa memaksimalkan fitur trending topic untuk mencari ide tulisan. Namun, tiap hari yang trending itu macam-macam. Tantangan ngambil tulisan dari hal-hal yang sedang trending yaitu harus gerak cepat. Jangan sampai tema tulisan kita pas dikirim sudah basi. Apakah saya pernah nyobain ngambil ide tulisan dari fitur trending topic? O, tentu. Tapi, gagal. Yaaa karena harus gercep tadi.

#4 Cara mendapatkan ide tulisan lewat Twitter: dari hal-hal yang relate sama mereka

Ada banyak hal di Twitter yang relate sama penggunanya. Misalnya, ngomongin soal kemiskinan. Nyinyirin selebtwit. Kata-kata galau dan lain sebagainya.

Salah satu kelebihan menulis tema yang relate sama pembaca Twitter biasanya akan banyak twit kutipan dan ritwit dari pembaca. Saya dulu pernah sampai 300 ritwit. Agar bisa sampai ke tahap relate kepada pembaca, kalian harus melakukan observasi dan riset kecil-kecilan. Kayak tiba-tiba ngetik keywoard begini di kolom pencairan Twitter, "Orang miskin" saya yakin banyak pandangan orang miskin menurut netizen Twitter.

4 cara mendapatkan ide tulisan lewat Twitter ini tentu saya hanya ingin berbagi saja kepada kalian bahwa, solusi ketika ide sedang mentok, larinya ke Twitter saja. Sebab, di Twitter, banyak hal menarik yang mungin kalau digali terus, bahan tulisan kita banyaak.

Barangkali itulah beberpa cara agar mendapatkan ide tulisan lewat Twitter. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Tolong berkomentar dengan baik dan logis. Jangan melakukan spam. Kalau bisa, berkomentar lah pakai nama, jangan anonim. Komentar kalian saya filter dulu. Jika komentar kalian sesuai selera saya, akan saya setujui. Terima kasih.