7 Cara Membuat AU di Instagram dengan Mudah

Cara Membuat AU di Instagram

Berdasar pengamatan yang saya lakukan, cerita Alternative Universe biasanya saya dapati di Twitter. Banyak penulis AU yang menulis, dan promosi cerita AU di Twitter.

Pertanyaannya, bisakah menulis AU di Instagram? Baik itu diniatkan untuk benar-benar berkarya maupun untuk promosi saja.

Jawabannya bisa. Sebab lewat artikel ini, saya akan memandu kalian tentang cara membuat AU di Instagram. Dan caranya gampang banget.

Pahami langkah-langkah yang bakal saya bagikan di bawah ini.

Apa itu AU di Instagram?

AU di Instagram merupakan sebuah karya cerita yang ditulis oleh penulis AU sendiri. Dalam hal ini, pengguna Instagram akan menggambarkan versi alternatif karakter nyata ke dalam cerita fiksi.

Membuat AU di Instagram tidak kalah menarik layaknya di Twitter. Platform ini bisa kalian maksimalkan untuk menggaet banyak pembaca. Sebab jika Twitter dan Instagram kita bandingkan, pengguna Instagram lebih banyak. Dan jujur saja, sedikit sekali penulis AU di Instagram.

Untuk itu, apabila kalian kepikiran ingin bikin cerita AU di Instagram, maka ini potensi besar bagi kalian untuk mendulang banyak pembaca.

Lantas, bagaimana langkah-langkahnya?

Simak penjelasan saya dengan baik.

Cara Membuat AU di Instagram dengan Mudah

1. Buatkan dulu konsep cerita AU

Konsep menarik cerita AU seringkali melibatkan kombinasi yang unik antara kreativitas, ketertarikan, dan eksplorasi terhadap ide-ide baru.

Tujuannya adalah untuk menarik perhatian audiens, menghidupkan cerita dengan cara yang tidak biasa, dan memberikan pengalaman yang mengesankan.

Dengan memiliki konsep yang menarik, cerita AU dapat menjadi lebih menonjol dan menciptakan daya tarik yang lebih kuat bagi pembaca.

Contohnya kalian menggunakan konsep idol K-Pop sebagai cerita AU. Gunakan tokoh yang memiliki banyak penggemarnya.

2. Buat akun Instagram khusus cerita AU

Pastikan untuk memilih nama akun yang relevan dengan cerita AU kalian dan buat akun yang menarik perhatian.

Jangan lupa untuk memilih foto profil yang mencerminkan tema atau konsep AU. Kemudian, mulailah mengunggah konten atau konsep AU yang telah kalian buat, termasuk gambar, video, atau ilustrasi yang memvisualisasikan cerita dengan baik.

3. Tulis bio dan deskripsi yang mengundang pembaca AU

Tulis bio dan deskripsi yang mengundang pembaca AU

Tulis bio dan deskripsi pada profil akun Instagram AU kalian dengan informasi yang menarik, yang dapat mengundang pembaca-pembaca baru.

Sertakan juga ringkasan singkat tentang konsep AU yang ingin kalian buat, baik itu karakter-karakter yang terlibat, atau cerita yang sedang berlangsung. Hal inilah yang bakal membantu pengunjung profil kalian memahami dengan cepat tentang AU yang kalian buat.

4. Posting konten AU yang menggugah pembaca

Mulailah mengunggah konten tentang AU kalian. Bisa berupa cerita pendek, cuplikan dialog, ilustrasi, gambar karakter, atau bahkan pertanyaan kepada calon penggemar.

Gunakan juga tagar (hashtag) yang relevan dengan AU yang kalian buat agar orang-orang baru dapat menemukan konten yang sudah kalian posting.

5. Berinteraksi dengan akun AU lainnya untuk menarik pembaca baru

Boleh dibilang, Instagram adalah platform sosial sehingga jangan ragu untuk berinteraksi dengan penggemar, anggota komunitas yang tertarik dengan AU, bahkan dengan sesama akun AU lainnya.

Balaslah komentar mereka, tanggapi DM mereka jika kalian sedang santay, dan follow juga akun-akun yang relevan dengan akun AU kalian.

Jalinlah koneksi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama.

6. Kolaborasi dan berbagi konten dengan akun AU lain

Jika kalian merasa nyaman, pertimbangkan lah untuk berkolaborasi dengan pengguna Instagram lainnya dalam komunitas fandom.

Misalnya, kalian dapat berkolaborasi dalam membuat posting AU bersama di jam yang sama, atau mengadakan acara khusus AU.

7. Selalu hormati kebijakan dan hak cipta AU

Selalu ingat untuk menghormati kebijakan dan hak cipta Instagram. Jangan mengklaim bahwa cerita yang kalian buat merupakan hak cipta milik sendiri.

Jadi, ikuti semua kebijakan yang berlaku dalam membuat AU di Instagram. Ini untuk jaga-jaga kedepannya. Sayang apabila akun AU yang sudah kalian buat sudah gede, lalu tiba-tiba di report banyak orang.

Penutup

Baik, hanya 7 langkah saja untuk memahami postingan cara membuat AU di Instagram.

Dengan mengikuti semua langkah yang saya bagikan, kalian akan berhasil membuat AU di Instagram yang menarik.

Jangan lupa lengkapi cerita AU kalian dengan menulis narasi yang baik dan fake chat yang seolah nyata. Caranya gimana?

Silakan baca artikel berikut ini.

-Aplikasi untuk menulis cerita AU

-Aplikasi fake chat untuk AU

Sekian.
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url