Bagaimana Cara Mengirimkan Naskah Novel ke Penerbit?

Bagaimana Cara Mengirimkan Naskah Novel ke Penerbit

Sebagai penulis baru, pertanyaan bagaimana cara mengirimkan naskah novel ke penerbit, pasti ingin kalian tanyakan. Baik itu nantinya menanyakan kepada penulis yang sudah pernah menerbitkan buku sendiri maupun nanya langsung kepada pihak penerbit.

Hal yang ingin kalian tanyakan itu pernah saya alami juga. Saat saya sudah merampungkan sebuah naskah novel, lantas saya pun bertanya begitu.

Mula-mula searching dulu di Google, lalu nanya ke penulis yang sudah berpengalaman, dan kemudian menghubungi penerbit indie lewat WhatsApp.

Langkah-langkah yang saya lakukan sebenarnya sudah jelas. Tapi, kalian tidak perlu meniru cara saya di atas.

Kalian hanya perlu membaca artikel ini sampai selesai, maka, disinilah kalian akan menemukan jawaban yang jelas terkait pertanyaan gimana cara mengirimkan naskah buku atau novel ke penerbit.

Ingin tahu caranya?

Simak penjelasan saya di bawah ini.

Bagaimana Cara Mengirimkan Naskah Novel ke Penerbit

1. Pastikan naskah novel sudah selesai dan lengkap

Sebagai orang yang pernah kerja di penerbitan buku, saya kadang malas ketika ada DM atau pesan yang masuk ke WhatsApp saya, mereka menanyakan harga penerbitan, harga percetakan, proses penerbitannya berapa lama, eh tahunya cuma nanya doang. Sedangkan naskahnya baru separuh.

Utamakan, ketika ingin menanyakan tentang penerbitan buku, naskah novel kalian itu usahakan sudah tamat. Istilahnya, cerita novel sudah tamat sampai ending. Sudah bener-bener 'end'.

Kalau baru separuh, jangan banyak tanya dulu. Sebab, takutnya, penerbit sudah berharap. Eh penulis tahunya cuma buat nanya-nanya doang dan kemudian membandingkan.

Penerbit itu jasa. Tapi, sebagian penerbit, suka ada yang merasa kesal saja. Di sinilah etika penulis mesti bagus bekerja sama dengan penerbit.

Selain naskah novel sudah tamat, usahakan juga lengkap. Mulai dari judul, daftar isi, kata pengantar, hingga biodata penulis.

Kalau daftar isi dan kata pengantar, mungkin nanti bakal diminta sama penerbit. Nah, kalau biodata, usahakan bikin sendiri.

Cara bikinnya?

2. Hubungi penerbit

Langkah kedua, yaitu menghubungi penerbit. Mula-mula, kalian cari dulu penerbit yang sekiranya harga penerbitan dan percetakan, terjangkau. Ini kalau kalian berminat menerbitkan buku melalui penerbit indie.

Sementara itu, kalau kalian ingin menerbitkan buku lewat penerbit mayor, langkah pertama yang kalian lakukan adalah mencari email penerbit.

Dan segala informasi tentang penerbit mayor tersebut. Kalian baca syarat dan ketentuannya seperti apa. Baca juga genre naskah yang mereka terima itu kayak apa. Dan pastikan, kalian sudah riset tentang penerbit tersebut.

Maksud riset itu kayak, novel jenis apa saja yang suka mereka terbitkan. Gaya penulisannya kayak gimana. Cari tahu juga sosial medianya.

Dan, cari tahu pula cara ngirim naskahnya gimana. Biasanya mereka menerima naskah lewat email. Perhatikan tata cara ngirimnya. Mulai dari pemberian judul, subject, dan lain sebagainya,

Paham, kan?

Berbeda dengan penerbit indie, lebih fleksibel. Kalian bisa nanya-nanya dulu via WA. Bahkan, naskah bisa kalian kirimkan lewat WA. Sesederhana itu kalau kalian memilih penerbit indie.

Apakah penerbit indie berkualitas hasil cetakan bukunya?

Ada banyak, jelas, penerbit indie yang berkualitas. Kalian bisa bekerjasama dengan blog ini. Blog ini adalah agensi penerbitan buku nomor 1 di Indonesia, yang sudah dipercaya sama banyak penulis dan penerbit.

Silakan cari kolom kerjasama dengan blog ini. Atau kolom tentang. Biar tahu, betapa bagusnya cara kami melayani penulis baru yang ingin membuat buku novel.

3. Siapkan biaya penerbitan dan percetakan

Saat kalian sudah menentukan penerbit, maka langkah berikutnya adalah menyiapkan biaya penerbitan dan percetakan.

Kebetulan, lewat penerbit penulis Garut, harga penerbitan dan percetakan itu terbilang murah. Dengan menyiapkan dana sekitar 1 juta rupiah, kalian sudah bisa menerbitkan buku. Dengan mendapatkan setidaknya 23 eksemplar buku.

Lagi-lagi, ini kalau bicara penerbit indie, kalian mesti nyiapin modal sendiri untuk menerbitkan naskah novel ke penerbit.

-

Hanya lewat tiga cara saja sebenarnya kalian sudah bisa menerbitkan buku.

Lantas, cara ngirim naskah novelnya gimana?

Ada dua cara.

Kalau lewat penerbit mayor, kalian harus ngirim naskah lewat email. Kalau lewat penerbit indie, kalian bisa save dulu nomor CS-nya, lalu tanya-tanya, dan kemudian kirimkan.

Melalui penerbit indie, kalian bisa request cover buku. Ada pembatasnya juga. Dan bisa dibantu dari segi promosi. Bahkan, uang yang kalian dapatkan dari menulis kalau naskah diterbitkan lewat penerbit indie, bakal terhitung banyak penghasilannya/

Begitulah penjelasan saya tentang bagaimana cara mengirimkan naskah novel ke penerbit.

Semoga artikel ini ada manfaatnya, ya!

Sekian.

Artikel Selanjutnya Postingan Selanjutnya
Tidak Ada Komentar
Tambahkan Komentar
comment url