7 Aplikasi untuk Penulis Pemula, Bikin Novel Jadi Gampang!

Aplikasi untuk Penulis Pemula

Beberapa hari yang lalu, saya melakukan riset ke banyak aplikasi menulis. Baik itu aplikasi yang dibuat oleh orang luar negeri maupun orang Indonesia.

Saya sudah membuat akun di semua aplikasi yang saya kunjungi, lalu membaca tulisan-tulisan penulis lain, memperhatikan kategori konten yang disediakan sama aplikasi-aplikasi yang saya riset tersebut, dan lain-lain.

Riset yang saya lakukan tujuannya ingin memberikan informasi tentang berbagai macam aplikasi untuk penulis pemula. Artinya, kan sekarang ini lagi banyak banget platform menulis online, nah kira-kira aplikasi mana yang cocok bagi penulis pemula untuk memulai menulis.

Jadi kalian, sebagai penulis pemula, tidak perlu mengunjungi satu per satu aplikasi. Itu melelahkan, bahkan fitur-fiturnya suka memusingkan.

Saya aja pas ngeriset, suka kesel sendiri. Kesel karena susah daftarnya, kesel karena kategori kontennya acak-acakan, dan masih banyak lagi kekesalan saya terhadap sebagian aplikasi menulis.

Intinya, cukup daftarkan diri kalian sebagai penulis ke aplikasi-aplikasi yang akan saya rekomendasikan berikut ini.

Inilah 7 aplikasi untuk penulis pemula

1. Wattpad

Saya mulai dulu dari Wattpad. Alasan penulis pemula perlu menulis di WP yaitu aplikasi yang satu ini, gaya tulisan sebagian authornya tidak mengenal aturan. Mereka menulis, menulis aja. Tidak peduli dengan KBBI/PUEBI.

Bahkan di Wattpad itu, tulisan disingkat-singkat masih kerap saya temui. Oleh sebab itu, ini merupakan salah satu aplikasi untuk menulis yang recommended bagi penulis pemula. Biar kalian nggak mikirin diksi-diksi dulu, tapi numbuhin semangatnya aja dulu saat nulis di WP.

Lebih dari itu, kategori tulisan di Wattpad beragam. Genre novel yang disediakan, ada banyak. Sehingga penulis pemula bebas mau menentukan nulis cerita bergenre apa saja. Ini cocok lah.

Paling salah satu problem di Wattpad berdasar pengalaman saya, adalah susah membuat akun pas bagian ngisi kata sandi. Butuh 7 menit untuk bisa daftar. Kata sandi di Wattpad usahakan ada angka, huruf besar, simbol unik, dan lain-lain.

2. Penana

Pas saya daftar di Penana.com, saya langsung tertarik. Sebab, aplikasi ini tampilannya bagus. Pas nulis di sana pun mudah ngaturnya. Dan bagusnya lagi, kalian bisa ngeblog di Penana.

Penana juga menyediakan fitur monetisasi untuk authornya, tapi sampai saat ini saya belum nemu tulisan tentang cara memonetisasi cerita atau tulisan di Penana.com.

Penulis di Penana campur-campur. Ada orang Indonesia, dan ada juga orang luar negeri. Bahkan banyakan orang luar deh. Tapi jujur, tulisan orang Indonesia ada banyak banget pembacanya.

Penana ini aplikasi yang pas untuk digunakan oleh para penulis pemula. Meskipun tulisan kalian berantakan, pembaca Penana tidak akan peduli.

Nah kekurangan aplikasi menulis yang satu ini adalah isi konten kebanyakan kayak ngeblog, bukan layaknya menulis novel. Terus banyak cerita dewasanya kayak ngomongin sek*.

Begitulah.

3. Gramedia Writing Project

Untuk mulai berkarya melalui Gramedia Writing Project (GWP) gampang saja. Kalian sebagai penulis hanya perlu menyiapkan judul, sinopsis, cover, pilih genre, dan ngisi tag-tagnya. Udah, gitu doang. Selebihnya tinggal copy saja isi cerita yang kalian tulis ke GWP.

Untuk penulis pemula, Gramedia Writing Project dari segi fitur-fiturnya enak dimengerti banget. Terlebih lagi kan GWP buatan Gramedia, orang Indonesia, jadi mudah aja untuk menjelajahi semua fitur maupun aturan GWP.

Saya sudah pernah membahas tentang aplikasi ciptaan Gramedia ini, silakan baca: menulis di Gramedia Writing Project.

4. Fizzo

Penulis Pemula

Apakah Fizzo dikhususkan untuk penulis pro saja? Saya rasa tidak. Sebab di aplikasi ini, saya sering mendapati tulisan-tulisan yang kurang enak dibaca. Dan itu artinya, kalian sebagai penulis pemula, jangan minder pas berkarir di Fizzo.

Jujur, Fizzo secara tampilan terbaik lah daripada ketiga aplikasi sebelumnya. Terus keaktifan pihak Fizzo di sosial media juga bagus. Dan itu akan memudahkan kita nanya-nanya ke mereka.

Tidak seperti sebagian aplikasi menulis, sosmednya udah nggak aktif. Jadi kita bingung mau nanya-nanyanya.

Buat kalian yang belum tahu tentang aplikasi yang satu ini, ada baiknya kalian membaca tulisan saya tentang: Review Fizzo menurut Para Penulis.

5. Dreame – Stary Writing

Salah satu hal yang bikin saya nyaman di aplikasi Dreame adalah pendaftarannya mudah. Tidak seperti Storial, Jotterpad, Steller, bahkan Kwikku, yang rata-rata susah banget buat sign up lewat komputer. 

Kalau daftar melalui hp mah emang cepet katanya. Tapi kan tidak semua penulis nyaman baca novel online via hp.

Nah, kalau di Dreame, kita bisa dengan mudah mengaksesnya melalui komputer, notebook, atau laptop. Dan saya yakin sih kalian bakal betah di Dreame.

Sebagai catatan, nanti jangan heran kalau kalian pas udah daftar di Dreame, lalu dipindahkan ke website Stary Writing. Karena Stary Writing ini situs untuk memposting isi novel di Dreame.

Overall; Dreame indah. Cocok buat penulis pemula

6. Joylada

Pas kalian akses situs Joylada, kalian pasti akan menemukan cerita novel Korea atau Islami. Terbukti, cover novel di Joylada rata-rata menggunakan gambar cowok/cewek orang Korea dan juga gambar vektor laki-laki berdasi serta perempuan berkerudung.

Dari covernya saja sudah kelihatan genre novel kedua cover itu. Yang satu romance, yang satunya lagi romance Islami.

Nah, itu membuktikan bahwa Joylada ini cocok bagi seorang penulis pemula untuk memulai berkarir di dunia penulisan.

7. NovelToon

Yang terakhir adalah NovelToon. Kebanyakan novel di aplikasi ini khas Indonesia banget. Mirip-mirip permasalahannya kayak FTV Indosiar. Mulai dari judul, sinopsis, cover, dn lain-lain. Tapi tidak apa-apa karena kategori novel kan beragam.

Kalau kalian punya cerita klasik, misal novel kalian isinya kayak percintaan atau masalah rumah tangga khas orang Indonesia, upload saja di NovelToon. Penulis pemula wajib download aplikasi ini biar tahu gaya nulis pemula lainnya.

-

Baik itu saja aplikasi untuk penulis pemula. Salah satu dari ketujuh aplikasi yang saya rekomendasikan, minimal dua lah kalian harus mulai menulis di sana.

Semoga bermanfaat.

BACA JUGA: Cara Menulis Novel bagi Pemula
Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url