Review Ebook 25 Ide Liar karya Ravi M, Catatan Ide yang Menakjubkan!

Review Ebook 25 Ide Liar karya Ravi M

Untuk pertama kalinya saya membaca ebook kumpulan ide. Biasanya ebook yang saya baca berisi panduan, tips, atau seri novel.

Ebook kumpulan ide yang ditulis oleh Ravi M bukan ide biasa, 25 idenya benar-benar liar. Liar sekali.

Jujur, setelah saya membaca ebooknya Ravi, rasanya saya takjub aja. Kok bisa penulis ini menemukan berbagai macam ide yang saya yakini bahwa, pasti tidak akan kepikiran lah oleh banyak orang.

Nah, kumpulan ide yang Ravi tulis terbilang bermanfaat. Idenya kebanyakan berkaitan dengan benda atau alat-alat unik.

Sebagai contoh, Ravi mencatat ide tentang alat penyedot ketombe. Deskripsi alat ini, kata Ravi, dapat menyedot semua ketombe yang ada di rambut kepala dengan kuat. Katakanlah semua ketombe akan tersedot tanpa tersisa sedikitpun. Lanjut Ravi, alat ini cocok untuk orang yang susah menghilangkan ketombe.

Saya langsung melamun setelah membaca deskripsi alat tersebut—barangkali dengan idenya Ravi itu—bisa saja kedepannya ada orang yang membuat alat penyedot ketombe. Ini, kan, ide bagus, bisa dibuat. Tapi si pembuat alat, nantinya, harus ingat sama orang yang pertama kali menemukan ide alat penyedot ketombe; yaitu Ravi.

Oke, enam paragraf di atas hanya pembuka artikel saja, selanjutnya berikut hasil review saya untuk ebook 25 ide liar karya Ravi M.

Review Ebook 25 Ide Liar karya Ravi M

Pertama, dari cover ebooknya tampak sederhana saja. Mungkin jika dikasih icon lampu menyala lebih relevan dengan kata “ide”. Tapi, meskipun covernya sederhana, ebook Ravi M cocoklah dengan ebook-ebook sejenis, ebook yang membahas kreativitas, produktivitas, inspirasi, dan lain-lain.

Catatan Ide yang Menakjubkan!

Kedua, dari ilustrasi gambar di setiap ide barang maupun alat yang Ravi catat seharusnya bisa lebih menonjol lagi.

Misal gambar dilengkapi dengan warna. Dengan dikasih warna, praktis akan terlihat menarik dan pasti bakal betah pembaca. Sehingga pembaca tidak merasa bosan.

Ravi kedepannya mungkin bisa bekerjasama dengan seorang ilustrator guna menyempurnakan ebooknya.

Ketiga, dari deskripsi barang atau alat kurang detail. Seandainya diberi penjelasan lebih rinci bakal lebih menakjubkan lagi.

Sebagai contoh alat penyedot ketombe tadi, alat ini bisa diperjelas dengan latar belakang penulis mengapa menciptakan ide alat tersebut. Atau bisa juga menjelaskan cara pemakaiannya seperti apa. Setidaknya, alat penyedot ketombe atau alat-alat dan barang-barang lainnya bisa dijelaskan dalam satu atau dua halaman.

Lebih dari itu di setiap barang dan alat seharusnya bisa dianalisa menggunakan analisis SWOT. Mulai dari apa kekuatannya, kelemahannya, peluangnya, dan ancaman apa yang bakal didapat apabila alat tersebut real diciptakan.

Terakhir, saya acungi jempol terhadap misi penulis dalam mempromosikan ebooknya.

Saya menduga, mungkin salah satu alasan Ravi meminta tolong saya untuk mereview atau mempromosikan ebooknya karena dia ingin saya dan blog ini menjadi saksi atas ide-idenya itu.

Saya rasa, 25 ide liar yang Ravi catat merupakan karya intelektual yang memang harus dijaga dengan baik. Jangan sampai ide liarnya Ravi diambil orang tanpa sepengetahuannya. Sebab, catatan idenya mahal.

Boleh jadi, kan, seandainya ebook Ravi dibaca oleh banyak orang, mungkin saja nanti ada orang yang menciptakan salah satu ide alat yang Ravi catat. Lantas dengan mempromosikan ebooknya kepada blog ini, jelas blog ini bakal menjadi saksi nyata apabila kedepannya ada sesuatu yang tidak diinginkan menimpa Ravi.

Overall, ebook 25 Ide Liar karya Ravi M mengejutkan saya. Dan saya yakin, apabil ada pembaca yang baru membaca ebook ini, pasti bakal terkejut juga saat mengetahui ide-ide liarnya Ravi.

Ebook penulis kelahiran 1997 ini sebaiknya dikembangkan dan dipasarkan terus agar dunia tahu, betapa menakjubkannya catatan ide yang Ravi tulis.

Saran untuk Penulis Ebook

Sebaiknya kerjasama lah dengan penulis lain untuk pengembangan ebook, terutama dalam penjelasan barang atau alat supaya lebih detail.

Jika terbatas merangkai kata, salah satu solusinya bersinergi dengan penulis lain agar dapat saran dan masukan.

Saran terakhir, adaptasikan lah ebook ini ke dalam buku fisik. Sebab, buku merupakan bukti paling otentik. Menulis buku, impactnya lebih dihargai. Terutama buku yang Ber-ISBN.

Sekian, itulah review singkat saya terhadap ebook 25 ide liar Karya Ravi M.

8,5/10 adalah rating yang layak saya berikan untuk ebook ini. Luar biasa!

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui ebook ini, bisa hubungi Ravi melalui Facebook: Ravi Muhammad.

Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat.
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url