Finding Forrester: Berlatih Menulis dan Rajin Membaca Adalah Kunci Sukses Seorang Penulis


Finding Forrester: Berlatih Menulis dan Rajin Membaca Adalah Kunci Sukses Seorang Penulis

Lima puluh dua menit menyaksikan film Finding Forrester plotnya bikin saya kaget. Sebab, film ini mengajak penontonnya untuk berkelana dulu kesana-kemari. Hanya menampilkan anak-anak berkulit hitam sedang bermain basket, lalu mereka sesekali memandang sebuah apartemen yang dihuni oleh seorang kakek tua.

Scene film Finding Forrester dibuka dengan tidak begitu menarik, bahkan terkesan tidak berguna. Ada penampilan seorang rapper di awal film yang menurut saya sebaiknya dihilangkan saja.

Setelah menit ke lima puluh tiga ke sana, baru lah agak seru. Ada dialog yang mengesankan buat saya di film ini yaitu jika kamu sedang menulis, tulis lah apa yang kamu rasakan, bukan apa yang kamu pikirkan. Lalu, menulis itu harus dimulai dengan hati. Ketika tulisan sudah selesai, baru gunakan pikiran sebagai pisau untuk proses editing. Jleb! Dialog yang mengena sebab saya suka menulis dan mengedit di waktu bersamaan.

Baca juga: 3 Tips Menulis Ala Raditya Dika yang Sangat Menarik.

Nah, di antara anak-anak berkulit hitam yang sedang main basket itu, ada seseorang bernama Jamal Wallace. Seorang anak muda yang jago main basket, tapi tidak pandai di bidang akademik. Dengan keahliannya itu, Jamal mendapatkan beasiswa untuk sekolah swasta.

Suatu hari, Jamal ditantang oleh teman-temannya untuk masuk ke apartemen yang dihuni oleh seorang kakek tua itu. Sosok kakek tua itu misterius, jarang keluar apartemen. Masuk lah Jamal ke apartemen itu dan bertemu dengan William Forrester, penulis ternama yang hanya sekali menerbitkan buku dan kerjaannya mengurung di apartemen. Kepada Forrester, Jamal belajar menulis.

Bagi saya, film Finding Forrester menyajikan scene yang cukup menarik. Tentu saja terutama setelah menit lima puluh tiga ke sana hahaha. Scene pembahasan seperti penggunaan konjungsi "Dan" yang dalam konteks penulisan ilmiah tidak boleh diletakkan di awal kalimat dibahas di film ini.

Baca juga: The End Of The Tour: Rumitnya Jadi Penulis Terkenal.

Rasa penasaran saya di film Finding Forrester benar-bener lumayan. Saya awalnya sempat tidak mau melanjutkan nonton film ini, tetapi malah asyik. Apalagi setelah akting Jamal dengan Anna Faquin yang cantik sekali.

Film Finding Forrester mengajarkan tentang kekuatan untuk menemukan fashion dan berjuang lah untuk mendapatkannya. Jika ada kemauan, pasti ada jalannya. Kira-kira begitu. Bagi saya, film ini cocok buat kamu yang pengin belajar menulis dan memahami bahwa berlatih dan membaca adalah kunci sukses bagi seorang penulis.

Judul: Finding Forrester
Sutradara: Gus Vant Sant
Penulis skenario: Mike Rich
Pemain: Sean Connery, Rob Brown, F Murray Abraham, Anna Faquin
Tanggal rilis: 22 Desember 2020
Asal: Amerika Serikat

BACA JUGA: Sukses Jadi Penulis Besar tapi Hasil Menjiplak Karya Penulis Lain

Postingan Selanjutnya Artikel sebelumnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url