Pengalaman Mencari Ide Menulis, Ternyata Mudah Banget!


Terus terang saja ternyata mudah banget mencari ide menulis. Dulu mah saya sering kesulitan banget. Saking sulitnya, saya sampe stress. Bahkan sampe mau berhenti nggak mau nulis-nulis lagi.

Tapi, pikiran nggak mau nulis-nulis lagi itu hilang setelah saya menggeluti dunia ini. Keseriusan saya di dunia tulis menulis saya buktikan dengan cara, mulai rajin baca artikel di berbagai media online, buku, latihan menulis dan lain-lain. Bahkan, sudah jarang main media sosial, apalagi Instagram.

Nah, saya percaya betul kalau salah dua cara untuk meningkatkan tulisan saya yaitu dengan banyak membaca dan latihan. Dan itu benar saja, beberapa tulisan saya berhasil dimuat oleh beberapa media online berbayar. Jadi kalo dulu mah fokus nulis naskah buku, sekarang pengin nulis artikel aja gitu.

Baca juga: Apakah Menulis Memerlukan Jeda?

Saya mau ngingetin juga bahwa alasan Instagram penulis Garut dan situsnya udah lama nggak aktif karena saya sebagai salah satu pengelola penulis Garut lagi aktif-aktifnya nulis di luar situs penulis Garut. Sehingga, sementara saya meninggalkan dulu segala hal yang berkaitan dengan akun penulis Garut.

Lagipula, kondisi saat ini lagi masa pandemi dan kota kita ini menjadi salah satu kota yang cukup mengkhawatirkan. Jadi kegiatan seperti launching buku, temu penulis dan lain-lain, diberhentikan dulu. Mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir. Aamiin.

Lanjut. Keberhasilan tulisan saya dimuat oleh beberapa media online salah satunya karena ide. Ide lah yang bikin menjadi kunci kesuksesan pertama saya. Ide yang nggak umum, beda dari yang lain. Lantas, bagaimana mencari ide menulis?

Adalah untuk mendapatkan ide ternyata mudah banget. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya sering mendapatkan ide dari hal-hal yang dekat dengan saya. Hal-hal yang berada di sekitar kehidupan saya.

Misalnya, saya sedang berada di kamar. Saya sering nengok kanan-kiri, lalu memandang sesuatu. Saya mandang gantungan baju. Nah,  di situ lah saya dapet ide. Judulnya misal, "Gantungan baju berbahan plastik lebih baik daripada berbahan almunium." Setelah dapet judulnya, saya kemas tulisannya dengan baik sambil riset-riset dikit.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Skill Menulis.

Jadi, poin pertama nyari ide adalah cari ide yang dekat-dekat saja dengan kita. Kalau ada yang dekat, kenapa mesti yang jauh? Mikirnya gitu.

Sehabis dapet ide, terus udah ditulis sampe tuntas dan runut, baru lah dikirim ke media onilne berbayar. Buat saya, ada semacam kebahagiaan tersendiri kalau dimuat di media online berbayar. Ini bukan soal uangnya, tapi seneng aja ada media online yang melirik ide saya dan memuatnya. Apalagi dibaca banyak orang.

Lanjut lagi. Kedua, untuk dapetin ide lagi? Cari lah ide dalam bentuk hobi kalian. Bagaimana? Saya hobi nonton bola. Saya hobi nonton film. Saya hobi ngobrol. Maka, saya menulis tema-tema seputaran itu aja. Dan ternyata, karena saya menguasainya, tulisan saya dimuat juga. Coba deh kalian lakuin juga.

Hobi muncak, tulis mengenai pengalaman naik gunung. Tulis kalo ke gunung itu harus bawa apa saja. Tulis film seputar gunung. Tulis tips naik gunung dan lain sebagainya. Apa, ya. Barangkali karena hobi, jadi segalanya mudah. Barangkali karena kita memang menguasainya, jadi mudah saja.

Ketiga? Oke, ketiga dan terakhir adalah keluhan. Coba deh punya keluhan apa dalam hidup kalian. Pasti ada, kan? Saya tidak akan melakukan permisalan karena saya nggak tahu keluhan kalian sekarang kenapa. 

Barangkali itu saja tips dari saya mengenai cara mencari ide menulis, ternyata mudah banget, kan?

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url